Logo BeritaSatu

Ini Profil Timnas Curacao, Calon Lawan Indonesia dalam Uji Coba

Selasa, 13 September 2022 | 22:25 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia dijadwalkan akan menjalani partai persahabatan atau uji coba melawan Timnas Curacao pada 24 dan 27 September 2022 mendatang. Laga uji coba melawan Timnas Curacao ini rencananya digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung dan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Lantas seperti apa sebenarnya profil Timnas Curacao? Curacao sendiri merupakan negara di Amerika Utara yang sebelumnya bernama Antilla Belanda. Sampai kini wilayah tersebut masih masuk dalam Kerajaan Belanda.

Curacao termasuk ke dalam zona Confederation of North, Central America and Caribbean Association Football alias Concacaf. Timnas Curacao saat ini ditangani pelatih asal Belanda, Remko Bicentini. Ini merupakan periode kedua Remko Bicentini menangani pelatih Timnas Curacao.

Sebelumnya dia pernah menangani tim yang sama antara 2016-2020. Setelah menjadi asisten pelatih John Herdman di Timnas Kanada pada 2021-2022, Remko Bicentini, kembali ditunjuk menangani Timnas Curacao, sejak Agustus 2022.

Timnas Curacao saat ini menempati urutan ke-84 peringkat FIFA, sementara Indonesia menempati posisi ke-155. Posisi terbaik Timnas Curacao di peringkat FIFA adalah urutan ke-68 yang ditempati pada 2017.

Kemenangan terbesar tim ini adalah menundukkan Puerto Rico 15-0 saat masih bernama Antilla Belanda pada 15 Januari 1959 di Indonesia. Namun pada era nama Timnas Curacao mereka juga menang dengan skor yang sama atas Grenada pada 10 September 2018.

Dalam lima pertandingan terakhirnya, Timnas Curacao, menelan empat kekalahan dan sekali menang. Timnas Curacao menyerah 1-2 dalam uji coba melawan Selandia Baru, 9 Oktober 2021. Mereka juga menyerah 1-5 melawan Ajax Amsterdam pada 20 Mei 2022. Lalu tumbang 0-1 oleh tamunya Honduras dalam laga di ajang Liga Negara Concacaf pada 3 Juni.

Berikutnya, Timnas Curacao justru memetik kemenangan 2-1 saat tandang ke markas Honduras pada 6 Juni 2022. Masih di ajang Liga Negara Concacaf, Timnas Curacao menyerah 0-4 di kandang Kanada pada 9 Juni.

Bek yang juga kapten tim, Cuco Martina, menjadi pemain yang paling sering membela Timnas Curacao yakni 57 kali. Pemain berusia 32 tahun tersebut kini membela Go Ehead Eagles, klub anggota divisi elite Belanda, Eredivisie.

Pemain lain yang bermain di Belanda adalah bek Michael Maria yang membela NAC Breda, klub anggota divisi kedua. Ada juga Juriën Gaari yang kini tampil untuk RKC Waalwijk, anggota divisi elite Belanda.

Ada dua pemain lain yang membela RKC Waalwijk yakni dua gelandang Vurnon Anita dan Kevin Felida. Di barisan gelandang ada pula Juninho Bacuna yang bermain untuk klub Inggris, Birmingham City. Sedangkan gelandang lainnya, Brandley Kuwas, saat ini membela klub Israel yang tampil di Liga Champions Eropa, Maccabi Haifa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: FIFA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Timnas Indonesia Kalahkan Curacao, Shin Tae-yong Apresiasi Kerja Keras Pemain

Diakui Shin Tae-yong, Timnas Indonesia tidak mudah meraih kemenangan mengingat lawannya memiliki peringkat FIFA lebih baik.

BOLA | 24 September 2022

Ada Luis Milla Turut Saksikan Aksi Timnas Indonesia vs Curacao di GBLA

Luis Milla yang pernah menangani Timnas Indonesia serius menyaksikan jalannya pertandingan Timnas Garuda melawan Curacao di GBLA.

BOLA | 24 September 2022

Lewati Laga Sengit, Timnas Indonesia Taklukkan Curacao 3-2

Tiga gol Timnas Indonesia  ke gawang Curacao dicetak Marc Klok, Fachrudin dan Dimas Drajad.

BOLA | 24 September 2022

Babak Pertama, Timnas Indonesia vs Curacao 2-2

Pertandingan di 45 menit pertama antara Timnas Indonesia melawan Curacao berjalan dalam tempo tinggi dan sengit.

BOLA | 24 September 2022

Ini Susunan Pemain Timnas Indonesia Lawan Curacao

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menurukan tim terbaiknya melawan Curacao pada laga pertama di GBLA malam ini.

BOLA | 24 September 2022

10 Pesepak Bola Paling Berpengaruh di Instagram, Ronaldo Teratas

Dari pengukuran influencer Nielsen, InfluencceScope, Cristiano Ronaldo berhasil mengungguli Lionel Messi, Neymar, dan juga Kylian Mbappe.

BOLA | 24 September 2022

Tanpa Kuota, Bonek Tak Bisa Saksikan Arema Vs Persebaya

Pendukung fanatik Persebaya Surabaya, Bonek tak dapat mendukung tim kesayangannya saat berlaga di markas Arema FC, Sabtu (1/10/2022).

BOLA | 24 September 2022

Tampil Beda, Ini Jersey Timnas Indonesia Lawan Curacao

Jersey Timnas Indonesia berwarna hitam keluaran Mills tersebut dilengkapi dengan kerah berwarna Merah Putih, warna kebesaran Bendera Merah Putih.

BOLA | 24 September 2022

Mantan Pemain Chelsea, Ramires Resmi Gantung Sepatu

Ramires akan menandai pensiunnya dengan tampil terakhir kalinya di lapangan dalam sebuah laga persahabatan All Star bersama sejumlah legenda Brasil.

BOLA | 24 September 2022

UEFA Nations League: Kemenangan Hongaria atas Jerman Bukan Sebuah Kebetulan

UEFA Nations League, khususnya Grup 3 Liga A, terjadi kejutan ketika Hongaria menumbangkan Jerman. Kemenangan Hongaria itu disebut bukan sebuah kebetulan.

BOLA | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR: <em>Shadow Team</em> Nadiem Rendahkan SDM Kemendikbudristek

DPR: Shadow Team Nadiem Rendahkan SDM Kemendikbudristek

NEWS | 3 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings