Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Imbas Tragedi Kanjuruhan, PSSI Sanksi Denda Arema FC Rp 250 Juta

Selasa, 4 Oktober 2022 | 15:50 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAH
PSSI menggelar jumpa pers terkait Tragedi Kanjuruhan.

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Disiplin Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (Komdis PSSI) menjatuhkan sanksi denda kepada klub Arema FC sebesar Rp 250 juta imbas tragedi Kanjuruhan. Selain itu Arema FC juga dilarang menyelenggarakan laga dengan penonton dan harus dilaksanakan di tempat yang jauh dari homebase malang.

Hukuman sanksi denda ini diumumkan Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing dalam konferensi pers PSSI terkait Perkembangan Inside Tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang pada Selasa (4/10/2022).

Seperti diketahui tragedi Kanjuruhan yang terjadi setelah tuan rumah Arema FC dikalahkan Persebaya Surabaya 2-3 menyebabkan 125 orang meninggal dunia.

"Ada dua investigasi yang kami lakukan yakni terhadap penyelengggaran dan tentang pelaksanaan pertandingan. Kami fokus mengenai pelaksanaan pertandingan. Kami menilai ada beberapa kesalahan dan kekurangan yang dilakukan Arema FC selaku badan pelaksana pertandingan," ujar Erwin.

"Untuk itu keputusannya ada tiga yakni memberikan sanksi denda sebesar Rp 250 juta kepada Arema FC, larangan menyelenggarakan laga dengan penonton dan harus dilaksanakan di tempat yang jauh dari homebase malang. Jika kesalahan ini terulang maka akan dijatuhkan hukuman yang lebih berat lagi," tambah Erwin.

Erwin mengatakan keputusan sanksi denda tersebut diambil setelah melakukan investigasi pasca-tragedi tersebut. Dikatakan Erwin, saat pertandingan dari menit pertama hingga menit ke-90 pertandingan berjalan lancar dan aman sesuai aturan. Namun setelah peluit pertandingan selesai, penonton yang juga suporter Arema FC langsung turun dan masuk ke dalam lapangan. Tim keamanan sudah berusaha menghalau suporter yang turun dan masuk ke dalam lapangan.

Sebelumnya Kementerian Koordinator Politik Hukum dan HAM (Kemenko Polhukam) telah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur untuk mengusut tuntas kasus ini.

TGIPF ini diharapkan dapat mengungkap tuntas peristiwa yang terjadi usai pertandingan Liga 1 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya yang menewaskan 125 orang tersebut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI