Logo BeritaSatu

Sambut Piala Dunia, KNVB Gelar Festival Oranje di Indonesia

Jumat, 2 September 2022 | 10:06 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Menyambut Piala Dunia, Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) akan menggelar Festival Oranje alias festival untuk para penggemar Timnas Belanda di Indonesia pada 25 November 2022 mendatang.

Ini bertepatan dengan laga Belanda melawan Ekuador di pertandingan kedua Grup A Piala Dunia 2022. KNVB ingin merangkul penggemar Oranje, julukan timnas Belanda, di Indonesia.

Tahun ini Timnas Belanda akan bermain pada ajang Piala Dunia di Qatar. Pelatih Kepala Louis van Gaal memimpin Oranje kembali ke pentas sepak bola internasional terbesar setelah sempat absen pada 2018. Festival ini merupakan yang pertama dalam sejarah sekaligus untuk merayakan kembalinya Belanda ke kejuaraan Piala Dunia 2022 setelah sempat absen pada edisi 2018.

Sekjen KNVB, Gijs de Jong mengaku kagum dengan antusiasme suporter Oranje di Indonesia. Pihaknya ingin menyelenggarakan banyak kegiatan untuk menciptakan pengalaman yang unik bagi mereka.

"Kami pernah melihat video penggemar di Indonesia konvoi di jalan mengendarai sepeda motor sambil mengenakan atribut oranye setelah Belanda memenangkan pertandingan. Selain itu, data juga menunjukkan ada lebih dari 12 juta Oranje fans di Indonesia. Ini benar-benar luar biasa dan sesuatu yang ingin kami rangkul," kata Gijs de Jong di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Dalam keterangannya, Jumat (2/9/2022), dikatakan tahun ini KNVB akan membawa pengalaman Oranje ke Indonesia dengan menyelenggarakan Festival Oranje Indonesia di Jakarta. Gijs menyebutkan festival ini merupakan hadiah sekaligus bukti keseriusan KNVB dalam menjaga hubungan baik dengan fan Indonesia.

"Kami sangat ingin menunjukkan apresiasi kami atas dukungan mereka selama ini dan berharap dukungan mereka sekali lagi pada Piala Dunia mendatang," katanya.

Festival akan berlangsung pada 25 November di area Stadion Gelora Bung Karno (GBK) saat Belanda berhadapan dengan Ekuador. Para penggemar nantinya akan menyaksikan pertandingan bersama-sama alias nobar, yang akan dimeriahkan dengan penampilan live music oleh musisi lokal, tarian tradisional, festival kuliner, dan bincang-bincang dengan legenda timnas Belanda.

KNVB memahami Indonesia sebagai negara yang memiliki basis penggemar yang besar, sebab itu Gijs mengatakan pihaknya ingin memberikan sesuatu yang spesial dengan meluncurkan koleksi merchandise eksklusif Oranje Indonesia. Dalam koleksi itu, lambang Singa (Belanda) dan Garuda (Indonesia) ditampilkan dengan setara.

"Dengan desain ini KNVB ingin merangkul semua penggemar sepak bola Indonesia sebagai teman dan keluarga dalam mendukung timnas Belanda sebagai tim favorit kedua setelah timnas Indonesia," ujarnya.

Dalam strategi ini, KNVB ingin memperkuat hubungan positif antara Belanda dan Indonesia. Oleh karena itu, KNVB sudah menjalin hubungan jangka panjang dengan PSSI, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan KBRI di Belanda.

Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita mengungkapkan hubungan yang baik dengan KNVB menjadi semangat tersendiri mengejar target agar timnas Indonesia tampil di Piala Dunia.

"Kedatangan mereka ke sini sekaligus membuka jalan buat kami. Seperti yang dibilang oleh Pak Gijs de Jong, mau melihat timnas Indonesia bermain di Piala Dunia," ujar Maaike.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ronaldo Ditawar Klub Arab Saudi Al Nassr Kontrak Rp 1,1 Trilun per Tahun

Cristiano Ronaldo telah mendapat penawaran menarik dari klub elite Arab Saudi Al Nassr kontrak senilai 62 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,1 triliun per tahun.

BOLA | 28 November 2022

Januari 2023, Timnas U-20 Jalani Pemusatan Latihan Piala Asia-Piala Dunia

Ketua PSSI Mochamad Iriawan meyakini pemnusatan latihan pada awal tahun itu akan membuat kemampuan Timnas U-20 tersebut semakin meningkat.

BOLA | 27 November 2022

Sabtu, Persis Jadwalkan Uji Coba Lawan Persebaya

Persis Solo mengagendakan laga uji coba dengan menjamu Persebaya Surabaya yang dijadwalkan pada Sabtu (26/11/2022).

BOLA | 25 November 2022

Survei Indikator: Erick Thohir Dinilai Sosok Tepat Pimpin PSSI

Dalam survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia itu sebanyak 24,1% responden memilih Erick Thohir untuk memimpin PSSI.

BOLA | 25 November 2022

Pemain Liga Luar Negeri Belum Pasti Tampil di Semua Laga Piala AFF

Pemain Timnas Indonesia yang berkarier di liga luar negeri belum pasti dapat bertanding di semua laga Piala AFF 2022.

BOLA | 25 November 2022

PSSI: Rafael dan Zico Belum Pasti Dinaturalisasi dan Perkuat Timnas U-20

Rafael Struick dan Zico Soree belum pasti dinaturalisasi menjadi WNI dan dapat memperkuat Timnas U-20 Indonesia.

BOLA | 25 November 2022

PSSI dan KNVB Jajaki Kerja Sama Program ala Garuda Select

PSSI menjajaki kerja sama KNVB termasuk soal pembinaan pemain muda seperti Garuda Select dalam bentuk lebih baru.

BOLA | 25 November 2022

Iran Bekuk Wales, Queiroz: Kami Menang demi Harga Diri

Gol kemenangan Iran atas Wales dicetak Chesmi di menit 98 dan Ramin Rezaeian di menit 101.

BOLA | 25 November 2022

Piala Dunia 2022, Ekuador Berpotensi Sulitkan Belanda

Belanda akan berupaya meraih dua kemenangan dari dua pertandingan pembukaan mereka di Piala Dunia 2022 ketika mereka menghadapi Ekuador

BOLA | 25 November 2022

Piala Dunia 2022: Qatar vs Senegal, Partai Hidup Mati

Qatar dan Senegal akan menjalani partai hidup dan mati saat berhadapan dalam penyisihan Grup A Piala Dunia 2022, di Stadion Al Thumama, Jumat (25/11/2022).

BOLA | 25 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
<em>Update</em>: Pengungsi Korban Gempa Cianjur Capai 100.300 Orang

Update: Pengungsi Korban Gempa Cianjur Capai 100.300 Orang

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE