Glints Mempermudah Cari Lowongan Kerja di Bidang Startup

Glints Mempermudah Cari Lowongan Kerja di Bidang Startup
Ilustrasi e-commerce ( Foto: unsplash.com )
Winda Ayu Larasati / ZTM Selasa, 8 Oktober 2019 | 21:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kamu tentu tidak asing dengan Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan Lazada, bukan? Keempatnya merupakan perusahaan rintisan (startup) yang bergerak di bidang yang memfasilitasi penjualan dan pembelian barang atau jasa dengan menggunakan internet atau e-commerce. Transaksi yang berlangsung setelahnya pun bersifat non-tunai.

Di berbagai portal pencarian kerja, ratusan perusahaan di bidang e-commerce memasang lowongan kerja untuk mencari tenaga kerja baru yang akan menempati posisi tertentu. Namun, kenapa ya lowongan kerja di bidang ini semakin mudah dijumpai hingga kini?

Perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce pertama di Indonesia adalah Bhinneka.com. Awalnya, perusahaan ini hanya menjual produk elektronik, lalu melebarkan sayap bisnisnya dengan menjual peralatan rumah dan dapur, perlengkapan kesehatan, fashion, dan mainan anak. Setelah itu, banyak perusahaan e-commerce yang muncul dan berkembang, mulai dari toko retail offline yang merambah ranah online hingga tumbuhnya startup yang bergerak di bidang itu.

Menurut database startup dari Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) pada 2018, sebanyak 352 dari 992 startup yang saat ini ada Indonesia bergerak di bidang e-commerce. Sebagai bidang usaha startup yang paling banyak tumbuh di negara ini, tentu lowongan kerja yang tersedia juga tidak kalah banyak ya.

Dunia startup sudah akrab dengan istilah unicorn, yaitu status yang diberikan pada sebuah startup jika valuasi perusahaannya mencapai 1 miliar USD atau Rp 14,1 triliun. Indonesia kini memiliki empat startup berstatus unicorn, dua di antaranya bergerak di bidang e-commerce yaitu Tokopedia dengan valuasi sebesar 7 miliar USD atau Rp 98,7 triliun dan Bukalapak dengan valuasi sebesar 1 miliar USD.

Setelah mendapat status unicorn, Tokopedia dan Bukalapak tentu memacu kinerja perusahaan agar bisa mencapai target baru, salah satunya status decacorn. Status tersebut menunjukkan sebuah startup telah bernilai 10 miliar USD, atau Rp 141 triliun. Hal ini juga akan membuat startup e-commerce lainnya berjuang mencapai target-target perusahaan mereka. Oleh sebab itu, semakin banyak pula startup di bidang ini yang membuka lowongan kerja guna mencari tenaga kerja yang fresh, berpikir kreatif, dan siap mengejar target perusahaan.

Jumlah perusahaan e-commerce yang terus bertambah turut meningkatkan nilai transaksinya. Hasil riset Google dan Temasek menunjukkan nilai transaksi e-commerce di Indonesia mencapai 12,2 miliar USD atau Rp 17,2 triliun pada 2018. Riset ini juga memperkirakan nilai transaksi e-commerce masih akan terus naik, hingga 53 miliar USD Rp 747,6 triliun pada 2025. Kalau nilai itu terpenuhi, Indonesia akan menjadi pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara, mengalahkan Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Dengan bertambahnya nilai transaksi, berarti bertambah pula jumlah pelanggan dan layanan yang perlu diberikan. Perusahaan-perusahaan bidang e-commerce pasti akan membutuhkan tenaga kerja lebih banyak untuk memberikan layanan itu. Jadi, jangan heran bila lowongan kerja di bidang ini terus muncul di portal pencarian kerja kamu ya!

Kini, ada empat juta lapangan kerja yang berkaitan dengan bidang e-commerce di Indonesia. Berdasarkan data perusahaan riset asal Amerika Serikat McKinsey, lapangan kerja di bidang ini akan bertambah hingga 26 juta pada 2022 atau meningkat sekitar enam kali lipat. Dari jumlah itu, akan muncul beberapa pekerjaan baru yang sekarang belum lazim diminati, seperti big data specialist, software dan application developer, atau digital transformation specialist. Akan tetapi, pekerjaan baru bukan hanya muncul di perusahaan-perusahaan e-commerce. Para pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kemungkinan besar akan mengubah sistem bisnisnya dari penjualan offline menjadi online.

Jadi, dengan prospek yang besar untuk bidang e-commerce di tahun-tahun mendatang, apakah kamu tertarik untuk bekerja dan berkecimpung di bidang ini? Bila kamu berminat, lowongan kerja terbaru di bidang e-commerce tentu bisa kamu peroleh dengan mudah di Glints Indonesia. Yuk, segera daftar dan gunakan Glints sebagai portal pencarian kerja kamu!



Sumber: BeritaSatu.com