Logo BeritaSatu

10 Aplikasi Edit Foto Terbaik di PC yang Ringan Bagi Pemula

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:00 WIB
Oleh : YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Guna mengedit foto sendiri dengan hasil yang bagus dan seperti profesional, sudah bisa kalian coba terapkan dengan menggunakan aplikasi yang tersedia. Tidak dipungkiri, sekarang memang banyak sekali aplikasi edit foto yang bisa kalian manfaatkan untuk mengedit foto agar tampak lebih menarik dan berbeda dengan yang lain. Seperti halnya mencoba mengedit foto dengan perangkat PC, karena hampir semua aplikasi kompatibel dengan perangkat tersebut.

Biasanya, keperluan mengedit foto untuk menghasilkan foto yang cantik dan menarik, lalu di unggahnya pada feed di Instagram. Dan salah satunya yang masih populer hingga saat ini yaitu Adobe Photoshop. Tidak diragukan lagi dengan fitur keunggulan yang dimilikinya, aplikasi tersebut juga banyak digunakan oleh orang diseluruh dunia untuk keperluan mengedit foto. Dan foto yang dihasilkan memang sangat memanjakan mata bagi yang menggunakannya.

Mengedit foto biasanya mencakup ke proses mengubah, misalnya foto digital, foto kimiawi, ilustrasi atau tradisional. Jika mengedit dengan tradisional, atau yang disebut dengan retouching photo. Maksudnya, memakai beberapa alat seperti airbrush, yang berguna untuk memodifikasi atau mengedit sebuah ilustrasi.

Bukan hanya aplikasi Adobe Photoshop,karena masih ada beberapa aplikasi yang tidak kalah menarik untuk kalian coba mengedit foto. Dilansir dari situs delon.id. berikut rekomendasikan 10 aplikasi edit foto terbaik di PC, laptop, atau komputer. Silahkan simak ulasannya sebagai berikut.

1. PhotoShop
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Adobe Photoshop tetap berada di urutan pertama untuk kategori aplikasi edit foto terbaik di PC. PhotoShop masih sangat populer hingga saat ini dan masih banyak yang menggunakannya. Namun, untuk bisa menggunakan aplikasi ini, pastikan jika perangkat PC kalian mendukung. Jika perangkat kalian tidak mendukung sebaiknya jangan memaksakan karena akan memperlambat kinerja PC nantinya.

Untuk mendapatkan versi resminya, maka kalian harus membelinya. Sebenarnya, kalian bisa menggunakan versi gratis, namun bukan berasal dari versi aslinya. Dan aplikasi cukup memakan banyak memori penyimpanan.

2. Lightroom
Selanjutnya, Lightroom bisa kalian gunakan untuk mengedit foto dengan hasil yang bagus. Lightroom masih tergolong ringan jika dibandingkan dengan Photoshop. Tapi, fitur yang tersedia sangat terbatas, namun tidak membuat hasil edit dengan aplikasi ini berkurang, nyatanya Lightroom juga banyak digunakan oleh orang untuk keperluan mengedit foto. Dan keunggulan dari Lightroom sendiri, mudah digunakan dan tidak sulit ketika digunakan.

3. Artweaver
Artweaver sangat cocok digunakan untuk kalian yang suka membuat sketsa. Selain mengedit foto nyatanya aplikasi ini bisa membuat sketsa atau gambar seperti kartun dengan mudah. Dengan aplikasi ini, memungkinkan kalian untuk mengedit foto yang sama persis seperti lukisan asli.

Aplikasi ini juga menyediakan versi gratis dan berbayar yang bisa kalian pilih. Oleh karena itu, silahkan coba Artweaver untuk kepentingan edit foto kalian.

4. Photo Pos Pro
Kalian bisa menggunakan Photo Pos Pro secara gratis di PC. Aplikasi ini termasuk salah satu opsi lain dari Photoshop, karena banyak yang mengira aplikasi ini sama dengan Photoshop. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur menarik, seperti membuat desain grafis, membersihkan foto, menghaluskan foto, memotong gambar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Banyak tools di aplikasi ini yang hampir mirip dengan Photoshop. Dan tools unggulan di aplikasi ini yaitu The selection tools, Rich text tools, Special Effects, Script Tools dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika penasaran, kalian boleh mencobanya sekarang juga.

5. DxO Photolab
DxO Photolab memungkinkan kalian untuk bisa mengedit foto seperti professional, walaupun tools di dalamnya lumayan rumit, nyatanya aplikasi ini bisa mengedit dengan hasil yang bagus dan menarik. Selain itu, memiliki beragam fitur yang sangat bermanfaat, dan akan membuat kalian puas jika menggunakannya.

DxO Photolab, memang sangat cocok digunakan untuk yang telah professional, seperti para fotografer yang memiliki skill mengedit tingkat tinggi. Namun, untuk pemula juga sangat direkomendasikan menggunakan aplikasi ini.

6. PaintShop Pro
PaintShop Pro diciptakan oleh Jasc Software pada tahun 2004, dan sekarang aplikasi ini telah berhasil dibeli oleh Corel. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap untuk digunakan, dan dari penggunanya sendiri adalah para fotografer dan editor professional. Dan harga yang ditwarkan pun tidak terlalu mahal.

