Logo BeritaSatu

Liverpool Kirim Pesan Simpati atas Tragedi Kanjuruhan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 16:33 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Liverpool, Beritasatu.com - Klub raksasa Inggris, Liverpool, turut menyampaikan pesan simpati atas peristiwa tragedi Kanjuruhan usai pertandingan Arema FC menjamu Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022).

Pesan simpati tersebut disampaikan Liverpool melalui akun Twitter mereka, Minggu (2/10/2022). "Kami sangat sedih mendengar kejadian di Stadion Kanjuruhan, Malang, Indonesia. Pikiran semua orang di Liverpool Football Club bersama semua yang terkena dampak saat ini," begitu tertulis dalam akun resmi Liverpool yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Sebagaimana diketahui sedikitnya 174 orang tewas terinjak-injak pada pertandingan sepak bola Indonesia yang dikenal dengan tragedi Kanjuruhan dan menjadi salah satu bencana stadion terburuk di dunia.

Peristiwa ini terjadi usai tuan rumah Arema FC menyerah 2-3 kepada rival bebuyutan mereka Persebaya Surabaya dalam pertandingan Liga 1, Sabtu (1/10) malam. Ini adalah kekalahan kandang perdana yang dialami Arema dari Persebaya dalam 23 tahun.

Polisi menembakkan gas air mata setelah pendukung tuan rumah yang kecewa menyerbu lapangan. Saat kepanikan menyebar, ribuan orang melonjak menuju pintu keluar stadion Kanjuruhan, di mana banyak yang mati lemas.

Federasi sepak bola dunia (FIFA) sudah menagih laporan khusus kepada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 153 orang pada laga Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Sekjen PSSI Yunus Nusi menyebut pihaknya sudah memberikan laporan kepada FIFA terkait tragedi Stadion Kanjuruhan usai pertandingan kedua tim tersebut. PSSI kini masih melakukan investigasi untuk mengusut insiden itu.

"Sudah ada komunikasi dengan FIFA dan FIFA sudah minta laporannya," kata Yunus saat jumpa pers di Stadion Madya Senayan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (2/10/2022).

PSSI juga bermohon dan berharap tragedi Kanjuruhan tidak membuat FIFA memberikan sanksi berat dan membatalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia pada 2023 mendatang.

Tentunya tragedi ini menimbulkan kekhawatiran dibatalkannya penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Pasalnya, FIFA sebagai otoritas tertinggi sepak bola dunia sangat menjunjung tinggi keselamatan para pelaku dan penonton olahraga ini.

Maka dari itu pihak PSSI bakal bergerak cepat agar Indonesia tetap bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

“Kita selalu membangun komunikasi dengan FIFA. Tentu kita berharap ini tidak menjadi rujukan dan landasan bagi FIFA dalam mengambil keputusan-keputusan yang tidak baik dan tidak menguntungkan bagi Indonesia,” tutur Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, dalam jumpa pers di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Minggu (2/10/2022).

Ia menyatakan PSSI tetap bakal terus berkomunikasi dan menyampaikan laporan kepada FIFA. Tragedi ini bukan kasus perkelahian antarsuporter atau kerusuhan yang saling bertikai.

"Jadi pada kasus ini korban lebih kepada tertumpuknya penonton dalam sebuah pintu. Terjadi kerumunan yang bahkan sampai desak-desakan, sampai ada yang terinjak dan jatuh hingga akhirnya meninggal dunia,” ungkap Yunus.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cristiano Ronaldo Gabung Klub Saudi dengan Kontrak Fantastis

Cristiano Ronaldo dikabarkan sepakat bergabung dengan klub Arab Saudi Al Nassr setelah menyetujui kontrak fantastis Rp 3,2 triliun per tahun.

BOLA | 1 Desember 2022

Menpora Tunggu Rekomendasi FIFA soal Kelanjutan Liga 1 Indonesia

Menpora Zainudin Amali mengaku masih menunggu rekomendasi FIFA untuk kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 Indonesia 2022-2023 yang terhenti karena tragedi Kanjuruhan.

BOLA | 30 November 2022

Rumor Boyong Ronaldo, Ini Penegasan CEO Bayern Muenchen

Bayern Muenchen menjadi salah satu di antara beberapa klub yang dikaitkan dengan tanda tangan Cristiano Ronaldo pada bursa transfer Januari.

BOLA | 30 November 2022

Diusir Pemkot Paris, PSG Akan Pindah Markas

Menurut Nasser Al-Khelaifi, PSG akan pindah markas dari Stadion Parc des Princes karena diusir Pemkot Prancis.

BOLA | 30 November 2022

Eks Bek Man City dan Arsenal Kolo Toure Resmi Tangani Wigan Athletic

Kolo Toure mengambil peran manajerial tim senior pertamanya saat ditunjuk sebagai pelatih klub divisi Championship Inggris Wigan Athletic.

BOLA | 30 November 2022

PSSI Optimistis Proses Pindah Federasi Sandy Walsh-Jordi Amat Tuntas Pekan Depan

PSSI memberangkatkan staf ke Qatar untuk merampungkan proses pindah federasi Sandy Walsh dan Jordi Amat.

BOLA | 29 November 2022

Polri Kaji Perizinan Liga 1 dengan Sistem Bubble

Polri terus mengkaji perizinan Liga 1 Indonesia musim 2022-2023 dengan sistem bubble.

BOLA | 29 November 2022

PT LIB: Lanjutan Liga 1 Akan Digelar Desember

PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum menjelaskan detail soal kepastian tanggal bergulirnya kembali Liga 1 musim 2022/2023.

BOLA | 29 November 2022

Dewan Direksi Juventus Mundur Massal Termasuk Presiden Klub

Pengunduran diri massal dewan direksi tersebut setelah mempertimbangkan sentralitas dan relevansi masalah hukum dan akuntansi yang sedang terjadi di Juventus.

BOLA | 29 November 2022

Persija Ingin Bermarkas di Stadion GBK pada Putaran Kedua Liga 1

Catatan sejarah Persija di stadion legendaris yang berdiri sejak tahun 1962 itu menjadi alasannya.

BOLA | 29 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Meski Kalah, Polandia Dampingi Argentina ke 16 Besar

Meski Kalah, Polandia Dampingi Argentina ke 16 Besar

SEMESTA BOLA 2022 | 25 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE