Ninja Xpress Hadir di Indonesia

Ninja Xpress Hadir di Indonesia
Country Head Ninja Xpress Indonesia Indra Wiralaksmana (kanan) didampingi Managing Director Berry Benka Danu Wicaksana pada peluncuran Ninja Xpress di jakarta, Selasa, 6 September 2016. BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal (Foto: BeritaSatu Photo / Mohammad Defrizal)
Abdul Muslim / MUS Selasa, 6 September 2016 | 20:47 WIB

Jakarta - Setelah ada di Singapura, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Thailand, perusahaan logistik berbasis teknologi asal Singapura, Ninja Van, kini hadir di Indonesia, dengan nama Ninja Xpress. Mengedepankan teknologi, Ninja Xpress menawarkan layanan logistik bagi para pelaku usaha di Indonesia.

Country Head Ninja Xpress Indra Wiralaksmana mengatakan, Ninja Xpress adalah afiliasi dari Ninja Van, perusahaan logistik berbasis teknologi. “Kami hadir dengan harapan dapat turut berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas e-commerce di Indonesia," ujar Indra di Jakarta, Selasa (6/9).

Secara spesifik, lanjut dia, pihaknya memikirkan e-commerce yang ada dari sisi kemudahan, ketepatan waktu, dan yang paling penting efisiensi. Ninja Xpress menawarkan tiga layanan. Pertama, Ninja Reg, layanan pengiriman standar Ninja Xpress dengan waktu pengiriman bergantung pada lokasi pengirim dan lokasi penerima.

Selanjutnya, Ninja Fast, layanan pengiriman cepat Ninja Xpress yang menjanjikan waktu tiba pada keesokan harinya. Terakhir, Ninja Super, layanan pengiriman yang memastikan paket diterima di hari yang sama.

"Untuk biaya tergantung pada lokasi dan volume. Kami mengenakan biaya bukan berdasarkan kilometer yang ditempuh, melainkan berdasarkan berat (kg) dan volume metrik," ujar Indra.

Meskipun berbasis teknologi, lanjut dia, Ninja Xpress sebenarnya merupakan perusahaan kurir. “Kami melihat, kami berkompetisi dengan perusahaan logistik lainnya, bukan perusahaan transportasi berbasis teknologi," tambahnya.

Saat ini, Ninja Express mengklaim telah bekerja sama dengan hampir seluruh pelaku e-commerce besar di Indonesia. "Dengan menggunakan sistem kami, mulai paket di tangan Ninja Xpress sampai diantarkan, baik mitra maupun customer bisa langsung melacak secara real time," kata dia, seperti dikutip Antara.

Lebih lanjut, terkait tema transparansi pelacakan, Indra menjelaskan, pelacakan barang dilakukan melalui situs resmi Ninja Xpress, di mana pelanggan sebelumnya akan mendapat ID. Untuk memastikan keamanan dalam pelacakan barang, Ninja Xpress mengirimkan notifikasi berupa SMS.

"Bukan hanya untuk memberitahu, tapi juga efisiensi, sehingga kurir tidak perlu kirim dua kali," tuturnya.

Selain sistem real time, Ninja Xpress berkomitmen mendorong perkembangan ekosistem e-commerce. Ninja Xpress juga mendukung layanan cash on delivery (COD) yang memungkinkan customer membayar secara kas barang yang mereka beli.

"Tantangan besar e-commerce adalah sistem pembayaran di mana belum semua customer melakukan pembayaran online, sehingga layanan COD kami menjadi nilai tambah bagi para pelaku e-commerce," ujar Indra.



Sumber: ANTARA