PoliticaWave: 57,9 % Warganet Pilih Jokowi Jadi Presiden

PoliticaWave: 57,9 % Warganet Pilih Jokowi Jadi Presiden
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo berpidato saat Konser Putih Bersatu di Stadion Utama GBK, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Fana Suparman / YUD Sabtu, 13 April 2019 | 17:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) KH. Ma'ruf Amin menjadi sosok Presiden serta Wakil Presiden pilihan netizen Indonesia. Hal ini setidaknya berdasarkan pengamatan yang dilakukan PoliticaWave selama periode 5 April hingga 11 April 2019. Selama periode itu, PoliticaWave mencatat terdapat 4.558.212 percakapan yang dilakukan oleh sebanyak 434.753 netizen terkait kedua pasangan Capres dan Cawapres.

"Berdasarkan perbandingan share of netizen atau jumlah netizen, diperoleh hasil bahwa pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul sebesar 57,9% dibandingkan pasangan Prabowo-Sandiaga sebesar 42,1%," kata Head of Analytics PoliticaWave, Nadia Shabilla melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Dikatakan Nadia, keunggulan Jokowi-Ma'ruf diiringi dengan dominasi percakapan sentimen positif yang mencapai 96%. Dengan kata lain, hanya sekitar 4% persen percakapan terkait Jokowi-Ma'ruf dengan sentimen negatif.

"Sementara pasangan Prabowo-Sandiaga memperoleh persentase sentimen positif sebesar 88% dan sentimen negatif sebesar 12%," jelas Nabila.

Dalam percakapan tersebut, PoliticaWave juga menganalisis beberapa isu yang paling banyak mendapat sentimen positif netizen untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Beberapa diantaranya, kegiatan kampanye Jokowi di beberapa daerah, bukti prestasi kinerja Jokowi selama menjadi Presiden, antusiasme persiapan kampanye penutup bertajuk “Konser Putih Bersatu” serta momen kebersamaan Jokowi dengan cucunya Jan Ethes.

Sementara itu, sentimen positif terhadap pasangan Prabowo - Sandiaga dipicu oleh kegiatan kampanyenya di beberapa daerah, tagar-tagar dukungan yang diamplifikasi secara masif oleh para pendukungnya hingga momen kampanye akbar di GBK pada tanggal 6 April 2019 yang lalu.

Diketahui, pada pasangan Jokowi-Ma'ruf akan kembali bertemu dengan Prabowo - Sandiaga dalam debat kelima Pilpres di Hotel Sultan Jakarta, Sabtu (13/4). Dalam debat terakhir itu, kedua pasangan akan saling beradu argumen tentang topik ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan serta investasi. 



Sumber: Suara Pembaruan