IEL University Series 2019 Asah Bakat Calon Atlet eSports

IEL University Series 2019 Asah Bakat Calon Atlet eSports
Mix 360 e-Sports menggelar liga kampus "IEL University Series 2019" untuk menyaring calon atlet eSports tingkat universitas. ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Herman / FER Selasa, 26 Maret 2019 | 21:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - IEL University Series 2019 sebagai kompetisi eSports tingkat universitas berhadiah total Rp 1 miliar tengah memasuki babak penyisihan. Untuk peserta di luar Jakarta, babak penyisihan sudah berakhir pada 28 Februari lalu. Sebanyak empat universitas yang lolos dalam babak penyisihan akan mewakili tim dari luar Jabodetabek untuk terbang ke Jakarta mengikuti pertandingan semi-final.

Baca Juga: IEL University Series 2019 Perebutkan Hadiah Rp 1 Miliar

Keempat universitas tersebut adalah Universitas Kristen Maranatha dan Universitas Ciputra untuk tim DOTA 2, serta Universitas Kristen Petra dan Universitas Dian Nuswantoro untuk tim MLBB (Mobile Legends: Bang Bang). Sementara babak penyisihan untuk peserta Jabodetabek tengah berlangsung hingga 31 Maret 2019.

Chief Operational Officer MIX 360 eSports, Harry Kartono, menyampaikan, diselenggarakanny IEL University Series 2019 oleh MIX 360 eSports ini adalah sebagai ajang persiapan calon atlet eSports, khususnya tingkat universitas.

"Mereka yang lolos seleksi nantinya dapat bergabung dalam Pelatnas Indonesia untuk kejuaraan SEA Games 2019 di Manila yang digelar tahun ini," ujar Harry Kartono melalui keterangan resmi yang diterima Beritasatu.com, Selasa (26/3/2019).

Dengan adanya kesempatan mengasah bakat dan talenta dalam wadah liga khusus amatir seperti ini, kata Harry, harapan untuk meregenerasi pelaku industri eSports dapat terwujud. Sehingga, paradigma tradisional tentang eSports yang semula dianggap sebagai permainan yang membuang-buang waktu dapat berubah menjadi olahraga positif dengan dukungan positif orangtua dan institusi pendidikan.

"Kompetisi ini adalah langkah awal untuk mengembangkan ekosistem eSports di tanah air, mulai dari pembinaan bibit-bibit atlet dan caster eSports profesional, hingga menyiapkan manajemen tim eSports berkualitas sekaligus mendorong terbentuknya UKM eSports di kampus-kampus," tandas Harry.

Baca Juga: Mix 360 Gelar Kompetisi eSports Tingkat Universitas

IEL University Series 2019 merupakan sebuah kompetisi eSports resmi pertama untuk tingkat universitas di Indonesia yang didukung penuh oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), dan Indonesia eSports Association (IESPA). Kompetisi ini juga disahkan oleh Federasi Electronic Sports Asia (AeSF), di mana nantinya akan menjadi bagian dari Liga universitas resmi di bawah naungan IESPA.



Sumber: BeritaSatu.com