Logo BeritaSatu

Survei: Mayoritas Publik Yakin Polisi Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Minggu, 13 November 2022 | 19:44 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – Survei Indikator Politik Indonesia menemukan adanya keyakinan dari mayoritas publik bahwa kepolisian bakal mampu mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang. Pihak kepolisian sendiri sudah menetapkan sejumlah orang sebagai tersangka dalam kasus tragedi tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat menyampaikan rilis survei bertajuk Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI. Rilis survei disampaikan secara daring lewat akun Youtube Indikator Politik Indonesia, Minggu (13/11/2022).

Advertisement

Mulanya, para responden ditanya soal tahu tidaknya mereka atas janji Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan. Ada 76,3% yang menjawab tahu dan 23,7% menjawab tidak tahu atas janji Kapolri tersebut.

Burhanuddin lalu menerangkan, atas komitmen Kapolri tersebut, mayoritas publik memercayainya. Disebutkan, ada 6,6% responden yang sangat percaya, 59% cukup percaya atas komitmen Kapolri usut tuntas tragedi Kanjuruhan.

“Yang percaya, itu masih mayoritas 65,6% percaya terhadap komitmen Kapolri, meskipun kita akan bedakan nanti tingkat trust terhadap Kapolri secara pribadi dengan institusi polisi,” tutur Burhanuddin.

Sementara itu, ada 24,6% responden yang kurang percaya dan 6% yang tidak percaya sama sekali terhadap komitmen Kapolri tersebut. Sedangkan 3,7% responden lainnya tidak tahu atau tidak menjawab.

“Meskipun yang tidak percaya juga cukup besar 30,6%. Jadi hampir sepertiga warga yang mengikuti isu tragedi Kanjuruhan itu tidak percaya meskipun Pak Kapolri sudah berjanji,” ujar Burhanuddin.

Diketahui, populasi survei kali ini yakni seluruh warga negara Indonesia (WNI) yang punya hak pilih, yakni berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah. Survei dilangsungkan pada 30 Oktober 2022 sampai 5 November 2022.

Penarikan sampel memakai metode multistage random sampling. Sampel dalam survei ini sebanyak 1.220 orang yang berasal dari seluruh provinsi. Margin of error survei ini sekitar plus minus 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. Responden dalam survei ini ditanya oleh pewawancara terlatih.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Liga 1: Persib Angkut 22 Pemain Hadapi Bali United

Laga Persib melawan Bali United dijadwalkan akan dimainkan di Stadion Maguwoharjo Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (10/2/2023) besok pukul 17.00 WIB.

BOLA | 9 Februari 2023

Martinez, Courtois atau Bounou, Siapa Kiper Terbaik Dunia?

Pemenang penghargaan kiper terbaik dunia FIFA ini akan diberikan pada upacara penghargaan FIFA di Paris akhir bulan ini.

BOLA | 9 Februari 2023

Benzema Kemungkinan Akan Main di Final Piala Dunia Antarklub

Final Piala Dunia Antarklub antara Real Madrid menghadapi Al Hilal dari Arab Saudi akan digelar di Rabat pada Sabtu (11/2/2023).

BOLA | 9 Februari 2023

Ini Opsi Pep Guardiola jika Tinggalkan Manchester City

Pep Guardiola dipastikan akan hengkang jika Manchester City terkena sanksi karena sejumlah pelanggaran.

BOLA | 9 Februari 2023

Undian Putaran Kelima Piala FA: MU vs West Ham, Bristol vs Man City

Tim Premier League lainnya, Tottenham Hotspur akan bertandang ke markas Sheffield United di Bramall Lane pada putaran kelima Piala FA.

BOLA | 9 Februari 2023

Pelatih Legendaris Kroasia Miroslav Blazevic Tutup Usia

Miroslav Blazevic yang mengawali karier kepelatihan di tahun 1968 ini pernah membawa Kroasia finis di peringkat ketiga Piala Dunia 1998.

BOLA | 9 Februari 2023

Real Madrid ke Final Piala Dunia Antarklub, Ancelotti Masih Belum Puas

Manajer klub Real Madrid Carlo Ancelotti masih belum puas dengan penampilan para pemainnya yang baru saja lolos ke babak final Piala Dunia Antarklub.

BOLA | 9 Februari 2023

PSSI Optimistis Timnas U-20 Bisa Berprestasi di Piala Asia U-20

Timnas U-20 terus mematangkan persiapan jelang main di ajang Piala Asia U-20 yang akan berlangsung pada awal Maret 2023 di Uzbekistan.

BOLA | 9 Februari 2023

Liga Inggris, Jadon Sancho Selamatkan MU dari Kekalahan

Jadon Sancho mencetak gol pertamanya sejak September tahun lalu untuk menyelamatkan Manchester United (MU) dari Leeds United di ajang Liga Inggris.

BOLA | 9 Februari 2023

Tanpa Mbappe, PSG Disingkirkan Marseille di Piala Prancis

PSG mengalami nasib menyedihkan di awal tahun setelah langkah mereka terhenti dari babak 16 besar ajang Piala Prancis.

BOLA | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Sugeng Guruh Gautama


# Disney PHK Karyawan


# Gempa Turki


# Ferdy Sambo


# Capres PDIP


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Klaim Tahu Banyak soal Aktivitas Tukang Cukur Lukas Enembe

KPK Klaim Tahu Banyak soal Aktivitas Tukang Cukur Lukas Enembe

NASIONAL | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE