Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Survei: Barcelona dan MU Paling Digemari di Indonesia

Minggu, 13 November 2022 | 16:13 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS
Barcelona vs Manchester United.

Jakarta, Beritasatu.com – Survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan bahwa FC Barcelona dan Manchester United (MU) menjadi dua klub sepak bola internasional yang paling banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Keduanya unggul cukup signifikan dibandingkan klub-klub besar lainnya.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat menyampaikan rilis survei bertajuk Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI. Rilis survei disampaikan secara daring lewat akun Youtube Indikator Politik Indonesia, Minggu (13/11/2022).

Mulanya, para responden ditanya soal klub internasional mana yang paling mereka gemari. Disebutkan, ada 9,8% responden yang menggemari FC Barcelona dan MU.

“Paling banyak warga Indonesia itu penggemar Barcelona sama MU. Ini ironis, dua klub ini mainnya di liga malam Jumat (Europa League) tetapi paling banyak penggemarnya,” ujar Burhanuddin dengan nada bercanda.

Disebutkan pula bahwa ada 7,2% responden yang menggemari Real Madrid; 3,3% menggemari Liverpool; 2,9% menggemari Arsenal; 2,8% menggemari AC Milan; 2,2% menggemari Chelsea; dan 1,7% menggemari Juventus. Lalu ada 1,3% responden menggemari Bayern Munchen; 1,1% menggemari Manchester City; dan 0,8% menggemari Paris Saint Germain (PSG).

“Jadi memang liga sepak bola Eropa yang paling banyak (digemari),” tutur Burhanuddin.

Populasi survei kali ini yakni seluruh warga negara Indonesia (WNI) yang punya hak pilih, yakni berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah. Survei dilangsungkan pada 30 Oktober 2022 sampai 5 November 2022.

Penarikan sampel memakai metode multistage random sampling. Sampel dalam survei ini sebanyak 1.220 orang yang berasal dari seluruh provinsi. Margin of error survei ini sekitar plus minus 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. Responden dalam survei ini ditanya oleh pewawancara terlatih.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI