Qlue dan Kemkominfo Inisiasi Gerakan Smart Citizen Day

Qlue dan Kemkominfo Inisiasi Gerakan Smart Citizen Day
Chief Technology Officer Qlue, Andre Hutagalung (kiri) bersama Direktur Jenderal Aplikasi lnformatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Samuel Abrijani (kanan), di acara konferensi pers penyelenggaraan Smart Citizen Day, di Jakarta, 20 Maret 2019. (Foto: Beritasatu Photo / Herman)
Herman / FER Rabu, 20 Maret 2019 | 14:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Untuk mempercepat terwujudnya Indonesia smart nation, startup Qlue bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menginisiasi gerakan Smart Citizen Day yang akan digelar pada 28 Maret 2019 mendatang.

Chief Technology Officer Qlue, Andre Hutagalung menyampaikan, Smart Citizen Day merupakan gerakan smart citizen pertama di Indonesia dan dunia. Acara ini akan diawali oleh deklarasi menjadi smart citizen oleh 34 pemuda dari masing-masing provinsi yang telah menciptakan dampak sosial positif di daerahnya. Partisipasi masyarakat menjadi smart citizen ini, sangat penting dalam kesuksesan implementasi smart city.

"Qlue menyediakan platform berbasis Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (loT) serta integrasi data yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan efisiensi dalam menangani permasalahan kota. Namun, keberhasilan penerapan aplikasi Qlue membutuhkan partisipasi warga dengan pemerintah. Peran masyarakat ini sangat dibutuhkan untuk bisa melakukan akselerasi perubahan positif yang lebih cepat," kata Andre Hutagalung, di Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Selain memperkenalkan berbagai solusi Qlue kepada publik, Andre menambahkan, acara ini nantinya juga akan menghadirkan kisah inspiratif dari 19 pembicara kunci lintas sektor yang akan memberikan inspirasi bagaimana membuat akselerasi perubahan positif, inovasi dan kreasi bisnis di era digital, hingga mewujudkan smart business di Indonesia. Qlue juga menghadirkan instalasi art-technology serta ekshibisi solusi teknologi.

Sementara itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Aplikasi lnformatika Kominfo, Samuel Abrijani Pangerapan, gerakan ini juga merupakan salah satu bagian dari pembelajaran dalam meningkatkan literasi di era digital.

"Kominfo mendukung sepenuhnya Smart Citizen Day yang diinisiasi oleh Qlue, di mana acara ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia. Kami berharap gerakan smart citizen ini dapat menjadi bola salju yang positif untuk meningkatkan literasi digital di seluruh Indonesia," kata Samuel.



Sumber: BeritaSatu.com