Cari Solusi Dampak Virus Corona, TikTok hingga Facebook Gelar Hackathon

Cari Solusi Dampak Virus Corona, TikTok hingga Facebook Gelar Hackathon
CEO Facebook Mark Zuckerberg (Foto: AFP / JOSH EDELSON)
Faisal Maliki Baskoro / FMB Rabu, 25 Maret 2020 | 12:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Perusahaan teknologi mulai dari TikTok hingga Facebook bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengadakan hackathon untuk mencari solusi dari berbagai tantangan terkait pandemi virus corona.

Hackathon adalah perlombaan menciptakan aplikasi untuk menjawab persoalan sehari-hari. Tagar #BuildforCOVID19 diumumkan Selasa (24/3/2020) dan akan mulai menerima proposal proyek mulai Kamis.

Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi adalah Facebook, Microsoft, Twitter, WeChat, TikTok, Pinterest, Slack dan Giphy. Perusahaan-perusahaan tersebut akan saling berbagi ilmu dan sumber daya dalam membantu partisipan.

Fitur "Donor Darah" dan "Crisis Response" di Facebook yang digunakan jutaan orang di dunia dikembangkan dari kompetisi hackathon sebelumnya. "Saya berharap purwarupa dan gagasan yang bermanfaat akan muncul dari hackathon kali ini," kata CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Hackathon kali ini mengajak pengembang aplikasi menciptakan proyek seputar kesehatan, kelompok masyarakat yang rentan, bisnis, komunitas, pendidikan dan hiburan. Proyek-proyek terbaik akan diumumkan 3 April nanti, sementara tenggat waktu pengumpulan proyek adalah Senin depan.



Sumber: CNBC.com