Qlue Perkuat Layanan Smart City di Makassar

Qlue Perkuat Layanan Smart City di Makassar
Founder dan CEO Qlue, Rama Raditya. ( Foto: Beritasatu Photo / Emanuel Kure )
Emanuel Kure / FER Jumat, 8 November 2019 | 20:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Qlue, aplikasi pelaporan warga, secara resmi dapat digunakan oleh warga kota Makassar untuk melaporkan berbagai masalah sosial dan lingkungan. Peluncuran Qlue yang bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-412 kota Makassar akan meningkatkan layanan publik pemerintah Kota Makassar dan melengkapi berbagai layanan Makassar Smart City yang telah ada.

Baca Juga: Dukung Smart City, Qlue Maksimalkan Solusi Big Data

Founder dan CEO Qlue, Rama Raditya, mengatakan, Qlue mendapatkan dukungan dari GSM Association (GSMA) untuk fokus mengembangkan solusi smart city di tiga kota, yaitu Makassar, Kupang, dan Bandung. Qlue sendir siap mempercepat penerapan smart city di Makassar dengan berbagai solusi teknologi.

"Kami membantu Pemerintah Kota Makassar untuk mengumpulkan dan memvisualisasikan semua data dalam QlueDashboard yang akan memudahkan Pemerintah Kota Makassar untuk merumuskan kebijakan dalam pembangunan kota. Qlue menyediakan platform berbasis Artificial Intelligence, Internet of Things, serta integrasi data yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan efisiensi dalam menangani permasalahan kota,” kata Rama melalui siaran persnya, Jumat (8/11/2019).

Baca Juga: SDM Unggul Harus Utamakan Pelayanan Prima

Rama menjelaskan, sebagai langkah sosialisasi kehadiran Qlue di Kota Makassar, Qlue juga berkolaborasi dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, untuk melaksanakan program 'Warga Cerdas' yang merupakan program edukasi bagi masyarakat kota Makassar dalam meningkatkan literasi digital serta memaparkan preferensi karier di industri 4.0 bagi generasi milenial.

"Sebagai perusahaan yang menyediakan ekosistem smart city terlengkap di Indonesia, Qlue tidak berhenti untuk terus melakukan inovasi di berbagai kota di Indonesia untuk mempercepat perubahan positif dan mewujudkan Indonesia smart nation. Qlue saat ini telah hadir di lebih dari 20 kota dan lebih dari 50 institusi lintas industri, mulai dari pemerintah daerah dan pusat, properti, kota satelit, keamanan, konstruksi, bantuan pascabencana, dan lain-lain," tandas Rama.

Baca Juga: Smart City Akan Percepat Smart Nation

Sementara, Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb, mengungkapkan, pemerintah Kota Makassar terus berinovasi untuk meningkatkan layanan publik di era digital, dengan menggunakan aplikasi Qlue sebagai saluran pengaduan warga yang akan langsung ditindaklanjuti oleh OPD terkait.

Berbagai aduan tersebut akan membantu Pemerintah Kota Makassar untuk merumuskan kebijakan berbasis data, mulai dari data pelaporan masyarakat, kondisi lalu lintas, kemiskinan, pajak, dan lain-lain.

"Solusi inovatif Qlue akan mengoptimalkan pelayanan publik untuk masyarakat, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun kotanya, dan meningkatkan karakter Sombere warga kota Makassar,” kata Iqbal.



Sumber: Investor Daily