Logo BeritaSatu

Tragedi Kanjuruhan, Petrokimia Gresik dan PGFC 2022 Hentikan Pertandingan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 19:12 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Gresik, Beritasatu.com- Sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Petrokimia Gresik bersama empat besar peserta Petrokimia Gresik Futsal Championship (PGFC) 2022 sepakat untuk tidak melanjutkan pertandingan.

Seluruh pemain maupun para pendukung yang telah hadir di SOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur mengheningkan cipta dan mengenakan pita hitam di lengan kiri sebagai bentuk duka cita.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo memberikan apresiasi kepada seluruh tim yang sepakat tidak melanjutkan pertandingan. Apresiasi itu merupakan implementasi dari semangat olimpisme yang berhasil ditanam pada setiap pemain dan supporter.

“Keberhasilan PGFC tidak sebatas mencetak atlet-atlet berprestasi. Tapi juga membangun semangat olimpisme, yaitu bersikap sportif, saling menghargai, saling menghormati, menciptakan kegiatan-kegiatan yang dapat membangun perdamaian dunia. Sepak bola dan futsal harus menjadi pemersatu,” ujarnya seperti dalam rilis yang diterima Selasa (4/10/2022).

Dwi menambahkan jika Petrokimia Gresik, bersama dengan seluruh peserta dan supporter PGFC 2022 turut berbelasungkawa dan menyampaikan duka yang mendalam atas korban dari insiden di Stadion Kanjuruhan, Malang. Ia berharap insiden ini menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk bisa lebih baik lagi.

Senada, Ketua Umum PSSI Kabupaten Gresik, Rofiq mengapresiasi atas empati yang diberikan Petrokimia Gresik beserta para pemain PGFC, yang kemudian melahirkan juara bersama.

“Pelaksanaan event ini sukses. Poin pentingnya adalah empati atas tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang. Saya berharap, kejadian di Kanjuruhan itu benar-benar yang terakhir. Satu nyawa tidak bisa ditukar dengan cabang olahraga apapun,“ ujarnya.

Sedangkan, Wakil Ketua Umum (Waketum) 4 Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Gresik, Mindo Siahaan yang turut hadir dalam closing PGFC 2022 menilai kesepakatan ini tepat. Apalagi kejadiannya berada di Jawa Timur.

“Semua pasti ada hikmahnya. Tapi ini tidak boleh mengendorkan semangat sepak bola dan futsal di Indonesia, khususnya di Jawa Timur dan Gresik,“ ujarnya.

Petrokimia Gresik sendiri telah empat kali menggelar PGFC sejak tahun 2014 hingga 2017, dan tahun ini di momen golden anniversary Petrokimia Gresik, PGFC ke-5 kembali dihadirkan untuk memperbanyak sarana bagi talenta futsal dalam meraih prestasi.

Sementara, Kapten Tim Futsal SMA Negeri 1 Gresik, Muhammad Iqbal mengaku pihaknya sepakat menerapkan kemenangan bersama. Sebagai kompensasi, SMA Negeri 1 Gresik dan SMA Antartika Sidoarjo yang lolos ke babak final, keduanya ditetapkan sebagai Juara I. Selanjutnya, SMA Negeri 3 Sidoarjo dan SMA Negeri 1 Manyar keduanya juga diputuskan menjadi Juara 3.

“Menang bukan segala-galanya, tidak ada pertandingan sepak bola ataupun futsal yang sebanding dengan nyawa. Untuk itu, seluruh Tim sepakat untuk menang bersama,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PSSI: Liga 1 Nantinya Akan Kembali Bergulir Normal

Saat ini lanjutan Liga 1 bergulir dengan sistem bubble dan belum bisa dihadiri suporter di stadion.

BOLA | 6 Desember 2022

Shin Tae-yong: Kompetisi Terhenti Buat Lemak Pemain Menumpuk

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyebut kompetisi sepak bola yang sempat terhenti membuat lemak menumpuk di tubuh pemain.

BOLA | 5 Desember 2022

Menpora: Liga 1 Penting untuk Persiapan Piala Dunia U-20

Menpora Zainuddin Amali mengatakan Liga 1 sangat dibutuhkan Timnas Indonesia menghadapi Piala AFF dan persiapan tuan rumah Piala Dunia U-20.

BOLA | 5 Desember 2022

Liga 1: PSIS Semarang Menang Telak atas Madura United

PSIS Semarang mengemas kemenangan telak 3-0 atas Madura United FC dalam pertandingan sepak bola lanjutan kompetisi Liga 1.

BOLA | 5 Desember 2022

Liga 1: Bhayangkara Tundukkan 10 Pemain PSS Sleman

Bhayangkara FC mengalahkan PSS Sleman yang tampil dengan 10 pemain dengan skor 3-1 dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2022/2023.

BOLA | 5 Desember 2022

Liga 1 Kembali Bergulir, PSSI: Terima Kasih Pak Jokowi

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berterima kasih kepada Presiden Jokowi dan jajarannya atas kembali diizinkannya lanjutan Liga 1.

BOLA | 5 Desember 2022

Menpora Belum Pastikan Laga Piala AFF 2022 Bisa Disaksikan di Stadion

Timnas Indonesia direncanakan bermarkas di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, saat mengarungi Piala AFF 2022.

BOLA | 5 Desember 2022

Ini Jadwal Timnas Indonesia di Kejuaraan Piala AFF 2022

Timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2022 dan akan memulai kiprahnya pada 23 Desember 2022.

BOLA | 5 Desember 2022

Cristiano Ronaldo Tuntut Juventus Bayar Utang Gaji Rp 322 M

Cristiano Ronaldo menuntut pembayaran sebesar 19,9 juta euro atau setara Rp 322,45 miliar dari Juventus.

BOLA | 4 Desember 2022

Liga 1: Seto Minta Pemain PSS Tidak Gugup Hadapi Bhayangkara FC

Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiantoro meminta anak asuhnya tidak gugup saat menghadapi Bhayangkara FC.

BOLA | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Korsel Terhenti di 16 Besar, Son Heung-min Minta Maaf

Korsel Terhenti di 16 Besar, Son Heung-min Minta Maaf

SEMESTA BOLA 2022 | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE