Logo BeritaSatu

Ini Profil Timnas Curacao, Calon Lawan Indonesia dalam Uji Coba

Selasa, 13 September 2022 | 22:25 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia dijadwalkan akan menjalani partai persahabatan atau uji coba melawan Timnas Curacao pada 24 dan 27 September 2022 mendatang. Laga uji coba melawan Timnas Curacao ini rencananya digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung dan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Lantas seperti apa sebenarnya profil Timnas Curacao? Curacao sendiri merupakan negara di Amerika Utara yang sebelumnya bernama Antilla Belanda. Sampai kini wilayah tersebut masih masuk dalam Kerajaan Belanda.

Curacao termasuk ke dalam zona Confederation of North, Central America and Caribbean Association Football alias Concacaf. Timnas Curacao saat ini ditangani pelatih asal Belanda, Remko Bicentini. Ini merupakan periode kedua Remko Bicentini menangani pelatih Timnas Curacao.

Sebelumnya dia pernah menangani tim yang sama antara 2016-2020. Setelah menjadi asisten pelatih John Herdman di Timnas Kanada pada 2021-2022, Remko Bicentini, kembali ditunjuk menangani Timnas Curacao, sejak Agustus 2022.

Timnas Curacao saat ini menempati urutan ke-84 peringkat FIFA, sementara Indonesia menempati posisi ke-155. Posisi terbaik Timnas Curacao di peringkat FIFA adalah urutan ke-68 yang ditempati pada 2017.

Kemenangan terbesar tim ini adalah menundukkan Puerto Rico 15-0 saat masih bernama Antilla Belanda pada 15 Januari 1959 di Indonesia. Namun pada era nama Timnas Curacao mereka juga menang dengan skor yang sama atas Grenada pada 10 September 2018.

Dalam lima pertandingan terakhirnya, Timnas Curacao, menelan empat kekalahan dan sekali menang. Timnas Curacao menyerah 1-2 dalam uji coba melawan Selandia Baru, 9 Oktober 2021. Mereka juga menyerah 1-5 melawan Ajax Amsterdam pada 20 Mei 2022. Lalu tumbang 0-1 oleh tamunya Honduras dalam laga di ajang Liga Negara Concacaf pada 3 Juni.

Berikutnya, Timnas Curacao justru memetik kemenangan 2-1 saat tandang ke markas Honduras pada 6 Juni 2022. Masih di ajang Liga Negara Concacaf, Timnas Curacao menyerah 0-4 di kandang Kanada pada 9 Juni.

Bek yang juga kapten tim, Cuco Martina, menjadi pemain yang paling sering membela Timnas Curacao yakni 57 kali. Pemain berusia 32 tahun tersebut kini membela Go Ehead Eagles, klub anggota divisi elite Belanda, Eredivisie.

Pemain lain yang bermain di Belanda adalah bek Michael Maria yang membela NAC Breda, klub anggota divisi kedua. Ada juga Juriën Gaari yang kini tampil untuk RKC Waalwijk, anggota divisi elite Belanda.

Ada dua pemain lain yang membela RKC Waalwijk yakni dua gelandang Vurnon Anita dan Kevin Felida. Di barisan gelandang ada pula Juninho Bacuna yang bermain untuk klub Inggris, Birmingham City. Sedangkan gelandang lainnya, Brandley Kuwas, saat ini membela klub Israel yang tampil di Liga Champions Eropa, Maccabi Haifa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: FIFA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Nations League: Deschamps Sebut Schmeichel Penyebab Prancis Tak Bisa Cetak Gol

Didier Deshamps menyebut performa gemilang kiper Denmark Kasper Schmeichel membuat pasukannya gagal mencetak gol di laga Nations League.

BOLA | 26 September 2022

Polandia Paksa Wales Terdegradasi di Nations League

Wales terdegradasi dari tingkat teratas Nations League setelah Karol Swiderski mencetak satu-satunya gol yang membawa Polandia menang 1-0.

BOLA | 26 September 2022

Nations League: Belanda ke Semifinal, Prancis Selamat dari Degradasi

Kroasia dan Belanda lolos ke empat besar Nations League sementara Prancis terhindar dari degradasi meski kalah.

BOLA | 26 September 2022

Nations League: Denmark Tekuk Prancis, Turkiye Ditumbangkan Kepulauan Faroe

Prancis tumbang di tangan tuan rumah Denmark, sedangkan Turkiye takluk kepada tim lemah Kepulauan Faroe dalam partai Nations League.

BOLA | 26 September 2022

Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong Juga Berkat Suara Netizen

Desakan yang disuarakan netizen juga menjadi pertimbangan PSSI yang memutuskan untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong.

BOLA | 25 September 2022

Kabar Baik, PSSI Akan Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Kontrak pelatih Shin Tae-yong sejatinya baru akan habis setelah berakhirnya Piala Dunia U-2O pada 2023.

BOLA | 25 September 2022

Borneo FC Pecat Pelatih Milomir Seslija

Laga uji coba melawan Serpong City FC pada Jumat petang menjadi pertandingan terakhir Borneo FC yang dipimpin oleh Milomir Seslija.

BOLA | 25 September 2022

Persis Berambisi Lanjutkan Label Pembunuh Tim Raksasa

Persis dijadwalkan akan menjamu penghuni posisi runner up di klasemen sementara, PSM Makassar di Stadion Manahan Solo pada Kamis (29/9/2022) mendatang.

BOLA | 25 September 2022

Timnas Indonesia Kalahkan Curacao, Luis Milla Turut Senang

Luis Milla yang pernah menukangi Timnas Indonesia itu turut menyaksikan perjuangan Marc Klok dan kawan-kawan sepanjang 90 menit.

BOLA | 25 September 2022

Romelu Lukaku Tak Berpikir untuk Kembali ke Chelsea

Penyerang klub Liga Italia Inter Milan Romelu Lukaku dikabarkan tidak mempunyai pikiran untuk kembali merumput bersama Chelsea.

BOLA | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenkeu Buka Pemesanan ORI022, Kupon 5,95%

Kemenkeu Buka Pemesanan ORI022, Kupon 5,95%

EKONOMI | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings