Logo BeritaSatu

PSSI Bermohon FIFA Tak Berikan Sanksi dan Batalkan Piala Dunia U-20

Minggu, 2 Oktober 2022 | 15:30 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) bermohon dan berharap tragedi Kanjuruhan tidak membuat Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) memberikan sanksi berat dan membatalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia pada 2023 mendatang.

Tragedi yang menewaskan sebanyak 153 orang terjadi pada pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

Tentunya tragedi ini menimbulkan kekhawatiran dibatalkannya penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Pasalnya, FIFA sebagai otoritas tertinggi sepak bola dunia sangat menjunjung tinggi keselamatan para pelaku dan penonton olahraga ini.

Maka dari itu pihak PSSI bakal bergerak cepat agar Indonesia tetap bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

“Kita selalu membangun komunikasi dengan FIFA. Tentu kita berharap ini tidak menjadi rujukan dan landasan bagi FIFA dalam mengambil keputusan-keputusan yang tidak baik dan tidak menguntungkan bagi Indonesia,” tutur Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, dalam jumpa pers di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Minggu (2/10/2022).

Ia menyatakan PSSI tetap bakal terus berkomunikasi dan menyampaikan laporan kepada FIFA. Tragedi ini bukan kasus perkelahian antarsuporter atau kerusuhan yang saling bertikai.

"Jadi pada kasus ini korban lebih kepada tertumpuknya penonton dalam sebuah pintu. Terjadi kerumunan yang bahkan sampai desak-desakan, sampai ada yang terinjak dan jatuh hingga akhirnya meninggal dunia,” ungkap Yunus.

Ia menjelaskan, FIFA bisa saja langsung datang ke Indonesia untuk melihat langsung perkembangan investigasi tragedi Kanjuruhan.

“Tapi kita tahu, FIFA dan AFC tidak ambil keputusan terburu-buru, bisa saja mereka kalau ini dipandang perlu untuk kepentingan sepak bola dunia. Kami akan membangun komunikasi dengan FIFA terus menerus agar Indonesia tidak terkena sanksi," ucap Yunus.

"FIFA bisa saja akan berkunjung ke Indonesia secara jelas dan nyata mendengar kejadian tragedi Kanjuruhan," pungkas Yunus.

Kekalahan 2-3 tuan rumah membuat Aremania, suporter Arema, mengamuk dan masuk ke lapangan. Kondisi ini direspons berlebihan aparat kepolisian yang menembakkan gas air mata ke arah tribune penonton.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jordi Amat Yakin Timnas Indonesia Bakal Juara Piala AFF 2022

Jordi Amat menilai Timnas Indonesia hasrat besar dan kekompakan untuk meraup prestasi tertinggi termasuk di Piala AFF 2022.

BOLA | 3 Desember 2022

Resmi, Liga 1 2022/2023 Kembali Bergulir pada 5 Desember

Putaran pertama Liga 1 Indonesia 2022-2023 akan dituntaskan dengan sistem terpusat atau gelembung (FIFA) di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

BOLA | 3 Desember 2022

Soal Risiko Stadion Bubble Liga 1, Ini Penjelasan Polri

Penilaian risiko stadion-stadion yang digunakan dalam sistem terpusat atau gelembung yang akan digunakan pada kompetisi Liga 1 Indonesia masih dalam proses.

BOLA | 2 Desember 2022

Stadion Manahan Jadi Salah Satu Venue Lanjutan Liga 1

Stadion Manahan Solo terpilih jadi salah satu arena yang akan digunakan untuk pertandingan lanjutan kompetisi Liga 1.

BOLA | 2 Desember 2022

Demi Trofi Juara, Declan Rice Beri Sinyal Tinggalkan West Ham

Declan Rice memberi syarat akan meninggalkan West Ham United pada 2023 demi ambisinya meraih "trofi besar" dan bermain di Liga Champions.

BOLA | 2 Desember 2022

Usain Bolt Kecewa Cristiano Ronaldo Tinggalkan MU

Usain Bolt mengaku kecewa atas keputusan Cristiano Ronaldo meninggalkan Manchester United (MU).

BOLA | 2 Desember 2022

Pesepak Bola Kolombia Tewas Saat Berlatih, Aguero Kaget

Pesepak bola asal Kolombia, Andres Balanta meninggal dunia secara tragis saat berlatih bersama tim Divisi Primera Argentina Atletico Tucuman pada Selasa, (29/11/2022) lalu.

BOLA | 1 Desember 2022

Pelatih Bali United Harap Spaso Tampil "Menggigit" Bersama Timnas Indonesia

Pelatih Bali United Stefano Cugurra berharap Spaso bisa tampil impresif di setiap laga yang diikuti dan terhindar dari cedera.

BOLA | 2 Desember 2022

Barcelona, Real Madrid, dan Liverpool Berebut Mohammed Kudus

Real Madrid dan Barcelona bersaing dengan klub Liga Inggris Liverpool untuk mendaratkan pemain timnas Ghana Mohammed Kudus.

BOLA | 1 Desember 2022

Timnas Indonesia Panggil Spaso Gantikan Dimas Drajad

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Young, memanggil striker Bali United Ilija Spasojevic menggantikan Dimas Drajad yang cedera.

BOLA | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE