Logo BeritaSatu

Tim Nasional Wales Pertimbangkan Ubah Nama Jadi Cymru

Selasa, 1 November 2022 | 10:12 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Cardiff, Beritasatu.com - Tim nasional sepak bola Wales sedang mempertimbangkan perubahan nama setelah Piala Dunia 2022. Federasi sepak bola Welsh ingin menyebut timnya "Cymru", nama Wales dalam bahasa Wales, di tingkat internasional untuk mencerminkan apa yang disebut di dalam negeri.

Pembicaraan akan meningkat setelah turnamen mendatang di Qatar, ketika Wales akan tampil di Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1958. "Tim harus selalu disebut Cymru - itulah yang kami sebut di sini," kata Noel Mooney, kepala eksekutif di Asosiasi Sepak Bola Wales.

Advertisement

“Pandangan kami saat ini adalah bahwa di dalam negeri kami jelas disebut Cymru. Itulah yang kami sebut tim nasional kami. Jika Anda melihat situs web kami, bagaimana kami berbicara tentang diri kami sendiri, kami sangat mirip dengan Cymru," paparnya.

"Secara internasional kami merasa masih ada sedikit pekerjaan yang harus dilakukan. Jadi kami akan pergi ke Piala Dunia ini sebagai Wales. Tapi saya pikir 2023 akan menjadi tahun ketika kami melakukan diskusi yang baik dengan semua pemangku kepentingan yang berbeda."

Masalah ini menjadi fokus bulan ini ketika Wales diundi dalam grup kualifikasi yang sama dengan Turki untuk Kejuaraan Eropa 2024. Turki sekarang bersaing di panggung internasional sebagai "Turkiye," nama Turkinya dan bukan versi bahasa Inggrisnya.

Mooney mengatakan telah ada "diskusi tidak resmi" dengan UEFA di berbagai acara tentang bagaimana Turki, dan lainnya, dapat mengubah nama mereka ke bahasa mereka sendiri. "Kami telah bertanya apa arah perjalanan mereka - misalnya, apakah ada gerakan terhadap orang-orang yang menggunakan bahasa asli mereka?" kata Mooney. "Yang saya tahu adalah ada kebangkitan bahasa Welsh dan rasa bangga atas apa yang kita lakukan dengan budaya dan warisannya."

Wales untuk pertama kalinya lolos ke Piala Dunia setelah menang dalam partai play-off. Wales menjadi runner-up Grup E penyisihan zona UEFA di bawah Belgia yang mengantar mereka untuk tampil di play-off Piala Dunia dan menaklukkan Austria dan Ukraina.

Dalam putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar, tim asuhan Robe Page akan bersaing dengan Inggris, Iran, dan Amerika Serikat di Grup B.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: MARCA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pelatih Yakin The Minions Bisa Kembali ke Performa Puncak

Herry IP sangat bahwa The Minions bisa bangkit dari masalah cedera dan kembali menampilkan performa terbaik mereka pada turnamen mendatang.

BOLA | 27 Januari 2023

Pep Guardiola: Mikel Arteta Nyaris Jadi Pelatih Manchester City

Pep Guardiola mengungkapkan Mikel Arteta sebenarnya akan melatih Manchester City namun dia tak sabar dan akhirnya menangani Arsenal.

BOLA | 27 Januari 2023

AC Milan Akan Kembalikan Sergino Dest, Barcelona Ketakutan

Klub Italia, AC Milan, kemungkinan bakal melepas bek Sergino Dest ke Barcelona dan membuat raksasa Spanyol itu ketakutan. 

BOLA | 27 Januari 2023

Bikin Mewek, Perpisahan Bek Persija Rezaldi Hehanusa ke Persib

Rezaldi terlihat sedih dan menangis ketika meminta pamit kepada rekan setim termasuk pelatih Thomas Doll dalam latihan tim seperti dilansir dari akun Tiktok Persija Jakarta.

BOLA | 27 Januari 2023

Kalahkan Atletico, Real Madrid ke Semifinal Piala Raja

Real Madrid berhasil mengalahkan Atletico Madrid 3-1 dalam derbi Madrid di Santiago Bernabeu, dan melenggang ke semifinal Copa del Rey.

BOLA | 27 Januari 2023

Juventus Dibelit Krisis, Ronaldo Khawatir Hak Uangnya yang Belum Dibayar

Juventus tengah dibelit krisis keuangan, dan terancam dikenai denda senilai 50 juta euro (Rp 814 miliar) serta pemainnya pun terancam dilarang bermain.

BOLA | 27 Januari 2023

Piala Super Saudi, Ronaldo Gagal Bawa Al Nassr ke Final

Cristiano Ronaldo gagal membawa klub elite Arab Saudi Al Nassr lolos ke babak final Piala Super Saudi setelah di semifinal turnamen di Riyadh dikalahkan Al Ittihad 3-1.

BOLA | 27 Januari 2023

Kalahkan Borneo, Persib Bandung ke Puncak Klasemen Liga 1

Kemenangan Persib atas Borneo FC ditentukan melalui gol David da Silva di menit 7 dan membuat Maung Bandung ke puncak klasemen Liga 1.

BOLA | 26 Januari 2023

Ini Respon Ma’ruf Amin Soal 2 Menteri Nyalon di PSSI

Menurutnya Wapres Ma'ruf selama tidak ada larangan dengan posisi mereka sebagai menteri maka proses pencalonan di PSSI tersebut dapat dilanjutkan.

BOLA | 26 Januari 2023

Pengamat: Kursi Ketum PSSI Jangan Dijadikan Batu Loncatan Politik

Akmal Marhali mewanti-wanti bakal calon ketua umum PSSI 2023-2027 tidak memanfaatkan federasi untuk mencari kekuasaan.

BOLA | 26 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sesi I, IHSG Hari Ini Kokoh di 6.929

Sesi I, IHSG Hari Ini Kokoh di 6.929

EKONOMI | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE