Logo BeritaSatu

Saat Tragedi Kanjuruhan, Eks TGIPF Sebut 70.000 Orang di Area Stadion

Minggu, 13 November 2022 | 18:48 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – Mantan anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Akmal Marhali menyebutkan ada hampir 70.000 orang di area stadion saat terjadinya Tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam. Diketahui, usai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya terjadi tragedi yang berujung pada tewasnya ratusan orang.

Hal itu disampaikan Akmal dalam agenda rilis survei Indikator Politik Indonesia bertajuk Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI. Rilis survei disampaikan secara daring lewat akun Youtube Indikator Politik Indonesia, Minggu (13/11/2022).

Advertisement

Mulanya, Akmal menerangkan soal misteri rekaman CCTV di area Stadion Kanjuruhan dengan durasi 2 jam 30 menit yang hilang pada malam tersebut. Rekaman tersebut sejatinya menggambarkan soal mobil Barracuda yang mengangkut para pemain Persebaya dihalangi oleh banyak suporter di luar Stadion Kanjuruhan.

Hal tersebut membuat jalannya kendaraan menjadi terhambat. Hanya saja, video CCTV tersebut kemudian hilang.

“Tapi setelah itu 2 jam 30 menit videonya hilang dan kita kemudian hanya bisa melihat setelah itu gambar altar atau jalan di luar stadion sudah bersih semua, sudah tidak ada lagi pagar pembatasnya, sudah tidak ada lagi sampah-sampah berserakan,” ujar Akmal.

Bahkan, dia mengungkapkan sudah tidak ada lagi kendaraan dan orang-orang di area Stadion Kanjuruhan setelah 2 jam 30 menit kemudian. Misteri rekaman yang hilang tersebut menurutnya mesti diungkap oleh kepolisian.

“Jadi sudah sepi 2 jam 30 menit. Ini merupakan PR terbesar yang harus diungkap polisi. Ada apa di 2 jam 30 menit yang hilang itu?,” tutur Akmal.

Akmal menegaskan misteri rekaman yang hilang tersebut perlu diusut. Hal itu karena mengacu pada dokumenter yang dibuat oleh Persebaya, suasana di luar Stadion Kanjuruhan ketika itu sangat berbahaya. Dia menyebutkan, ada momen mobil Barracuda dilempari barang hingga terhambat mobilitasnya, baik untuk maju maupun mundur karena terhalang suporter.

“Karena apa? Karena dalam temuan TGIPF, jumlah tiket yang dijual di dalam stadion itu 42.156 sementara yang tidak masuk ke dalam stadion ada sekitar 20.000 penonton di sana, sehingga kemudian kalau ditotal malam itu ada sekitar hampir 70.000 orang yang ada di sekitar Stadion Kanjuruhan yang ingin menyaksikan derbi Jatim (Jawa Timur) yang penuh rivalitas antara Arema dan Persebaya,” ungkap Akmal.

“Nah ini PR yang harus diungkap sejauh ini,” imbuhnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Liga 1: Persib Angkut 22 Pemain Hadapi Bali United

Laga Persib melawan Bali United dijadwalkan akan dimainkan di Stadion Maguwoharjo Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (10/2/2023) besok pukul 17.00 WIB.

BOLA | 9 Februari 2023

Martinez, Courtois atau Bounou, Siapa Kiper Terbaik Dunia?

Pemenang penghargaan kiper terbaik dunia FIFA ini akan diberikan pada upacara penghargaan FIFA di Paris akhir bulan ini.

BOLA | 9 Februari 2023

Benzema Kemungkinan Akan Main di Final Piala Dunia Antarklub

Final Piala Dunia Antarklub antara Real Madrid menghadapi Al Hilal dari Arab Saudi akan digelar di Rabat pada Sabtu (11/2/2023).

BOLA | 9 Februari 2023

Ini Opsi Pep Guardiola jika Tinggalkan Manchester City

Pep Guardiola dipastikan akan hengkang jika Manchester City terkena sanksi karena sejumlah pelanggaran.

BOLA | 9 Februari 2023

Undian Putaran Kelima Piala FA: MU vs West Ham, Bristol vs Man City

Tim Premier League lainnya, Tottenham Hotspur akan bertandang ke markas Sheffield United di Bramall Lane pada putaran kelima Piala FA.

BOLA | 9 Februari 2023

Pelatih Legendaris Kroasia Miroslav Blazevic Tutup Usia

Miroslav Blazevic yang mengawali karier kepelatihan di tahun 1968 ini pernah membawa Kroasia finis di peringkat ketiga Piala Dunia 1998.

BOLA | 9 Februari 2023

Real Madrid ke Final Piala Dunia Antarklub, Ancelotti Masih Belum Puas

Manajer klub Real Madrid Carlo Ancelotti masih belum puas dengan penampilan para pemainnya yang baru saja lolos ke babak final Piala Dunia Antarklub.

BOLA | 9 Februari 2023

PSSI Optimistis Timnas U-20 Bisa Berprestasi di Piala Asia U-20

Timnas U-20 terus mematangkan persiapan jelang main di ajang Piala Asia U-20 yang akan berlangsung pada awal Maret 2023 di Uzbekistan.

BOLA | 9 Februari 2023

Liga Inggris, Jadon Sancho Selamatkan MU dari Kekalahan

Jadon Sancho mencetak gol pertamanya sejak September tahun lalu untuk menyelamatkan Manchester United (MU) dari Leeds United di ajang Liga Inggris.

BOLA | 9 Februari 2023

Tanpa Mbappe, PSG Disingkirkan Marseille di Piala Prancis

PSG mengalami nasib menyedihkan di awal tahun setelah langkah mereka terhenti dari babak 16 besar ajang Piala Prancis.

BOLA | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Sugeng Guruh Gautama


# Disney PHK Karyawan


# Gempa Turki


# Ferdy Sambo


# Capres PDIP


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rupiah Hari Ini 9 Februari 2022 Ditutup Melemah ke Rp 15.099

Rupiah Hari Ini 9 Februari 2022 Ditutup Melemah ke Rp 15.099

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE