Logo BeritaSatu

Menang El Clasico, Real Madrid Geser Barcelona dari Puncak Klasemen

Minggu, 16 Oktober 2022 | 23:11 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Madrid, Beritasatu.com - Real Madrid menggeser Barcelona dari puncak klasemen Liga Spanyol setelah menang 3-1 atas rival beratnya itu dalam laga El Clasico di Stadion Santiago Bernabeu, Minggu (16/10/2022).

Gol yang membawa tuan rumah meraih poin maksimal dilesakkan Karim Benzema pada menit ke-12 serta Federico Valverde pada menit ke-35 dan penalti Rodrygo di pengujung laga. Sementara Barcelona mencetak gol balasan melalui aksi Ferran Torres pada menit ke-83.

Advertisement

Berkat kemenangan ini Real Madrid pun kini bertengger di puncak dengan raihan 25 poin atau unggul tiga poin atas Barcelona.

Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, mengusung formasi 4-3-3 dalam pertandingan ini. Dia menampilkan trio lini depan yang terdiri dari Federico Valverde, Karim Benzema, dan Vinícius Junior. Ketiganya ditopang barisan tengah Luka Modric, Aurelien Tchouameni, dan Toni Kroos.

Eder Militao dan David Alaba berduet di jantung pertahanan dan didampingi Dani Carvajal di sisi kanan serta Ferland Mendy di kiri. Keempatnya menjaga kiper Andriy Lunin.

Sementara di kubu Barcelona, pelatih Xavi Hernandez juga menerapkan formasi 4-3-3. Dia menampilkan formasi lini depan yang terdiri dari Raphinha, Robert Lewandowski, Ousmane Dembélé.

Di lini tengah dia tak memasang Gavi sebagi starter dan menurunkan Frenkie de Jong, Sergio Busquets, dan Pedri. Sementara di pemain belakang, Xavi tak menampilkan Gerard Pique sejak menit pertama dan menggantikannya dengan Jules Kounde.

Mantan pemain Sevilla ini dipasangkan dengan Eric Garcia di jantung pertahanan dan didampingi Sergi Roberto di kanan serta Balde di kiri. Para pemain belakang ini mengawal penjaga gawang Marc-André ter Stegen.

Barcelona membuat tekanan saat pertandingan baru berjalan 5 menit. Raphinha melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun tendangan pemain Brasil ini mampu ditangkap dengan baik oleh kiper Real Madrid Andriy Lunin.

Real Madrid sedikit unggul dalam penguasaan bola pada laga El Clasico ke-250 ini. Upaya Real Madrid menjebol gawang Barcelona akhirnya terwujud pada menit ke-12 berkat aksi Karim Benzema.

Penyerang asal Prancis ini mencetak gol setalah bereaksi dengan cepat atas bola yang lepas dari lawan dan menempatkan bola ke sisi kiri gawang dan memperdaya kiper Marc Andre ter Stegen. Skor 1-0 untuk Real Madrid.

Barcelona kemudian berupaya mencetak gol balasan. Upaya mereka nyaris berhasil ketika Robert Lewandowski emndapat peluang pada menit ke-26. Striker asal Poalndia ini seharus bisa mencetak gol penyeimbang dari posisinya itu. Namun sayang bola hasil eksekusinya melebar dari gawang.

Real Madrid menambah keunggulan menjadi 2-0 atas Barcelona melalui gol yang dicetak Federico Valverde pada menit ke-35.

Federico Valverde mencetak gol setelah mendapat sodoran dari Ferland Mendy. Dia kemudian melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti dan menembus gawang Barcelona. Skor 2-0 untuk Real Madrid bertahan hingga pertandingan usai.

Saat babak kedua memasuki menit ke-53, Real Madrid sebenarnya mampu kembali mencetak gol melalui aksi Karim Benzema. Namun wasit menganulir gol ini karena Benzema tertangkap offside.

Tempo pertandingan sedikit menurun pada babak kedua ini. Real Madrid bermain lebih santai setelah unggul 2-0.

Barcelona mendapat tendangan bebas pada menit ke-71 setelah Ousmane Dembele dijegal rekan senegaranya Aurelien Tchouameni. Namun tendangan bebas Lewandowski dari luar kotak penalti menyangkut di pagar pemain Real Madrid.

Barcelona memperkecil ketinggalan melalui gol Ferran Torres pada menit ke-83.

Gol berawal dari serangan Barcelona. Robert Lewandowski kemudian mengalirkan bola kepada Ferran Torres. pemain yang pernah membela Manchester City ini pun dengan mudah mencepolskan bola ke gawang Real Madrid.

Ansu Fati nyaris membuat gol penyeimbang di pengujung laga. Namun aksinya gagal membuahkan gol lantaran bola melebar dari lapangan.

