BiUP Siapkan Fitur Global Terkait Munculnya Fenomena IEO

BiUP Siapkan Fitur Global Terkait Munculnya Fenomena IEO
Ilustrasi Bitcoin ( Foto: Istimewa )
Mashud Toarik / MT Senin, 8 April 2019 | 16:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Bursa mata uang cryptocurrency (kripto) yang berbasis di Malta, Eropa, BiUP.com memperkenalkan layanan Integrated Crypto IEO Trading Zone. Ini merupakan fitur yang memungkinkan para pengguna memperdagangkan kripto dari semua proyek IEO (Initial Exchange Offering) di seluruh dunia.

Sebagai catatan, IEO merupakan fenomena terbaru di dunia mata uang kripto sebagai cara penggalangan dana investasi dari publik (crowdfunding). Sebelumnya ada Initial Coin Offering (ICO). Bedanya Jika ICO diselenggarakan secara langsung antara penerbit aset kripto dengan publik, maka IEO diselenggarakan melalui pihak ketiga, yaitu exchanger alias bursa aset kripto.

Melalui cara ini, tingkat kepercayaan publik diyakini lebih tinggi, karena pengelola bursa akan menyaring terlebih dahulu kripto yang hendak ditawarkan kepada publik. Bahkan publik bisa berperan dengan memberikan voting.

Untuk itu, IEO dianggap bersaing dengan cara STO (Security Token Offering) yang berbasis sekuritas seperti saham, obligasi atau reksadana. Perbedaannya, kalau STO proses penyaringan dilakukan oleh lembaga resmi negara, maka IEO dilakukan oleh bursa kripto bersama-sama dengan ekosistem kripto itu sendiri.

Dalam keterangan resminya BiUP menyebutkan, fitur Integrated Crypto IEO Trading Zone merupakan yang pertama di dunia, sebab mampu memadukan semua IEO yang tersedia di bursa kripto lainnya di satu tempat, di satu platform. Menariknya lagi, pengguna BiUP.com yang menggunakan fitur ini tidak dipungut bayaran sama sekali.

“Pengguna baru cukup mendaftarkan diri di BiUP.com. Lalu mereka dapat langsung menggunakan fitur Integrated Crypto IEO Trading Zone untuk memperdagangkan kripto IEO lintas bursa tanpa dikenakan biaya. Jikalau pengguna ingin berpartisipasi dalam ajang IEO lintas bursa, dapat menggunakan fungsi IEO Quick Snap dan One Stop Snap di BiUP.com,” kata CEO BiUP.com Patrick Liu dalam keterangan resminya, Senin (8/4/2019).

Saat ini menurut Patrick, BiUP telah melayani pengguna dari Asia, Eropa dan Amerika Utara. Khusus di Tiongkok, Korea Selatan, Indonesia dan Vietnam, disebutkan sebagai pangsa pasar terbesar mereka.



Sumber: Majalah Investor