Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Gol Dendy Bawa Timnas Indonesia Kembali Kalahkan Curacao

Selasa, 27 September 2022 | 21:55 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS
Pemain Indonesia Rizky Ridho (kedua kanan) menyundul bola ke gawang Curacao dalam pertandingan "FIFA Match Day" di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, 27 September 2022.

Bogor, Beritasatu.com - Timnas Indonesia sukses memetik kemenangan, 2-1, atas Curacao dalam laga persahabatan resmi FIFA, Selasa (27/9/2022), di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Ini adalah kemenangan kedua dalam dua laga uji coba melawan Curacao.

Timnas Indonesia unggul berkat gol cepat Dimas Drajad saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Namun di awal babak kedua, Curacao berhasil menyamakan kedudukan melalui pemain pengganti Jeremy Antonisse. Gol penentu kemenangan Indonesia dilesakkan Dendy Sulistyawan, empat menit sebelum waktu normal usai.

Selebrasi para pemain Timnas Indonesia.

Dalam laga uji coba pertama, Sabtu (24/9/2022), Timnas Indonesia juga berhasil mengemas kemenangan 3-2 atas Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Kedua tim berbalas serangan dan gol sepanjang pertandingan. Tiga gol Timnas Indonesia dicetak Marc Klok, Fachrudin dan Dimas Drajad. Sedangkan dua gol Curacao dicetak Rangelo Jangan dan Juninho Bacuna.

Jika dalam pertandingan pertama uji coba Indonesia berseragam hitam-hitam maka kali ini Rachmat Irianto dan kawan-kawan mengenakan seragam kebesaran kaos merah dan celana putih. Sementara Curacao memakai jersey biru-biru.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kembali mengusung formasi 3-4-3. Namun dalam pertandingan kali ini dia melakukan beberapa perubahan dibanding starter dalam uji coba pertama di Bandung.

Untuk penjaga gawang, Shin tidak menurunkan Nadeo Arga Winata tetapi memilih Syahrul Fadil. di lini belakang dia tetap menurunkan Elkan Baggott, Rizky Ridho, Pratama Arhan.

Sementara di lini depan, Shin mempercayakan kepada trio Egy Maulana Vikri, Dimas Drajad, dan Witan Sulaeman

Timnas Indonesia memimpin berkat gol awal saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Gol berawal dari tendangan keras Witan Sulaeman dari luar kotak penalti. Kiper Curacao mampu menahan tendangan itu. Namun bola muntah langsung disambar Dimas Drajad dan menaklukkan kiper Tyrick Bodak.

Menit kesembilan, Indonesia kembali memiliki peluang. Sebuah umpan dari Yakob Sayuri dimanfaatkan dengan tendangan tumit oleh Dimas Drajad. Namun sontekannya terlalu lemah.

Timnas Indonesia mampu menghambat serangan dan pergerakan Curacao dengan terus mengganggu pemain lawan setiap kali kehilangan bola.

Gerakan pemain Indonesia yang seringkali menyulitkan membuat pemain Curacao beberapa melakukan pelanggaran. Menit ke-27, Indonesia mendapat peluang dari sepak pojok. Namun sundulan Rizky Ridho melenceng dari gawang.

Menit ke-30, Curacao memiliki peluang lewat tendangan dari luar kotak penalti yang dilakukan Gevaro Nepomuceno. Namun tendangannya sedikit melebar dari gawang Syahrul Fadil.

Tiga menit kemudian, Curacao juga mendapat peluang ketika salah satu pemainnya berada di kotak penalti. Beruntung, kiper Syahrul bergerak cepat dan mengamankan gawangnya. Kedudukan 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga babak pertama usai.

Saat babak kedua baru berjalan, Timnas Indonesia justru kebobolan. Berawal dari kesalahan Irianto membersihkan daerahnya, bola kemudian dikuasai lawan. Dia kemudian memberikan bola untuk pemain pengganti Jeremy Antonisse. Tanpa kesulitan pemain bernomor punggung 13 itu menaklukkan kiper Syahrul.

Timnas Indonesia nyaris kembali unggul pada menit ke-53. Menyusul tendangan bebas yang dibuang pemain Curacao, bola kemudian dimanfaatkan Rachmat Irianto untuk melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun bola hasil eksekusi pemain Persib ini melambung dari sasaran.

Dimas Drajad (kanan) melewati adangan pemain Curacao, Shermaine Martina.

Saddil Ramdani mendapat peluang pada menit ke-58. Setelah menggocek bola, dia melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti tepat ke arah gawang. Namun peluang ini gagal membuahkan gol karena ditepis Bodak.

Penyerang Timnas Indonesia, Egy Maulana harus ditarik keluar lapangan pada menit ke-66 akibat cedera. Shin Tae-yong memasukkan Dendy Sulistyawan sebagai pengganti. Pada saat yang sama Dimas Drajad juga diganti oleh Muhammad Rafli.

Shin juga kemudian memasukkan Ramadan Sananta menggantikan Pratama Arhan dan Saddil Ramdani keluar digantikan Muhammad Ferarri. Indonesia akhirnya melesakkan gol yang membawa keunggulan pada menit ke-86.

Wasit mengusir gelandang Curacao Juninho Bacuna keluar dari lapangan setelah mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-80. Pelanggaran yang dilakukan pemain nomor punggung 7 ini sempat memicu kericuhan pemain kedua tim. Penonton juga melempar beberapa benda ke lapangan.

Beberapa kali pemain Curacao harus melakukan pelanggaran untuk meredam laju pemain Indonesia. Perjuangan tak kenal menyerah timnas Indonesia akhirnya membuahkan hasil.

Indonesia melesakkan gol penentu kemenangan pada menit ke-86. Berawal dari aksi Witan Sulaeman membawa bola di kotak penalti lawan. Dia menggocek bola kemudian mengirimkan umpan ke sisi kanan dan langsung disambut Dendy Sulistyawan. Indonesia pun meraih kemenangan 2-1 atas Curacao.

Susunan pemain:

Timnas Indonesia (3-4-3): Syahrul Fadil; Elkan Baggott, Pratama Arhan (Ramadhan Sananta 73), Rizky Ridho; Rachmat Irianto, Saddil Ramdani (Muhammad Ferarri 73), Ricky Kambuaya (Marselino Ferdinan 54), dan Yakob Sayuri; Egy Maulana Vikri (Dendy Sulistyawan 66), Dimas Drajad (Muhammad Rafli 66), Witan Sulaeman.

Timnas Curacao (4-2-3-1): Tyrick Bodak; Justin Ogenia, Shermaine Martina (Bradley Martis 61), Cuco Martina, Nathangelo Markelo; Juninho Bacuna, Leandro Bacuna; Kenji Gorré, Roly Bonevacia (Kevin Felida 46), Gevaro Nepomuceno (Jeremy Antonisse 46); Rangelo Janga (Gimo van Kessel) 77.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI