Telkomsat Dukung Perkembangan Bisnis UMKM

Telkomsat Dukung Perkembangan Bisnis UMKM
PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) berkomitmen memberikan layanan internet berbasis satelit yang berkualitas kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah-daerah terpencil di Indonesia. 
 ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Emanuel Kure / FER Senin, 18 Maret 2019 | 17:03 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) melalui Mangoesky, layanan internet berbasis satelit berkomitmen untuk memberikan layanan internet berbasis satelit yang berkualitas kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah-daerah terpencil.

Director Of Commerce Telkomsat, Bogi Witjaksono, mengatakan, berbeda dengan pelayanan internet berbasis satelit lainnya, mangoesky berkomitmen memberikan pelayanan terbaik apabila terjadi kendala secara teknis maupun non teknis seperti cuaca. Layanan pengaduan pelangganpun 24 jam selama 7 hari.

Selain itu, juga menyempurnakan layanannya dengan menyediakan teknisi yang mencangkup seluruh wilayah Indonesia, sehingga dalam pemasangan perangkat maupun terjadi kendala yang tidak diinginkan, dapat terselesaikan dengan cepat dan tepat.

"Hal ini terbukti meningkatkan kepuasan pelanggan dan kesetiaan pelanggan untuk tetap menggunakan layanan internet mangoesky. Mangoesky telah banyak mendukung UMKM daerah untuk terus berkembang dan membantu pemerintah dalam pemerataan internet di daerah pelosok,” kata Witjaksono melalui siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Senin (18/3/2019).

Menurut Witjaksono, kehadiran e-commerce di tengah masyarakat membawa pengaruh signifikan pada pertumbuhan perekonomian di Indonesia khususnya ekonomi digital. Bahkan, berdasarkan data Kementerian Keuangan (Kemkeu), saat ini keuntungan yang diperoleh dari pasar e-commerce Indonesia meningkat 6 persen.

"E-commerce merupakan sarana bagi pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan bisnisnya dan memperluas target penjualannya, terutama untuk UMKM daerah," kata Witjaksono.

Tidak hanya itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) juga menargetkan 8 juta UMKM untuk go online di tahun 2020 melalui program UMKM Go Online. Hal ini dilatarbelakangi pertumbuhan omzet UMKM yang berlipat ganda melalui sistem online atau e-commerce. Keuntungan bukan hanya didapat oleh para pemilik usaha, namun juga meningkatkan pemasukkan keuangan dan kemajuan ekonomi daerah.

Namun, usaha peningkatan perekonomian daerah melalui ekonomi digital dinilai masih memiliki kendala yang belum tersolusikan dengan baik. Penggunaan teknologi internet untuk memfasilitasi menjamurnya UMKM di pasar e-commerce, belum memiliki cangkupan yang luas.

Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga pendistribusian dan pengadaan infrastruktur internet ke daerah-daerah menjadi terkendala. Terlebih lagi untuk daerah-daerah pedalaman yang tidak dapat dijangkau dengan penggunaan fiber optic maupun 4G.

"Untuk mengatasi hal tersebut, mangoesky dengan layanan internet satelitnya merupakan solusi yang tepat untuk memberikan akses internet di daerah pedalaman dan rural," tegas Witjaksono.



Sumber: Investor Daily