Logo BeritaSatu

Presiden Jokowi Penuhi Permintaan Shin Tae-yong

Jumat, 23 September 2022 | 00:51 WIB
Oleh : Dwi Argo Santosa / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan pembicaraan antara Presiden Jokowi dengan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong di Korea Selatan, Juli lalu.

Kepada awak media di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (21/9/2022), Zainudin Amali menuturkan Presiden Jokowi menanyakan kepada pelatih berinisial STY ini, kebutuhan mendasar apa guna memajukan persepakbolaan Indonesia.

Setelah dijawab oleh STY terkait kebutuhan mendasar yang dibutuhkan, Presiden mengabulkkannya.

Jokowi kemudian memanggil Ketua PSSI Mochamad Iriawan atau biasa dipanggil Iwan Bule pada 3 Agustus 2022. Zainudin Amali sebagai Menpora ikut mendampingi Iwan Bule menghadap Presiden Jokowi di Istana Negara.

Di situlah Menpora baru tahu bahwa percakapan antara Jokowi dan STY di Korsel membahas mengenai kemajuan persepakbolaan Indonesia di masa mendatang.

Presiden Jokowi Penuhi Permintaan Shin Tae-yong
Shin Tae-yong.

"Pada saat Bapak Presiden Jokowi di Korea, coach Shin Tae-yong sedang berada di sana juga diundang makan malam. Kemudian ada obrolan. Kemudian ditanya oleh Bapak Presiden apa yang kamu (STY) butuhkan yang paling mendasar," kata Amali.

STY yang baru saja membawa Timnas Indonesia senior dan U-20 tampil di ajang Piala Asia 2023 ini, ketika itu menyatakan Indonesia butuh training camp.

"Beliau (STY) sampaikan Indonesia tidak punya training camp, jadi kalau main masih menumpang di stadion-stadion dan menunggu jadwal, itu tidak baik untuk pembinaan. Maka Pak Presiden (bilang) oke, saya siapkan," ujar Amali.

Menurut Menpora, Presiden Jokowi kemudian menindaklanjuti pernyataannya kepada Shin tersebut dengan memanggil dirinya dan Ketum PSSI untuk menyampaikan rencana lebih lanjut.

"Beliau (Presiden Jokowi) sampaikan kalau ada calon atau tempat lain silakan siapkan, tapi kalau tidak ada, ada lahan di IKN," kata Amali.

Jadi rencana pembangunan pusat pelatihan sepak bola di ibu kota negara yang baru atau Ibu Kota Nusantara (IKN) bermula dari usulan STY.

Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Shin Tae-yong yang dimaksud Menpora merujuk pada saat Kepala Negara melakukan kunjungan kerja ke Asia Timur, termasuk Korea Selatan medio akhir Juli.

Amali menegaskan, dirinya dan Ketum PSSI menyambut positif rencana pembangunan pusat pelatihan sepak bola di IKN sebab ketiadaan training camp adalah salah satu kelemahan pembinaan sepakbola Tanah Air.

Dengan keberadaan pusat pelatihan para atlet tim nasional bukan saja bisa menggelar latihan terjadwal secara reguler, tetapi setiap pemain juga bisa menambah porsi latihan masing-masing.

Presiden Jokowi Penuhi Permintaan Shin Tae-yong
Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan di Istana Merdeka, Rabu, 3 Agustus 2022.

Sebagai tindak lanjut arahan Presiden tersebut, Menpora mengaku telah menyampaikan surat terkait rancangan dan rincian rencana pembangunan pusat pelatihan sepak bola melalui Sekretariat Presiden.

"Itu sedang dipertimbangkan. Tentu ya, tetapi kita menunggu saja, sebab nanti kalau itu oke yang mengerjakan bukan kita, bukan PSSI, tetapi Kementerian PUPR," kata Amali.

Menurut Menpora, dalam surat tersebut tercantum desain lapangan-lapangan yang akan dibangun serta arena utama yang mungkin bisa dipakai sebagai lokasi pertandingan tim nasional.

"Dan kemungkinan kantor federasi (PSSI) juga akan di sana. Karena kalau kita pindah ke IKN maka ketentuan federasi internasional itu bahwa federasi nasional itu harus ada di ibu kota negara," katanya.

Sebelumnya, pada 3 Agustus, Menpora juga menyatakan bahwa pusat pelatihan sepak bola bukan satu-satunya fasilitas olahraga yang direncanakan dibangun pemerintah di IKN nanti.

Menurut Menpora, pemerintah akan membangun berbagai fasilitas olahraga di IKN, baik itu fasilitas utama maupun fasilitas pendukung secara lengkap. Langkah itu ditempuh berkenaan dengan rencana Indonesia maju dalam pencalonan tuan rumah Olimpiade 2036.

"Beliau (Presiden Jokowi) beberapa waktu yang lalu sudah memberikan arahan kepada saya untuk kita bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, tetapi (nanti) proposal itu sudah mencantumkan pelaksanaannya ada di IKN," ujar Menpora.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cristiano Ronaldo Gabung Klub Saudi dengan Kontrak Fantastis

Cristiano Ronaldo dikabarkan sepakat bergabung dengan klub Arab Saudi Al Nassr setelah menyetujui kontrak fantastis Rp 3,2 triliun per tahun.

BOLA | 1 Desember 2022

Menpora Tunggu Rekomendasi FIFA soal Kelanjutan Liga 1 Indonesia

Menpora Zainudin Amali mengaku masih menunggu rekomendasi FIFA untuk kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 Indonesia 2022-2023 yang terhenti karena tragedi Kanjuruhan.

BOLA | 30 November 2022

Rumor Boyong Ronaldo, Ini Penegasan CEO Bayern Muenchen

Bayern Muenchen menjadi salah satu di antara beberapa klub yang dikaitkan dengan tanda tangan Cristiano Ronaldo pada bursa transfer Januari.

BOLA | 30 November 2022

Diusir Pemkot Paris, PSG Akan Pindah Markas

Menurut Nasser Al-Khelaifi, PSG akan pindah markas dari Stadion Parc des Princes karena diusir Pemkot Prancis.

BOLA | 30 November 2022

Eks Bek Man City dan Arsenal Kolo Toure Resmi Tangani Wigan Athletic

Kolo Toure mengambil peran manajerial tim senior pertamanya saat ditunjuk sebagai pelatih klub divisi Championship Inggris Wigan Athletic.

BOLA | 30 November 2022

PSSI Optimistis Proses Pindah Federasi Sandy Walsh-Jordi Amat Tuntas Pekan Depan

PSSI memberangkatkan staf ke Qatar untuk merampungkan proses pindah federasi Sandy Walsh dan Jordi Amat.

BOLA | 29 November 2022

Polri Kaji Perizinan Liga 1 dengan Sistem Bubble

Polri terus mengkaji perizinan Liga 1 Indonesia musim 2022-2023 dengan sistem bubble.

BOLA | 29 November 2022

PT LIB: Lanjutan Liga 1 Akan Digelar Desember

PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum menjelaskan detail soal kepastian tanggal bergulirnya kembali Liga 1 musim 2022/2023.

BOLA | 29 November 2022

Dewan Direksi Juventus Mundur Massal Termasuk Presiden Klub

Pengunduran diri massal dewan direksi tersebut setelah mempertimbangkan sentralitas dan relevansi masalah hukum dan akuntansi yang sedang terjadi di Juventus.

BOLA | 29 November 2022

Persija Ingin Bermarkas di Stadion GBK pada Putaran Kedua Liga 1

Catatan sejarah Persija di stadion legendaris yang berdiri sejak tahun 1962 itu menjadi alasannya.

BOLA | 29 November 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tambang Ilegal, Keluarga Ismail Bolong Penuhi Panggilan Polisi

Tambang Ilegal, Keluarga Ismail Bolong Penuhi Panggilan Polisi

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE