5 Aplikasi Video Call Gratis untuk Silaturahmi Lebaran

5 Aplikasi Video Call Gratis untuk Silaturahmi Lebaran
Tampilan fitur video call dalam aplikasi WhatsApp ( Foto: Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Jumat, 22 Mei 2020 | 22:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Suasana lebaran tahun ini akan terasa jauh berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya lebaran menjadi momen untuk silaturahmi dengan keluarga besar dan mengunjungi kerabat serta sahabat, maka kebiasaan tersebut tidak bisa dilakukan demi mencegah penyebaran wabah virus corona (Covid-19).

Terlebih, pemerintah sudah mengimbau masyarakat di perkotaan untuk tidak mudik ke kampung halaman menjelang lebaran tiba dan menahan diri untuk tetap #dirumahaja.

Namun, bukan berarti situasi saat ini akan menutup tali silaturahmi karena setiap orang bisa memanfaatkan teknologi untuk tetap tersambung dengan kerabat selama momen lebaran.

Berikut, beberapa aplikasi video tatap muka yang bisa menjadi pilihan untuk melepas rindu pada keluarga di kampung halaman pada momen Idulfitri.

WhatsApp

Aplikasi ini pasti sudah dikenal bagi hampir sebagian besar pengguna smartphone. Selain untuk berkirim pesan teks atau menelepon, aplikasi WhatsApp juga menyediakan fitur video call. Seiring dengan meningkatnya penggunaan layanan video call conference, WhatsApp menambah kapasitas jumlah peserta hingga bisa menampung 50 orang dalam sekali panggilan video.

Messenger

Aplikasi yang masih bersaudara dengan WhatsApp ini juga bisa menjadi alternatif untuk bersua virtual lewat smartphone. Fitur terbaru Messenger Room yang ada di aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat ruang panggilan video secara gratis yang bisa menampung hingga maksimal 50 orang.

Google Duo

Google Duo juga bisa menjadi pilihan lain untuk tetap bisa bersilaturahmi secara digital bersama keluarga pada momen lebaran tahun ini. Google baru saja telah meningkatkan jumlah peserta dalam panggilan videonya dari 8 menjadi 12 orang.

Google Hangouts

Aplikasi ini sejatinya bisa dipakai untuk video call hingga 250 orang melalui perangkat smartphone maupun website. Nah, Google masih menggratiskan layanannya untuk berkomunikasi video hingga September mendatang dengan kapasitas 16 orang. 

LINE Group Call

Aplikasi messenger LINE banyak dipakai oleh para pengguna muda, juga menyediakan fitur untuk video call. Pengguna bisa memanfaatkan fitur LINE Group Call yang untuk kumpul bareng secara daring hingga 200 orang secara bersamaan.



Sumber: BeritaSatu.com