98 Pebulutangkis Masuk Pelatnas, Kecuali Hendra/Ahsan

98 Pebulutangkis Masuk Pelatnas, Kecuali Hendra/Ahsan
Ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan (kiri) dan Hendra Setiawan. ( Foto: ANTARA FOTO / Puspa Perwitasari )
/ CAH Jumat, 4 Januari 2019 | 21:12 WIB

Jakarta - Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) memanggil 98 atlet dalam pemusatan latihan nasional 2019 tanpa kehadiran pasangan putra senior Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

"Kami punya pertimbangan untuk menentukan nama-nama pemain yang dipanggil kembali ke pelatnas seperti prestasi mereka, potensi, usia, serta target dalam jangka pendek ataupun jangka panjang," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Jumat (4/1).

Pasangan atlet ganda putra senior Indonesia Hendra/Ahsan tidak masuk dalam daftar atlet pelatnas PBSI 2019 menyusul prioritas mereka menjadi pemain profesional dan menanggung biaya keikutsertaan turnamen secara mandiri.

"Untuk Nitya Krishinda Maheswari, kami melihat kondisinya setelah mengalami cedera dan usianya tidak memungkinkan untuk bersaing. Tapi, kami akan perbantukan Nitya dalam tim kepelatihan. Kami akan bicarakan lebih lanjut hal itu," kata Susy.

Selain Hendra/Ahsan dan Nitya, Susy memastikan dua atlet ganda campuran yaitu Liliyana Natsir dan Debby Susanto masih masuk dalam daftar atlet pelatnas PBSI 2019 hingga Januari. Liliyana dan Debby merupakan atlet yang memastikan untuk pensiun setelah Januari 2019.

PP PBSI membagi dua tingkatan atlet dalam pelatnas 2019 yaitu atlet-atlet utama dan atlet-atlet pratama. Selain itu, PBSI juga menetapkan empat klasifikasi surat keputusan pelatnas bagi setiap atlet.

Empat klasifikasi itu adalah atlet prioritas, atlet utama, atlet pratama, dan atlet magang. Atlet-atlet yang mendapatkan surat keputusan sebagai atlet prioritas adalah atlet-atlet yang diproyeksikan untuk mengikuti Olimpiade Tokyo 2020.

"Para pemain akan mulai berlatih di pelatnas PBSI di Cipayung Jakarta Timur pada 7 Januari. Tapi, ada beberapa pemain yang telah memulai berlatih lebih dahulu sejak Desember 2018 guna persiapan mengikuti turnamen Thailand Masters 2019 pada pekan kedua Januari 2019," kata Susy.



Sumber: ANTARA