Menteri PAN dan RB Apresiasi Inovasi dan Kerja Keras Korlantas Polri Layani Masyarakat

Menteri PAN dan RB Apresiasi Inovasi dan Kerja Keras Korlantas Polri Layani Masyarakat

Jumat, 17 Juli 2020 | 16:39 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Tjahjo Kumolo mengapreasiasi berbagai inovasi yang dibuat oleh Korlantas Polri. Pelayanan kepada masyarakat dinilai akan semakin mudah, efektif, dan efisien.

“Kami dari Kementerian PAN dan RB mengapreasiasi berbagai inovasi yang telah diciptakan Korlantas Polri. Inovasi-inovasi ini makin memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Tjahjo, Jumat (17/7/2020).

Tjahjo lantas mencontohkan sejumlah inovasi yang telah diciptakan Korlantas Polri, khususnya Direktorat Registrasi Identifikasi. Misalnya inovasi dari Subdit SIM Direktorat Registrasi Identifikasi melalui Pelayanan SIM Internasional Online.

Pemohon tak perlu hadir secara langsung. Registrasi dan pembayaran pun dilakukan secara elektronik. Pengantaran buku SIM Internasional menggunakan jasa pengiriman. Inovasi lainnya, Smart SIM yakni kartu SIM yang dapat digunakan sebagai e-money.

“Ada juga inovasi Sistem Antrianfifo, yakni perangkat kompterisasi dan sistem uji praktek SIM A dan C secara elektronik. Lalu, inovasi Pusat Pengaduan Pelayanan SIM atau Call Center, dan Satpas Monitoring Center (SMC),” ungkap Tjahjo.

Tjahjo mengungkap masih ada inovasi yang dalam proses penyelesaian seperti enam digitalisasi SIM Internasional dan SIM Nasional. Berikutnya inovasi menyangkut perpanjangan SIM Nasional, termasuk Samsat Online Nasional.

Selanjutnya ada Elektronic Registration dan Identification (ERI), STNK berupa kartu, Blokir LAPCR, SICK Online, Nomor Pilihan Nasional, dan Ropilnas. Inovasi lainnya yakni Electronic Registration dan Identification dan arsip digital, serta SBST Online.

“Saya sebagai Menpan RB yang menangani bidang reformasi birokrasi dan pelayanan masyarakat memberikan apresiasi tinggi terhadap inovasi-inovasi Korlantas Polri ini,” ujar mantan Menteri Dalam Negeri tersebut.

Di sisi lain, Tjahjo menilai Korlantas Polri telah bekerja keras melakukan pengamanan lewat Operasi Ketupat 2020. Tjahjo menganggap itu sebagai operasi kemanusiaan selama masa pandemi. Demikian halnya pengamanan saat Hari Raya Idul Fitri.

“Pada umumnya masyarakat sudah memahami tentang larangan mudik. Ini karena sosialiasi masif lewat media massa. Pengamanan Operasi Ketupat 2020 juga berjalan aman dan lancar. Ini berkat sinergitas yang mantap dengan stakeholder terkait,” kata Tjahjo.

Tjahjo pun menyebut, “Operasi Ketupat yang dilakukan Polri ini untuk memberikan suasana kenyamanan berlalu lintas dan menjaga disiplin ketertiban berlalu lintas dan memberikan penyuluhan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Sukses selalu untuk Korlantas Polri.”



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Panglima TNI Ungkap Jajarannya Terus Bantu Penanganan Covid-19

TNI dan Polri beserta komponen bangsa lainnya tengah melakukan upaya menurunkan angka penularan Covid-19.

NASIONAL | 17 Juli 2020

Komisi Kejaksaan Dorong Evaluasi Kinerja Intelijen Kejaksaan

Komisi Kejaksaan (Komjak) mendorong dilakukannya evaluasi dan pemeriksaan terkait dengan kinerja intelijen kejaksaan.

NASIONAL | 17 Juli 2020

Pasien Sembuh dari Covid-19 di Indonesia Capai 43.268 Orang

Hingga Sabtu (18/7/2020), sebanyak 43.268 orang berhasil sembuh dari Covid-19.

NASIONAL | 18 Juli 2020

Pramono Anung Sempat Tak Setuju Putranya Maju Pilbup Kediri

Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo mengaku sempat tidak setuju dengan pencalonan putranya, Hanindhito Pramono, sebagai calon bupati Kediri.

NASIONAL | 18 Juli 2020

Kasus Djoko Tjandra Picu Konflik Pimpinan DPR dan Komisi III

Herman mengaku sudah mendapat informasi bahwa Ketua DPR Puan Maharani memberi izin dan menyetujui Komisi III untuk melaksanakan rapat itu.

NASIONAL | 18 Juli 2020

UI Terima Dana Prioritas Riset Nasional Rp 9,8 M dari Kemristek dan LPDP

UI bersama dengan 16 perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya di Indonesia menerima pendanaan senilai total Rp 50 miliar.

NASIONAL | 18 Juli 2020

Pasien Positif Secapa AD Bandung Tersisa 849 Orang

Hasil Lab PCR dari swab kedua pasien di Secapa AD sampai pagi ini ada 100 pasien lagi yang dinyatakan negatif.

NASIONAL | 18 Juli 2020

BKKBN Alihkan 671 Pejabat Struktural Jadi Fungsional

Mereka yang dialihkan adalah pejabat yang ada di BKKBN pusat maupun di perwakilan BKKBN provinsi seluruh Indonesia.

NASIONAL | 18 Juli 2020

IPW Apresiasi Kapolri yang Copot 3 Jenderal

Ada lima hal lagi yang harus dan patut dilakukan Kapolri agar citra Polri terbangun lagi setelah dihancurkan oleh Djoko Tjandra.

NASIONAL | 18 Juli 2020

Banjir Konawe Landa 14 Kecamatan

Desa yang masih terisolasi akibat banjir tersebut adalah Desa Aleuti Kecamatan Padangguni dan Desa Lalomerui, Kecamatan Routa.

NASIONAL | 18 Juli 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS