Peserta Audisi Membeludak, Sekjen PBSI: Masa Depan Bulutangkis Indonesia Cerah

Peserta Audisi Membeludak, Sekjen PBSI: Masa Depan Bulutangkis Indonesia Cerah
Sekjen PB PBSI Achmad Budiharto (kiri) memberi penjelasan kepada wartawan di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (19/11/2019). ( Foto: Istimewa / Alexander Madji )
Alexander Madji / AMA Selasa, 19 November 2019 | 17:53 WIB

Kudus, Beritasatu.com - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) Achmad Budiharto mengaku sangat optimistis akan masa depan yang cerah bulutangkis Indonesia. Pasalnya, antusiasme masyarakat mengikuti audisi umum beasiswa bulutangkis 2019 sangat tinggi.

Hal itu disampaikan Budiharto dalam sambutannya pada penutupan audisi seri terakhir di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (19/11/2019). Selanjutnya, para peserta yang lokos audisi akan mengikuti seleksi final yang mulai berlangsung sejak Rabu (20/11/2019) hingga Jumat (22/11/2019) mendatang di GOR PB Djarum, Kudus.

Audisi ini sudah berlangsung di lima kota yaitu Bandung, Purwokerto, Surabaya, Solo Raya, dan Kudus. Total siswa U-11 dan U-13 yang mengikuti seleksi ini sebanyak 4118. Yang berhasil lolos ke audisi final di Kudus hanya sebanyak 134 orang. Mereka ini akan bersaing dan diseleksi lagi untuk mencari calon-calon atlet bulutangkis yang akan dididik dan dibina di PB Djarum.

"Hari ini sangat membanggakan bagi saya. Setelah sempat khawatir, tetapi hari ini banyak calon atlet bulutangkis masa depan Indonesia," ujarnya.

Karena itu, ia berterima kasih kepada orang tua siswa usia sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang berkorban, setia menemani, dan mendorong anak-anaknya menggeluti dunia bulutangkis.

"Masuk PB Djarum bukanlah tujuan akhir. Ini hanya tujuan awal. Tujuan akhir adalah menjadi pemain nasional yang akan mengharumkan nama bangsa Indonesia di pentas internasional," imbuhnya.

Karena itu, kepada para orang tua, ia berpesan untuk tidak lelah dan putus asa dalam membangun masa depan bulutangkis Indonesia yang lebih baik.

Pada bagian lain, saat jumpa pers, Achmad Budiharto menegaskan, Keberhasilan bulutangkis Indonesia di masa mendatang tidak hanya tergantung pada klub atau PBSI, tetapi juga peran aktif seluruh rakyat Indonesia.

"Bulutangkis adalah olahraga paling sukses di Indonesia. Itu terjadi karena proses pembinaannya dilakukan secara sistematis sejak dari rekrutmen, penciptaan kompetisi, dan pada akhirnya sponsorship. Dan, masa depan bulutangkis Indonesia bertumpu pada klub-klub. Rekrutmen lewat audisi seperti ini menjadi sangat efektif dan bagus untuk menciptakan ekosistem bulutangkis yang berkualitas," ujarnya.

Ia lebih lanjut menegaskan, "Kalau audisi seperti ini terus diutak-atik, lalu masa depan bulitangkis seperti apa? Saya himbau kepada PB Djarum untuk tidak putus asa dan terus menggelar audisi seperti ini."



Sumber: Suara Pembaruan