Dari berbagai sumber yang mengatakan, jika aplikasi ini bisa menjadi saingan Adobe Photoshop dimasa mendatang. Hal ini dikarenakan, aplikasi ini memang sangat diandalkan untuk kepentingan mengedit foto.

7. Skylum Luminar
Skylums Luminar memiliki 45 filters yang sangat menarik, selain itu juga terdapat fitur yang tidak kalah menarik, sangat mudah digunakan dan prosesnya sangat cepat ketika digunakan. Skylum Luminar memungkinkan kaian untuk memperbaiki warna, lens, tone, chromatic, sampai distortion. Dan jika kalian ingin cara yang lebih simple lagi.

Silahkan untuk coba gunakan fitur automatic correction yang bisa mempercantik gambar dengan cepat.

8. Affinity Photo
Tidak kalah menarik dengan aplikasi yang lainnya, Affinity photo akan membuat hasil edit kalian menjadi bagus dan professional. Dan memiliki beberapa fitur unggulan yang sangat bermanfaat untuk kalian gunakan. Misalnya fitur full HDR Merge, Tone mapping, dan 360-degree Image Editing.

Editing yang disuguhkan dari Affinity Photo ini sangat detail, oleh karena itu para pengguna selalu merasa puas pada saat menggunakan aplikasi ini untuk keperluan edit foto mereka.

9. GIMP
GIMP sangat membantu kalian untuk mengedit foto dengan hasil yang tidak kalah jauh dengan Photoshop. Yang lebih menarik lagi, kalian bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis, yang berbeda dengan Photoshop. Fitur yang tersedia di GIMP hampir sama dengan Photoshop.

Oleh karena itu banyak orang yang menggunakan aplikasi GIMP untuk mengedit foto mereka. Dan banyak dari penggunanya sendiri yaitu fotografer dan desainer. Dan perangkat yang didukung aplikasi GIMP yaitu, Windows, Linux dan Mac.

10. Capture One Pro
Capture one Pro merupakan salah satu aplikasi pengedit foto terbaik di PC. Dan bisa menghasilkan edit foto bak professional, dan memiliki beberapa fitur unggulan. Selain itu, yang lebih menarik lainnya adalah mampu mengimpor foto tanpa menunggu waktu lama lagi, memiliki adjustment tools secara lengkap dan masih banyak lagi yang lainnya.

Para penggunanya juga diberikan kemudahan ketika color correction atau retouching dengan hasil yang sangat bagus dan menarik. Namun, aplikasi ini sangat mahal dan untuk menggunakan aplikasi ini pastikan perangkat PC kalian telah mendukung.

Itulah pembahasan mengenai aplikasi edit foto terbaik di PC yang bisa digunakan. Namun, jika kalian tidak memiliki uang atau keberatan dengan dana, sebaiknya gunakan aplikasi gratis dan yang juga telah mendukung perangkat PC kalian agar bisa digunakan nantinya. Sekian saja dari kami, semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 
BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri Untuk Transisi Energi Berkelanjutan

Hadirnya BLiMP ini merupakan hasil dari semangat kolaborasi "Merdeka Belajar" yang berhasil menyatukan banyak pihak di program Kedaireka.

NEWS | 6 Desember 2022

Apindo Kritik Penerapan Odol Tanpa Transisi

Apindo mengkritik penerapan kebijakan over dimension dan overload (Odol) untuk angkutan barang yang diberlakukan tanpa ada masa transisi

NEWS | 6 Desember 2022

5 Topnews: Sidang Ricky Rizal dan Sosok Calon Istri Kaesang Pangarep

Sidang Ricky Rizal dan juga sosok Erina Gundono yang akan dipersunting Kaesang Pangarep menjadi salah satu berita yang paling banyak dibaca.

NEWS | 6 Desember 2022

AJI Beberkan 17 Pasal Bermasalah dalam RKUHP yang akan Disahkan

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) membeberkan 17 pasal bermasalah dalam draf RKUHP versi 30 November 2022.

NEWS | 6 Desember 2022

DPR Setujui RUU Perjanjian Indonesia-Singapura untuk Ekstradisi Buronan

Komisi III DPR RI menyetujui RUU tentang Pengesahan Perjanjian antara Indonesia dan Singapura tentang Ekstradisi Buronan

NEWS | 6 Desember 2022

PWNU Jabar: Khilafah Hanya Cara Adu Domba untuk Tujuan Politik

PWNU Jabar menyatakan, argumen khilafah yang diusung oleh kelompok tertentu hanya cara untuk mengadu domba guna mewujudkan tujuan politik.

NEWS | 6 Desember 2022

Ricky Rizal Dianggap Berbohong dalam Sidang, Ini Respons Kuasa Hukum

Ricky Rizal ditegur Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santosa dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J. Ricky Rizal dinilai berbohong

NEWS | 6 Desember 2022

Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan wisata dalam negeri saat libur nataru.

NEWS | 6 Desember 2022

Kuat Ma'ruf Mengaku Sempat Takut Ditembak Ferdy Sambo

Kuat Ma'ruf mengaku sempat takut ditembak Ferdy Sambo saat terjadinya pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 5 Desember 2022

Komisi III Minta Polisi Tindak Tegas dan Berantas Gangster

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas dan memberantas gangster.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Brasil ke Perempat Final, Neymar Jadi Pembeda

Brasil ke Perempat Final, Neymar Jadi Pembeda

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE