Perang Paten, Apple dan Google Sepakat "Gencatan Senjata"

Perang Paten, Apple dan Google Sepakat
Ilustrasi Google versus Apple ( Foto: Bestboyz.de )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Sabtu, 17 Mei 2014 | 17:35 WIB

Amerika Serikat - Dua raksasa perusahaan teknologi Silicon Valley, Apple dan Google, sepakat untuk mengadakan "gencatan senjata" dalam perang hak kekayaan intelektual yang berlarut-larut.

Keduanya sepakat untuk menarik tuntutan hukum satu sama lain dan akan bekerja sama untuk mereformasi hukum paten. Tuntutan yang akan ditarik antara lain mencakup paten terkait Motorola Mobility milik Google.

"Apple dan Google sepakat untuk menarik semua tuntutan yang terkait langsung antara dua perusahaan. Apple dan Google juga setuju untuk bekerjasama dalam reformasi paten. Kesepakatan ini tidak mencakup lisensi silang," bunyi pernyataan bersama kedua perusahaan.

Akan tetapi, Apple tidak akan mundur dari perang paten dengan Samsung, yang menggunakan sistem operasi Google Android.

"Ini menandakan strategi baru Apple dalam memfokuskan upaya hukumnya hanya kepada Samsung, yang merupakan produsen ponsel berbasis Android terbesar," ujar Brian Love, profesor di Fakultas Hukum Universitas Santa Clara.

Perang paten Google dengan Apple mencakup 20 hak paten di AS dan Eropa. Sistem operasi iOS Apple dan Android adalah dua sistem yang paling banyak digunakan di dunia.

Perang paten keduanya telah menghabiskan biaya puluhan juta dolar. Apple mengaku sudah menghabiskan US$32 juta.

Sumber: Bloomberg