Penyerang Real Madrid Rodrygo dijatuhkan di kotak penalti oleh Eric Garcia pada menit ke-90+1. Wasit sempat melihat VAR untuk menentukan apakah pelanggaran ini layak giganjar penalti.

Wasit kemudian memberikan hadiah penalti untuk Real Madrid yang dieksekusi Rodrygo. Dia kemudian sukses memperdaya kiper Barcelona dan mengubah skor menjadi 3-0.

Susunan pemain Real Madrid vs Barcelona:

Real Madrid (4-3-3): 13 Andriy Lunin; 2 Dani Carvajal (22 Antonio Rüdiger 88), 3 Eder Militao, 4 David Alaba, 23 Ferland Mendy; 10 Luka Modric, 18 Aurelien Tchouameni, 8 Toni Kroos (12 Eduardo Camavinga 78); 15 Federico Valverde, 9 Karim Benzema (11 Marco Asensio 88), 20 Vinícius Júnior (21 Rodrygo 85)

Barcelona (4-3-3): 1 Marc-André ter Stegen; 20 Sergi Roberto, 23 Jules Kounde, 24 Eric Garcia, 28 Balde (18bJordi Alba 60); 21 Frenkie de Jong, 5 Sergio Busquets (30 Gavi 60), 8 Pedri; 22 Raphinha (11 Ferran Torres 60), 9 Robert Lewandowski, 7 Ousmane Dembélé (10 Ansu Fati 73)



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Asnawi Mangkualam Resmi Gabung Klub Liga 2 Korea Jeonnam Dragons

Asnawi Mangkualam diangkut Jeonnam Dragons karena dinilai memiliki kecepatan dan teknik yang bagus.

BOLA | 27 Januari 2023

Inter Milan Bidik Firmino Gantikan Lukaku

Presiden Inter Milan Steven Zhang mempertimbangkan untuk tidak meneruskan opsi permanen Lukaku dan berpaling ke Firmino sebagai alternatif.

BOLA | 28 Januari 2023

Shin Tae-yong Panggil 30 Pemain Ikuti Pelatnas Timnas U-20, Ini Daftarnya

Rencananya pemusatan latihan Timnas U-20 akan digelar pada 1-28 Februari di Jakarta sebagai persiapan menuju Piala Asia U-20 2023.

BOLA | 27 Januari 2023

Sean Dyche Jadi Kandidat Kuat Pelatih Baru Everton

Nama Sean Dyche mencuat setelah kandidat kuat sebelumnya yakni Marcelo Bielsa yang telah melakukan pembicaraan akhirnya menolak tawaran melatih Everton.

BOLA | 28 Januari 2023

Legenda Juventus Edgar Davids Akui Atmosfer Sepak Bola Indonesia Luar Biasa

Edgar Davids datang ke Indonesia untuk meramaikan acara Juventus Village yang digelar di Lippo Mall Kemang, dari 27 hingga 29 Januari 2023 mendatang.

BOLA | 27 Januari 2023

Maju Jadi Caketum PSSI, Erick Thohir Ingin Jadikan Sepak Bola Sarana Persatuan

Menurut Erick Thohir, sepak bola sangat potensial menjadi sarana persatuan asalkan bisa dikelola dengan baik sehingga bisa memberikan kegembiraan.

BOLA | 27 Januari 2023

Bus Arema FC Dilempari Batu, Asisten Pelatih dan Dua Pemain Terluka

Asisten pelatih Arema FC Kuncoro mengalami luka pada bagian lutut dan dua pemain Adilson Maringa serta Achmad Figo mengalami luka di bagian tangan.

BOLA | 27 Januari 2023

Pelatih Yakin The Minions Bisa Kembali ke Performa Puncak

Herry IP sangat bahwa The Minions bisa bangkit dari masalah cedera dan kembali menampilkan performa terbaik mereka pada turnamen mendatang.

BOLA | 27 Januari 2023

Pep Guardiola: Mikel Arteta Nyaris Jadi Pelatih Manchester City

Pep Guardiola mengungkapkan Mikel Arteta sebenarnya akan melatih Manchester City namun dia tak sabar dan akhirnya menangani Arsenal.

BOLA | 27 Januari 2023

AC Milan Akan Kembalikan Sergino Dest, Barcelona Ketakutan

Klub Italia, AC Milan, kemungkinan bakal melepas bek Sergino Dest ke Barcelona dan membuat raksasa Spanyol itu ketakutan. 

BOLA | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cak Imin: Mutu dan Kualitas Pendamping Desa Harus Maju

Cak Imin: Mutu dan Kualitas Pendamping Desa Harus Maju

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE