Alibaba Cloud Luncurkan Data Center Kedua di Indonesia

Alibaba Cloud Luncurkan Data Center Kedua di Indonesia
General Manager of Singapore and Indonesia Alibaba Cloud, Leon Chen menyampaikan sambutan dalam peluncuran data center kedua Alibaba Cloud di Indonesia, Rabu, (9/1/2019) . ( Foto: istimewa / Istimewa )
Herman / MPA Rabu, 9 Januari 2019 | 20:05 WIB

 

Jakarta - Setelah mengoperasikan data center pertamanya di Indonesia pada Maret 2018 lalu, Alibaba Cloud yang merupakan perusahaan komputasi awan milik Alibaba Group meluncurkan data center keduanya di Indonesia.

Dengan peluncuran ini, Alibaba Cloud sekarang menyediakan kapasitas yang lebih tinggi dan kemampuan disaster recovery yang lebih kuat, sehingga memungkinkan pelanggan untuk melakukan mission-critical workload di berbagai zona dan mengganti zona dalam hitungan detik.

Di waktu yang bersamaan, Alibaba Cloud juga meluncurkan Program Internet Champion Global Accelerator, sebuah program pemberdayaan perusahaan dan talenta lokal untuk berkontribusi terhadap perwujudan visi “Go Digital 2020” Indonesia.

“Dengan menggandakan kapasitas data center kami dan meluncurkan program Internet Champion Global Accelerator, kami berharap dapat membangun ekosistem komputasi awan dan mengasah kemampuan talenta-talenta Indonesia secara lebih mendalam," ungkap Alibaba Cloud General Manager of Singapore and Indonesia, Leon Chen melalui keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Rabu (9/1).

Dengan peluncuran ini, Alibaba Cloud sekarang memiliki 55 availability zone yang tersebar di 19 wilayah di seluruh dunia. Beberapa produk dan layanan yang ditawarkan mulai dari elastic computing, layanan database, jaringan, penyimpanan data, keamanan, middleware, hingga berbagai solusi untuk mengatasi tantangan industri vertikal.

Dengan semakin meningkatnya permintaan perusahaan Indonesia terhadap big data dan solusi analitik, Leon menyampaikan Alibaba Cloud juga telah meluncurkan Machine Learning for AI dan selanjutnya akan menghadirkan elastic search pada bulan Januari ini untuk menyediakan kemampuan pencarian real-time, analisis data, dan visualisasi. Selain itu, Alibaba Cloud juga telah meluncurkan Smart Access Gateway (SAG), sebuah solusi SD-WAN yang menyediakan solusi one-stop cloud connectivity untuk public cloud dan hybrid cloud environment.

Alibaba Cloud juga terus memperkuat jaringan lokalnya dengan mitra seperti PT IndoInternet, PT Blue Power Technology, dan PT Sistech Kharisma. Hari ini, Alibaba Cloud juga mengumumkan kemitraan strategis dengan PT IndoInternet sebagai distributor produk komputasi awan dan teknologi Alibaba Cloud.

Terkait program Internet Champion Global Accelerator, Leon memaparkan program ini akan memberikan pelatihan, bimbingan, dan peluang modal ventura kepada perusahaan-perusahaan dan para profesional. Program ini diluncurkan pertama kalinya di Indonesia dan secara bertahap akan diluncurkan ke pasar global lainnya.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE