Ini 5 Cara Meningkatkan Penjualan Online Terbaik Bagi Pemula
Logo BeritaSatu

Ini 5 Cara Meningkatkan Penjualan Online Terbaik Bagi Pemula

Kamis, 17 Desember 2020 | 08:32 WIB
Oleh : YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Dunia internet saat ini berkembang begitu pesat. Kecenderungan pasar telah berubah. Sehingga, sebagian besar pelaku bisnis harus beralih memanfaatkan strategi digital marketing untuk meningkatkan penjualan online mereka. Jika tidak, maka ada begitu banyak peluang yang hilang begitu saja.

Membangun keberadaan online melalui website adalah hal penting, saat ini. Karena potensi traffic dan transaksi online dalam jumlah besar dapat dijangkau melalui website. Namun, itu saja belum cukup! Kita juga harus mampu mengubah pengguna internet menjadi pelanggan.

Dedi Ariko, salah satu penyedia layanan digital marketing dari Garuda Website yang berspesialisasi pada Jasa SEO, mengungkapkan bahwa, cara meningkatkan penjualan online terbaik, adalah tentang strategi mengubah pengunjung web menjadi pembeli. Selanjutnya, membentuk mereka menjadi pelanggan setia. Sehingga terjadi pembelian berulang.

“Banyak situs e-niaga memiliki peringkat tinggi di mesin pencari. Baik melalui strategi SEO maupun kampanye iklan. Mereka mendapatkan banyak pengunjung. Namun, seringkali yang terjadi tingkat konversi sangat rendah dalam penjualan online,” ujarnya.

Dalam hal ini, lanjut Dedi, ada banyak alasan yang perlu ditinjau. Mulai dari faktor harga, fitur produk hingga navigasi dan keamanan pengguna. Dua website yang menawarkan produk yang sama dengan harga yang persis sama, bisa saja jumlah penjualan online yang berbeda.

Faktor penting untuk meningkatkan penjualan online
Memahami faktor masalah dan solusi untuk meningkatkan penjualan online dapat mengubah permainan secara dramatis. Beberapa mungkin terlihat sederhana, namun itu sangat penting dalam mengubah perilaku pengunjung di situs bisnis Anda. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut;

Kemudahan sistem navigasi situs
Guna mendorong pengunjung situs agar membeli, website Anda harus ditata dengan sangat baik, sederhana, dan jelas. Jika Anda menggunakan layanan jasa web developer, pastikan mereka memahami hal ini sejak awal. Berikut poin penting yang perlu diperhatikan;
● Navigasi yang mudah sangat penting. Jika orang merasa website Anda membingungkan dan sulit menemukan apa yang mereka cari, dalam beberapa detik pengunjung dapat pindah ke situs pesaing Anda. Dan, tidak akan kembali.
● Buat semuanya tetap sederhana, profesional, dan konsisten. Hindari kesalahan ejaan.
● Jaga hal-hal seintuitif mungkin. Gunakan nama produk atau layanan yang jelas. Buat perkategori jika yang Anda jual dalam jumlah yang banyak.
● Gunakan CTA (Call to Action) atau ajakan bertindak yang kuat untuk mendorong pengunjung lebih cepat melakukan transaksi.
● Minimalkan jumlah klik dari halaman landing hingga pembayaran. Seluruh proses pembelian harus secepat mungkin. Jangan memaksa pengguna untuk membuka akun untuk membeli sesuatu, jika itu memungkinkan.
● Jangan meminta pelanggan untuk memberikan banyak informasi yang tidak perlu. Jelaskan mengapa Anda membutuhkan informasi apapun yang Anda minta, dan bagaimana Anda akan menggunakannya.

Google adalah raksasa internet. Dan Anda dapat belajar dari tata letak situs mereka yang sangat sederhana. Hanya menampilkan yang benar-benar penting untuk pengguna. Tanam konsep ini dalam setiap tata letak atau desain situs Anda.

Membangun dan menjaga kepercayaan
Jauh lebih mudah untuk membangun kepercayaan daripada harus membangunnya kembali. Maksudnya, Anda akan sulit mendapat kepercayaan dari orang yang pernah dikecewakan, sebelumnya. Reputasi yang baik, sangat penting. Baik secara online maupun offline.

Bisnis yang berkembang dan besar, selalu memiliki reputasi yang baik!

Jika memungkinkan, dapatkan semua itu langsung dari awal. Jika Anda sudah memiliki eksisten online dan belum melakukannya, maka sekarang waktunya.

Bicaralah dengan pengembang atau desainer website bisnis Anda tentang perubahan apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan.

Bisnis online tidak ada kontak tatap muka dengan pelanggan. Sehingga, Anda harus mencari cara terbaik untuk menyampaikan fakta bahwa Anda layak dipercaya. Caranya;
● Bangun akreditasi sebanyak mungkin. Itu termasuk seperti keanggotaan asosiasi. Bergabunglah dengan grup bisnis lokal untuk menunjukkan bahwa Anda adalah bagian dari komunitas lokal yang terpercaya.
● Sertakan dukungan, testimonial , dan studi kasus dari pelanggan sebelumnya. Dan tampilkan secara menonjol di website Anda.
● Personalisasi situs Anda sebaik mungkin dan tampilkan orang-orang yang nyata. Elemen manusia di website e-niaga dalam bentuk apa pun, akan membangun kepercayaan.
● Keamanan adalah bagian penting dari kepercayaan. Tampilkan sistem pembayaran tempat Anda bekerja, seperti PayPal atau bank dengan nama resmi bisnis Anda.
● Lengkapi situs Anda dengan sertifikat SSL (Secure Socket Layer). Ini adalah lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website dengan teknologi enkripsi data yang canggih.

Bersikaplah transparan tentang bonus
Kejujuran dan keterbukaan sangat penting. Selalu jelaskan tentang semua biaya dan harga Anda - tidak ada yang suka kejutan yang membuat mereka merasa ditipu saat pembelian. Sertakan detail lengkap tentang mekanisme pembelian. FAQ adalah cara yang baik untuk mencegah pertanyaan pelanggan.

Pada saat yang sama, pastikan Anda mudah dihubungi dan Anda memberikan semua detail kontak Anda. Seperti nomor telepon dan alamat bisnis Anda.

Ketahui target pasar Anda
Pikirkan tentang kemana target pasar Anda . Ingatlah selalu kepada siapa Anda menjual. Jika itu adalah pasar kamu milenial, mereka cenderung paham web. Tetapi jika itu adalah kelompok yang lebih tua, Anda harus melakukan segalanya untuk membuat orang merasa nyaman. Sesuaikan konten dan desain situs untuk pengguna.

Memahami target pasar, memungkinkan Anda mengetahui siapa kompetitor Anda. Ini penting untuk strategi marketing itu sendiri.

Lacak dan analisis website Anda - dan pesaing Anda. Minta masukan dari pelanggan dan jalankan semacam survei pengguna.
Bangun database pelanggan dan hubungi mereka dengan informasi yang relevan, bukan spam. Ini penting untuk membangun proses berkelanjutan yang memungkinkan Anda mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai pelanggan Anda.

Content Marketing Strategi Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Online
Jika Anda mencari cara meningkatkan penjualan online yang paling efektif, itu adalah tentang strategi content marketing. Anda harus benar-benar memahami ini untuk membangun peningkatan bisnis jangka panjang.

Apa itu content marketing
Content is king ini seperti sudah menjadi pembahasan umum. Tapi, apakah Anda sudah benar-benar tahu tentang kekuatan sumber daya ini?

Para pakar digital marketing sepakat bahwa, content marketing adalah jantung dari cara meningkatkan penjualan online paling vital saat ini. Bahkan, di balik setiap bisnis online besar, konten berkualitas dan relevan benar-benar mampu menghubungkan audien dan pelaku bisnis.

Content marketing adalah teknik pemasaran dengan cara membuat dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan memeroleh audience tertarget - dengan tujuan mendorong tindakan pelanggan untuk keuntungan bisnis.

Content marketing berfokus pada informasi berharga dan edukasi yang benar-benar bermanfaat. Itulah yang membedakan antara strategi ini dengan segala jenis bentuk periklanan atau pemasaran lain.

Secara garis besar, konten marketing adalah jenis konten yang paling dicari oleh pengguna. Mereka benar-benar membutuhkannya. Berbeda dari iklan yang cenderung dihindari.

Melalui strategi konten marketing yang baik, Anda dapat berbagi informasi yang bermanfaat sekaligus melakukan edukasi. Termasuk tentang kenapa produk atau layanan Anda layak dibeli.

Kekuatan Content Marketing
Alasan kenapa Anda harus menggunakan content marketing dalam meningkatkan penjualan online? Jawabannya, karena transaksi bisnis selalu melalui empat siklus berikut:

1. Awareness
Di luaran sana ada begitu banyak calon pelanggan yang tidak sadar bahwa apa yang Anda jual, adalah penting bagi mereka. Calon pelanggan mungkin memiliki kebutuhan, tetapi mereka tidak menyadari Anda adalah solusinya. Jadi tahapan awal pembelian dimulai dari kesadaran.

2. Penelitian
Begitu pelanggan menyadari ada solusi, mereka akan melakukan penelitian untuk menambah wawasan mereka. Misalnya, seorang yang berencana membeli sepeda motor akan mencoba mencari tahu jenis apa saja yang ada, dan mana yang cocok untuk mereka.

3. Pertimbangan
Pada titik ini, calon pelanggan mulai membandingkan antara satu produk dengan produk yang lainnya. Mereka berupaya untuk memastikan mendapatkan produk berkualitas tinggi dengan harga yang pantas.

4. Membeli
Terakhir, pelanggan mengambil sebuah keputusan. Dan itu dalam bentuk pembelian atau transaksi bisnis.
Sekarang, terlihat jelas bahwa content marketing dapat masuk dalam 4 siklus transaksi bisnis secara umum.

Strategi bisnis melalui periklanan dan cara-cara konvensional lain, sangat bagus dalam 2 tahapan di point kedua dan empat.
Sementara content marketing dapat masuk dan memanfaatkan sejak dua tahap pertama dalam proses pembelian. Yakni proses meningkatkan kesadaran akan solusi dan mengedukasi mereka tentang produk yang mungkin tidak terpikirkan oleh mereka sebelumnya.

Demikian cara meningkatkan penjualan online untuk pemula. Dasar-dasar ini, tentu dapat Anda kembangkan melalui ide dan gagasan menyesuaikan dengan bidang industri yang digeluti. Hal lain yang mungkin perlu dilakukan adalah mulai melangkah ke strategi Search Engine Optimization (SEO).

“SEO adalah tentang strategi mendorong website agar mendapat peringkat dari mesin pencari. Sangat berguna untuk meningkatkan kunjungan secara organik. Content marketing yang hebat dan diimbangi dengan peringkat bagus di mesin pencari jelas akan berdampak besar terhadap penjualan online,” pungkas Dedi.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Tips Daily Trader Forex untuk Pemula

Beberapa ide, kiat, dan strategi perdagangan untuk membantu Anda membangun rencana perdagangan Forex yang lebih komprehensif.

DIGITAL | 27 November 2020

10 Aplikasi Edit Foto Terbaik di PC yang Ringan Bagi Pemula

Berikut rekomendasikan 10 aplikasi edit foto terbaik di PC, laptop, atau komputer.

DIGITAL | 19 Desember 2020

Sribulancer, Crowdsourcing Platform Terbaik untuk Industri 4.0

Sribulancer menawarkan penyelesaian target pekerjaan secara profesional dengan harga yang kompetitif.

DIGITAL | 2 Desember 2020

Uranus, Tank Jagoan Mobile Legends yang Nggak Ada Matinya

Uranus adalah salah satu tank terbaik di Mobile Legends yang menjadi favorit untuk jadi pilihan.

DIGITAL | 30 Oktober 2020

Mengenal Apa itu Google Workspace?

Mengenal Google Workspace serta berbagai keuntungan menggunakan layanan dari Google tersebut.

DIGITAL | 29 Desember 2020

Sensitivitas FF Terbaik Ala Pro Player Terbaru 2021

Tips dan trik sensitivitas pada game Free Fire agar bisa mengalahkan lawan dengan mudah dan cepat.

DIGITAL | 24 Januari 2021

Ini Kelebihan Free Fire Dibandingkan Gim Battle Royale Lain

Aneka kelebihan game Free Fire dengan game battle royale lainnya.

DIGITAL | 22 Desember 2020

Pakar SEO Internasional Brian Dean Bocorkan Ilmu Lewat Situs Backlinko

Teknik optimasi SEO yang dibagikan Brian Dean akan membuat website berada di peringkat pertama pada hasil pencarian Google.

DIGITAL | 24 Desember 2020

Limit Pinjol Tak Cukup Besar? Ini 4 Cara Meningkatkannya

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan limit pinjaman online.

DIGITAL | 25 Februari 2021

Ini Tips Agar Bisnis Anda Bertahan di Era Pandemi Covid-19

Digital marketing merupakan strategi yang wajib untuk di terapkan setiap bisnis jika ingin bertahan di tengah dinamisnya perkembangan teknologi digital.

DIGITAL | 21 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS