Logo BeritaSatu

Presiden Jokowi Penuhi Permintaan Shin Tae-yong

Jumat, 23 September 2022 | 00:51 WIB
Oleh : Dwi Argo Santosa / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan pembicaraan antara Presiden Jokowi dengan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong di Korea Selatan, Juli lalu.

Kepada awak media di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (21/9/2022), Zainudin Amali menuturkan Presiden Jokowi menanyakan kepada pelatih berinisial STY ini, kebutuhan mendasar apa guna memajukan persepakbolaan Indonesia.

Setelah dijawab oleh STY terkait kebutuhan mendasar yang dibutuhkan, Presiden mengabulkkannya.

Jokowi kemudian memanggil Ketua PSSI Mochamad Iriawan atau biasa dipanggil Iwan Bule pada 3 Agustus 2022. Zainudin Amali sebagai Menpora ikut mendampingi Iwan Bule menghadap Presiden Jokowi di Istana Negara.

Di situlah Menpora baru tahu bahwa percakapan antara Jokowi dan STY di Korsel membahas mengenai kemajuan persepakbolaan Indonesia di masa mendatang.

Presiden Jokowi Penuhi Permintaan Shin Tae-yong
Shin Tae-yong.

"Pada saat Bapak Presiden Jokowi di Korea, coach Shin Tae-yong sedang berada di sana juga diundang makan malam. Kemudian ada obrolan. Kemudian ditanya oleh Bapak Presiden apa yang kamu (STY) butuhkan yang paling mendasar," kata Amali.

STY yang baru saja membawa Timnas Indonesia senior dan U-20 tampil di ajang Piala Asia 2023 ini, ketika itu menyatakan Indonesia butuh training camp.

"Beliau (STY) sampaikan Indonesia tidak punya training camp, jadi kalau main masih menumpang di stadion-stadion dan menunggu jadwal, itu tidak baik untuk pembinaan. Maka Pak Presiden (bilang) oke, saya siapkan," ujar Amali.

Menurut Menpora, Presiden Jokowi kemudian menindaklanjuti pernyataannya kepada Shin tersebut dengan memanggil dirinya dan Ketum PSSI untuk menyampaikan rencana lebih lanjut.

"Beliau (Presiden Jokowi) sampaikan kalau ada calon atau tempat lain silakan siapkan, tapi kalau tidak ada, ada lahan di IKN," kata Amali.

Jadi rencana pembangunan pusat pelatihan sepak bola di ibu kota negara yang baru atau Ibu Kota Nusantara (IKN) bermula dari usulan STY.

Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Shin Tae-yong yang dimaksud Menpora merujuk pada saat Kepala Negara melakukan kunjungan kerja ke Asia Timur, termasuk Korea Selatan medio akhir Juli.

Amali menegaskan, dirinya dan Ketum PSSI menyambut positif rencana pembangunan pusat pelatihan sepak bola di IKN sebab ketiadaan training camp adalah salah satu kelemahan pembinaan sepakbola Tanah Air.

Dengan keberadaan pusat pelatihan para atlet tim nasional bukan saja bisa menggelar latihan terjadwal secara reguler, tetapi setiap pemain juga bisa menambah porsi latihan masing-masing.

Presiden Jokowi Penuhi Permintaan Shin Tae-yong
Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan di Istana Merdeka, Rabu, 3 Agustus 2022.

Sebagai tindak lanjut arahan Presiden tersebut, Menpora mengaku telah menyampaikan surat terkait rancangan dan rincian rencana pembangunan pusat pelatihan sepak bola melalui Sekretariat Presiden.

"Itu sedang dipertimbangkan. Tentu ya, tetapi kita menunggu saja, sebab nanti kalau itu oke yang mengerjakan bukan kita, bukan PSSI, tetapi Kementerian PUPR," kata Amali.

Menurut Menpora, dalam surat tersebut tercantum desain lapangan-lapangan yang akan dibangun serta arena utama yang mungkin bisa dipakai sebagai lokasi pertandingan tim nasional.

"Dan kemungkinan kantor federasi (PSSI) juga akan di sana. Karena kalau kita pindah ke IKN maka ketentuan federasi internasional itu bahwa federasi nasional itu harus ada di ibu kota negara," katanya.

Sebelumnya, pada 3 Agustus, Menpora juga menyatakan bahwa pusat pelatihan sepak bola bukan satu-satunya fasilitas olahraga yang direncanakan dibangun pemerintah di IKN nanti.

Menurut Menpora, pemerintah akan membangun berbagai fasilitas olahraga di IKN, baik itu fasilitas utama maupun fasilitas pendukung secara lengkap. Langkah itu ditempuh berkenaan dengan rencana Indonesia maju dalam pencalonan tuan rumah Olimpiade 2036.

"Beliau (Presiden Jokowi) beberapa waktu yang lalu sudah memberikan arahan kepada saya untuk kita bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, tetapi (nanti) proposal itu sudah mencantumkan pelaksanaannya ada di IKN," ujar Menpora.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Update Covid-19: Kasus Baru Kembali Tembus 2.000

Dengan penambahan kasus positif pada hari ini, maka total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai jumlah 6.429.767.

BOLA | 29 September 2022

Catat, Kick Off Persib vs Persija Maju Jadi Pukul 16.00 WIB

Perubahan jadwal Kick off Persib melawan Persija dikabarkan berdasarkan rekomendasi dari Polda Jabar.

BOLA | 29 September 2022

Ini Jadwal Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Indonesia akan menjalani Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang digelar 1-9 Oktober di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

BOLA | 29 September 2022

Erling Haaland Ajak Jude Bellingham Gabung Manchester City

Striker Manchester City Erling Haaland dilaporkan telah mengajak mantan rekan setimnya di Borussia Dortmund Jude Bellingham untuk bergabung.

BOLA | 29 September 2022

Fan Dijatuhkan Penjaga Saat Ingin Selfie dengan Lionel Messi

Seorang fan dijatuhkan oleh penjaga sesaat setelah menerobos masuk ke lapangan dan berusaha berfoto bersama (selfie) dengan Lionel Messi.

BOLA | 29 September 2022

Denmark Kenakan Kostum untuk Protes Qatar di Piala Dunia

Timnas Denmark akan mengenakan kostum yang mengandung pesan protes terhadap penyelenggaraan Piala Dunia 2022 oleh Qatar.

BOLA | 29 September 2022

Obati Depresi, Cristiano Ronaldo Bertemu Psikolog Klinis

Cristiano Ronaldo bertemu terapis Jordan Peterson untuk menyembuhkan depresi yang dialami setelah harus melewati momen tersulit dalam kariernya.

BOLA | 29 September 2022

AFF Beach Soccer Championship: Indonesia Takluk oleh Thailand

Indonesia harus mengakui keunggulan tim tuan rumah Thailand dengan skor akhir 3-5 pada AFF Beach Soccer Championship 2022.

BOLA | 29 September 2022

Final ETMC di Lembata, Penikmat Bola dari Arab Saudi Sumbang 100 Dus Air Mineral

Final El Tari Memorial Cup yang digelar di GOR 99 Lewoleba, Kabupaten Lembata, Kamis (29/9/2022), mempertemukan Persebata Lembata versus Perse Ende.

BOLA | 28 September 2022

Tite Sebut Pemain Tunisia Berupaya Gagalkan Neymar Main di Piala Dunia Qatar

Dalam laga yang berakhir untuk kemenangan Timnas Brasil 5-1 itu, Neymar sempat mendapat tekel keras dari Dylan Bronn pada menit 42.

BOLA | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Indonesia International Challenge: Sengit, Tasya Farahnailah Lolos Perempatfinal

Indonesia International Challenge: Sengit, Tasya Farahnailah Lolos Perempatfinal

SPORT | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings