Orang Indonesia 4,5 Jam Menonton TV Tiap Hari

Orang Indonesia 4,5 Jam Menonton TV Tiap Hari
Ilustrasi--kecanduan televisi ( Foto: Ist. )
Jumat, 2 Desember 2011 | 05:26 WIB
"Penduduk Indonesia dari semua tingkat penghasilan senang sekali menonton TV dan hampir semua, atau 95 persen, rumah tangga kelas menengah punya televisi."

Televisi menjadi media pilihan utama bagi sebagian besar penduduk Indonesia, yang rata-rata menghabiskan waktu 4,5 jam setiap harinya untuk menonton televisi.

Program televisi paling diminati oleh 96 persen rumah tangga kelas menengah di Indonesia, yang menonton televisi setiap harinya, adalah olahraga, disusul dengan seri drama dan jenis-jenis program hiburan lainnya.

Angka-angka tersebut adalah hasil survei perusahaan riset media, Nielsen Indonesia, pada kuartal ketiga 2011, yang dilakukan di sembilan kota besar Indonesia, dengan responden berusia 10 tahun ke atas.

"Penduduk Indonesia dari semua tingkat penghasilan senang sekali menonton TV dan hampir semua, atau 95 persen, rumah tangga kelas menengah punya televisi," kata Irawati Pratignyo, Managing Director Media pada Nielsen Indonesia, Jakarta, Kamis (1/12).
 
Survei tersebut juga menunjukkan bahwa jenis program televisi yang paling banyak dikonsumsi pemirsa adalah program informasi seperti  talk show, majalah TV, infotainment atau dokumenter, dengan persentase  terbesar, yaitu 26 persen, dibanding jenis program lainnya.

Angka itu  merupakan kenaikan signifkan dibanding periode yang sama tahun lalu, yang persentasenya hanya 15 persen.

Jenis program lainnya yang paling banyak ditonton adalah hiburan (dengan persentase 18 persen) dan program berita (14  persen).

"Tidak diragukan lagi, televisi adalah medium yang paling baik untuk menjangkau dan mem-penetrasi konsumen," kata Catherin Eddy, Managing Director Consumer Group Nielsen Indonesia.