Aplikasi Kargo Vendor Bantu Pemilik Truk Meningkatkan Bisnis

Aplikasi Kargo Vendor Bantu Pemilik Truk Meningkatkan Bisnis
CEO dan Co-Founder Kargo Tech, Tiger Fang. (Foto: Istimewa)
Happy Amanda Amalia / PYA Kamis, 30 Juli 2020 | 23:18 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Kargo Tech, platform daring (online) penyedia layanan logistik di Indonesia, pada Kamis (30/7) mengumumkan update terbaru dari aplikasi Kargo Vendor, yakni aplikasi seluler berbasis Android yang memungkinkan para pemilik truk/transporter untuk lebih mudah dalam mengelola dan mendapatkan bisnis baru serta mendapatkan dukungan dana guna menjalankan kegiatan operasional.

Sejak diluncurkan pada Kuartal II-2019, aplikasi Kargo Vendor baru ini telah memberikan kemudahan kepada para transporter untuk mendaftar, mendapat verifikasi, melihat informasi permintaan pengiriman, melakukan penawaran dan menerima pesanan, serta mendapat bantuan pendanaan awal yang dapat dilakukan dengan mudah hanya melalui satu platform.

Pada sistem sebelumnya, para transporter tidak memperoleh informasi permintaan pengiriman dan pesanan, ditambah tidak adanya transparansi harga sehingga mempersulit negosiasi yang biasa dilakukan melalui telepon atau pesan WhatsApp.

Dari segi bisnis, update terbaru aplikasi ini menghadirkan kemudahan mengakses proses tawar-menawar untuk pesanan pengiriman yang telah dioptimalisasi, dan memperoleh pembayaran secara instan di depan. Hanya dengan meng-klik tombol “Accept Now” di dalam aplikasi Kargo Vendor, pengguna dapat secara langsung menyetujui harga yang di-posting oleh pengirim yang menunggu transporter yang tepat. Setelah pesanan pengiriman dikonfirmasi, para pengemudi mitra transporter Kargo Tech dapat segera melakukan pengiriman didukung dengan aplikasi Mitra Kargo untuk bisa memonitor status dan lokasi pengiriman.

“Dengan adanya update ini, Kargo Tech telah memperkuat posisi sebagai perusahaan logistik berbasis teknologi yang terdepan di Indonesia sesuai dengan Inpres No.5 Tahun 2020 mengenai peningkatan dan penataan ekosistem logistik di seluruh Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan visi Kargo Tech untuk membantu industri logistik Indonesia untuk bergerak menuju era digitalisasi,” ujar CEO Kargo Tech, Tiger Fang dalam keterangan pers.

Dengan kecanggihan teknologi, tambah Tiger, Kargo Tech telah membantu semua pihak dalam ekosistem logistik, baik Transporter, pengemudi truk dan pengirim (klien) dalam memastikan kelangsungan bisnis dan kegiatan operasional, serta menciptakan kondisi bisnis logistik yang lebih efisien dan berkelanjutan di Indonesia.

Para transporter pun menyambut baik update aplikasi Kargo Tech, karena bisa mengakses semua informasi melalui aplikasi secara mudah dan jelas, serta bisa mendapatkan informasi terkait pesanan pengiriman kapan saja. Transparansi harga, dan kecepatan respon dari Kargo Tech terhadap proses penawaran juga menjadi nilai tambah bagi transporter. Ini memudahkan mereka dalam mendapatkan pesanan baru dan meningkatkan pendapatan.

Setelah mendapatkan informasi penawaran harga dari pengirim, algoritma aplikasi Kargo Tech akan membantu dalam melakukan seleksi terhadap transporter yang tepat. Terdapat fitur verifikasi truk transporter guna memastikan truk yang tersedia, dan memudahkan transporter terpilih untuk melampirkan dokumen legal yang diperlukan secara langsung di aplikasi sehingga dapat diverifikasi secara virtual.

Aplikasi Kargo Vendor, yang saat ini telah diunduh oleh lebih dari 10.000 pengguna juga memungkinkan para transporter untuk mendapatkan pembayaran dimuka setelah melewati proses tawar menawar dan verifikasi melalui aplikasi.

Mekanisme pembayaran pertama dilakukan setelah proses loading barang selesai, dan dibayar lunas saat proses pengiriman barang selesai dan semua dokumen bukti pengiriman yang diperlukan telah dikonfirmasi oleh pengirim. Langkah ini menjadi terobosan besar di industri logistik di mana pembayaran biasanya dilakukan oleh pengirim dengan mekanisme 45 hari, 60 hari atau 90 hari setelah pengiriman.

Melalui aplikasi ini, transporter dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengelola bisnis dan memastikan pesanan muatan untuk truk mereka, sehingga para transporter dapat lebih fokus untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan kualitas layanan.

“Kargo Tech sangat unggul dibandingkan layanan logistik yang lain, terutama dalam kecepatan pembayaran dan tim operasi yang berpengalaman,” kata Julian, operations manager PT Kilau Sri Purnama, salah satu transporter yang tergabung sebagai rekanan Kargo Tech.

Sebagai informasi, iklim industri logistik di Indonesia yang terus berkembang masih merupakan pasar yang menjanjikan. Industri logistik menjadi salah satu sektor andalan di era pandemi dan saat PSBB, walaupun sempat mengalami penurunan di kuartal awal 2020. Menurut data dari Supply Chain Indonesia, jasa pengiriman barang telah berkontribusi hingga 20% terhadap arus pengiriman logistik sampai dengan Juli 2020 yang didominasi kiriman paket online shop.



Sumber: PR