Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Graham Potter Resmi Tangani Chelsea Gantikan Thomas Tuchel

Kamis, 8 September 2022 | 21:59 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS
Graham Potter.

London, Beritasatu.com - Chelsea resmi mengumumkan Graham Potter sebagai pelatih, Kamis (8/9/2022), menggantikan Thomas Tuchel yang didepak.

Penunjukan Graham Potter diungkapkan Chelsea dalam pernyataan mereka di akun Twitternya. "Chelsea Football Club dengan senang hati menyambut Graham Potter sebagai Pelatih Kepala baru kami"

Chelsea memecat Tuchel setelah serangkaian hasil buruk yang diraih klub London itu. Chelsea menyerah 0-1 di kandang Dinamo Zagreb dalam pertandingan terakhir di bawah arahan Tuchel. Mereka berada di posisi keenam klasemen Premier League setelah hanya memetik 10 poin dalam enam pertandingan. Dalam enam kali pertandingan, Chelsea menang tiga kali, sekali seri, dan dua kali kalah.

Graham Potter berstatus sebagai pelatih Brighton and Hove Albion saat diminta menangani Chelsea. Sejak menangani klub yang bermarkas di Falmer Stadium itu sejak 2019.

Sebelumnya, pelatih yang kini berusia 47 tahun tersebut menangani Swansea. Dia memulai kariernya sebagai pelatih dengan menangani klub Swedia Ostersund.

Potter pernah berkarier sebagai pemain sepak bola meski tak pernah membela klub besar. Beberapa klub yang pernah dibelanya antara lain Birmingham City, Wycombe Wanderers, Stoke City, Southampton, West Bromwich Albion, Northampton Town, Reading, York City, Boston United, Shrewsbury Town, dan Macclesfield Town.

Dia juga belum pernah membela tim nasional senior Inggris. Dia hanya pernah membela Inggris di kelompok umur yakni Inggris U-21, itu pun hanya sekali.

Potter diangkat menjadi pelatih Brighton and Hove Albion pada Mei 2019 menggantikan Chris Houghton. Dalam musim pertamanya, Potter membawa Brighton bertengger di posisi ke-15 klasemen Premier League. Musim berikutnya, 2020/21, Brighton menempati posisi ke-16. Sementara musim lalu, dia membawa Brighton memperbaiki posisi hingga bertengger di urutan kesembilan.

Musim ini, Potter membuat kejutan dengan mengantar Brighton di posisi empat besar klasemen sementara Premier League. Mereka menempati posisi yang lebih baik dibanding klub-klub top seperti Manchester United, Chelsea, dan Liverpool.

Potter juga tercatat sebagai manajer Brighton pertama yang menang di Old Trafford, setelah The Seagulls mengalahkan Manchester United 2-1 pada pertandingan pembukaan musim 2022–23. Pada 4 September 2022, Seagulls mengalahkan Leicester City 5-2 di Stadion Falmer, pertama kalinya Brighton mencetak lima gol dalam pertandingan Premier League.

Kini dia ditantang untuk membawa Chelsea tampil lebih baik di beberapa kejuaraan yang diikuti. Musim ini Chelsea mengikuti empat kejuaraan yakni Premier League, Piala FA, Piala Liga, serta Liga Champions.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Chelsea


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI