"Jiwaku Tansah Hambeksa", Sebuah Memoir dalam Tari

Salah satu tari karya Kris Soewardjo dan Mahasiswa Prodi Seni Tari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang dikemas dalam pertunjukan tari "Jiwaku Tansah Hambeksa", di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Sabtu, 21 Maret 2015. ( Foto: imagedynamics )
Eko Priyatmono Minggu, 22 Maret 2015 | 04:11 WIB

Jakarta – Kekayaan seni budaya Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi, begitu banyak ragam seni budaya yang terpapar di Tanah Air. Tidak sedikit pula seniman yang konsisten berkontribusi dalam mengukuhkan kekayaan seni budaya Indonesia. Contohnya, Kris Soewardjo yang kali ini akan menampilkan karyanya yang bertajuk Jiwaku Tansah Hambeksa di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Sabtu (21/3).

Pementasan Jiwaku Tansah Hambeksa mengisahkan perjalanan panjang seorang koreografer asal Jakarta yang memiliki darah Jawa dan Sunda. Sang koreografer tersebut sepanjang hidupnya menumpahkan jiwa raganya di dalam seni.

Tanpa lelah dia selalu mengisi hidupnya dengan berkesenian. Perjalanan yang panjang pun telah dilewati melalui hati dan perasaan yang diungkapkan melalui karya tari Jiwaku Tansah Hambeksa.

Pada pementasan kali ini Kristiono Soewardjo bersama mahasiswa program studi seni tari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menampilkan berbagai macam tari di dalamnya, seperti Nindak Ondel Putri, Topeng Jigrik ‘ndat, Ngangres, Horeg, dan tentunya tari Jiwaku Tansah Hambeksa.

Bahkan, beberapa dari tarian yang dibawakan merupakan karya murni dari sang koreografer, Kristiono Soewardjo. Penonton pun terkesima dengan keindahan gerak tari yang dibawakan 12 penari selama 40 menit ini.

“Pementasan ini merupakan deskripsi perjalanan saya sebagai salah satu seniman tari di Indonesia. Dalam pementasan kali ini saya ingin berbagi semangat berkesenian kepada masyarakat Indonesia. Mungkin proses berkesenian itu tidaklah mudah, namun jika memiliki kesadaran dan semangat melestarikan seni budaya Indonesia maka itu semua dapatlah diraih,” ujar Kris Soewardjo.

Sumber: PR