Lansia, Konsumsi Ini untuk Daya Tahan Tubuh yang Kuat

Lansia, Konsumsi Ini untuk Daya Tahan Tubuh yang Kuat

Jumat, 8 Mei 2020 | 08:44 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Ketika usia mulai menua, kemampuan lidah untuk mengecap rasa akan semakin berkurang. Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang lanjut usia (lansia) cenderung menjadi rewel tentang makanan yang akan mereka makan. Belum lagi setelah usia 65 tahun, sistem kekebalan tubuh akan semakin melemah, membuat seseorang akan semakin rentan terhadap berbagai masalah kesehatan.

Sistem kekebalan yang berfungsi dengan baik dapat membantu melawan penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Untuk lansia, meningkatkan sistem kekebalan tubuh berarti harus dimulai dari diet yang baik dan seimbang. Makanan yang penuh nutrisi dapat membantu membangun mekanisme pertahanan yang kuat dan mampu melawan infeksi dan penyakit.

Di tengah pandemi Covid-19, para ahli kesehatan telah menyatakan, selain menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau pembersih tangan berbasis alkohol, namun sangat penting juga bagi kita, khususnya lansia, untuk meningkatkan kekebalan tubuh, agar tak mudah terserang Covid-19. Terlebih, lansia merupakan kelompok paling rentan terhadap penyakit menular ini, sehingga meningkatkan kekebalan tubuh merupakan hal penting untuk dilakukan.

Berikut ini merupakan beberapa makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh pada lansia:

1. Nasi merah

Nasi merah mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang kuat, yang bila dikonsumsi dalam porsi yang cukup, dapat membantu mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, nasi merah juga kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara menyeluruh.

2. Bayam

Kaya akan vitamin C dan dikemas dengan banyak antioksidan dan beta karoten, bayam adalah sayuran terbaik yang harus dikonsumsi secara rutin. Bayam juga kaya akan vitamin K, yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh khususnya pada orang-orang lansia.

3. Telur

Kaya akan protein dan vitamin, telur dapat menjadi santapan nikmat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada orang dewasa dan lansia.

4. Yoghurt

Konsumsi yoghurt dapat membantu memperkuat saluran usus, yang kemudian membantu mencegah penyakit pencernaan. Yoghurt penuh dengan probiotik (bakteri baik) yang membantu melawan bakteri jahat di perut, dan merupakan agen penguat kekebalan tubuh yang baik untuk orang dewasa dan lansia.

5. Air

Sangat penting bagi orang-orang lansia mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan. Meminum air dua liter atau delapan gelas per hari, dapat sangat baik dalam menjaga selaput lendir tetap lembap, sehingga menurunkan risiko flu atau pilek. Menjaga diri tetap terhidrasi juga dapat membantu fungsi sistem kekebalan tubuh.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Dokter Wuhan Sarankan Pasien Saraf Dites Covid-19

Penelitian menunjukkan bahwa gangguan neurology atau sistem saraf juga merupakan gejala umum pasien Covid-19.

KESEHATAN | 8 Mei 2020

Tahukah Anda? Alzheimer Bisa Dideteksi 20 Tahun Sebelumnya

Alzheimer adalah penyakit hilangnya daya ingat dan kemampuan berpikir otak manusia.

KESEHATAN | 8 Mei 2020

Komunitas Anak Indonesia Bersatu Lawan Covid-19

Aksi sosial dilakukan komunitas anak Indonesia dengan tajuk "Anak Indonesia Lawan Covid-19".

KESEHATAN | 7 Mei 2020

PSBB Tahap II Berakhir, Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Capai Angka 4.775

Dari jumlah 4.775 kasus positif Covid-19, terdapat sebanyak 718 orang dinyatakan telah sembuh dan sebanyak 430 orang telah meninggal dunia.

KESEHATAN | 7 Mei 2020

Pasien Covid-19 Perlu Pangan dengan Protein Tinggi

Pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 yang dirawat di rumah sakit perlu mengonsumsi protein dan kalori tinggi selama proses perawatan.

KESEHATAN | 7 Mei 2020

Pasien Positif Covid-19 Sembuh di Kota Bogor Menjadi 17 Orang

Jumlah kasus positif di Kota Bogor sebanyak 93 kasus dengan rincian 62 orang masih dalam penanganan medis, 14 orang meninggal dunia, dan 17 orang sembuh.

KESEHATAN | 7 Mei 2020

Usia Terbaik Deteksi Dini Kondisi Jantung

Pemeriksaan kondisi jantung setidaknya bisa membuat lebih sadar kesehatan dan kondisi tubuh

KESEHATAN | 6 Mei 2020

PUFF Sains Lab Manfaatkan Ekstrak Rempah Asli Indonesia

PUFF meluncurkan CovHerbal yang merupakan varian e-juice herbal yang terbuat dari ekstrak rempah asli Indonesia.

KESEHATAN | 6 Mei 2020

Covid-19, RI Terima 101 Dukungan Internasional Rp 1,2 Triliun

Dari keseluruhan, bantuan yang sudah terealisasi sebesar US$ 27,9 juta

KESEHATAN | 6 Mei 2020

Tips Olahraga Bersama Anak di Masa Pandemi Covid-19

Salah satu cara menjaga kesehatan, kebugaran dan menghilangkan rasa bosan akibat tinggal di rumah adalah dengan berolahraga.

KESEHATAN | 6 Mei 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS