Mobil Google Street View Mulai Potret Indonesia

Mobil Google Street View Mulai Potret Indonesia
Dua mobil Google Street View bersiap untuk mengambil foto-foto jalanan di Jakarta, Jumat (23/11). (Foto: Beritasatu.com/ Liberty Jemadu)
Jumat, 23 November 2012 | 14:46 WIB
Mempromosikan pariwisata dan perkembangan ekonomi ke dunia luar dengan lebih mudah

Google mulai memperkenalkan fitur Google Street View di Indoenesia setelah Jumat siang (23/11) melepas secara simbolis dua mobil khusus yang akan merekam jalan-jalan di Tanah Air.

Berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Google berencana mulai memotret tidak saja jalan-jalan di Jakarta, tetapi juga situs-situs pariwisata andalan di Indonesia mulai Jumat dan berharap tahun depan sudah bisa menayangkannya di Google Maps.

"Ini adalah salah satu bentuk usaha Google membawa Indonesia ke panggung web dunia," kata Andrew McGlinchey, manajer produk Google Inc. dalam jumpa pers di Jakarta.

Menurutnya fitur Google Street View akan membantu pemerintah untuk mempromosikan pariwisata dan perkembangan ekonomi ke dunia luar dengan lebih mudah. Fitur itu juga bisa memudahkan pebisnis untuk mempromosikan produk atau layanan mereka, sementara para pelanggan bisa menggunakannya untuk mencari produk atau layanan yang mereka inginkan.

Google awalnya akan mulai memotret jalan-jalan di Jakarta dan memprioritaskan destinasi-destinasi wisata unggulan di Nusantara. Rencananya pada 2013 jalan-jalan di Indonesia sudah bisa ditayangkan di Google Street View.

Goole sendiri mengatakan telah menyiapkan lebih dari 10 mobil yang dilengkapi dengan kamera khusus untuk merekam jalan-jalan di Jakarta.

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Pangestu, yang hadir dalam peluncuran itu menyatakan proyek Google Street View itu sejalan dengan rencana strategis kementeriannya dalam memasarkan potensi pariwisata di Indonesia.

"Kita punya 16 destinasi wisata unggulan yang bisa dipromosikan melalui layanan Google Street View. Selain itu dengan layanan ini pemerintah bisa mendapat feed back tentang kemajuan pembangunan di daerah," papar Mari.