Upaya Memerangi Golput Melalui Berita Nyata dan Terpercaya

Upaya Memerangi Golput Melalui Berita Nyata dan Terpercaya
Ilustrasi pemungutan suara. ( Foto: Antara )
Feriawan Hidayat / FER Selasa, 16 April 2019 | 17:34 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Lembaga Survei Indikator baru-baru ini merilis sebuah data yang sedikit mengkhawatirkan mengenai Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Data itu menyebutkan, sekitar 20 persen masyarakat Indonesia bersedia untuk melepaskan hak pilih mereka atau biasa disebut dengan golput.

Baca Juga: Masyarakat Diimbau Tak Golput di Pemilu 2019

Jumlah golput dalam Pemilihan Umum tahun ini akan berdampak pada masa depan Indonesia dan warga negaranya untuk lima tahun ke depan. Walaupun masing-masing pribadi punya alasan mengapa memilih untuk golput, tetapi faktor terbesar di balik pilihan tersebut karena didorong oleh informasi yang salah, dan juga kurangnya pengetahuan.

Baca Juga: Polri Antisipasi Politik Uang di Masa Tenang

Ketika informasi yang salah atau berita bohong beredar, maka fakta yang dipaparkan oleh sumber tepercaya otomatis akan terkubur dan sulit untuk menjangkau masyarakat karena peredaran berita bohong bergerak lebih cepat. Di sisi lain, membutuhkan beberapa waktu untuk memeriksa fakta, sumber, dan informasi yang salah untuk dapat menyampaikan klarifikasi kepada masyarakat.

Melihat tantangan tersebut, BaBe bekerja sama dengan organisasi khusus pemeriksaan fakta terkemuka Mafindo dan rekan media Tempo dan Viva, untuk meluncurkan kanal 'BaBe Ungkap Fakta' sebagai bagian dari langkah dan inisiatif lanjutan dalam memberantas berita bohong.

BaBe sebagai platform yang berkomitmen untuk menyediakan berita terbaru dan tepercaya, berikut adalah beberapa alasan BaBe dalam mendorong warga untuk tidak berkecil hati dengan informasi yang salah dan tetap ingin menggunakan hak pilih mereka.

Baca Juga: 7,7 Juta Warga DKI Berikan Hak Pilihnya 

Head of Business Development BaBe, Shelly Tantri S, mengatakan, BaBe merupakan agregator berita yang mengumpulkan informasi akurat dan tepercaya dengan tujuan selalu memberikan informasi yang mendidik, dan menghibur jutaan masyarakat Indonesia.

"Selama ini, kami selalu memastikan bahwa BaBe akan menjadi salah satu wadah tepercaya bagi seluruh warga Indonesia untuk mendapatkan sumber berita yang tepat dalam membuat keputusan. Mereka telah terinformasi dengan benar tentang para kandidat ketika memberikan hak suara selama Pemilu 2019," kata Shelly dalam keterangan persnya kepada Beritasatu.com, Selasa (16/4/2019).

"Kami juga berharap bahwa platform BaBe dapat membantu mengurangi tingkat golput karena itu kami terus memberdayakan masyarakat Indonesia dengan informasi yang kredibel,” tambah Shelly.

Baca Juga: Golput Dinilai Tak Mencintai Masa Depan Bangsa

Menjelang Pemilu 2019, BaBe memperkenalkan kanal khusus untuk Pemilu dimana pengguna dapat membaca semua konten mengenai Pemilu 2019, termasuk Informasi tentang Pemilu (langkah lengkap dan jadwal Pemilu 2019), periode Kampanye, profil kedua kubu, dan juga cara memilih ketika di TPS.

Selain itu, BaBe juga memiliki program livestreaming debat kandidat capres-cawapres yang bekerja sama dengan media terkemuka di Indonesia. Juga dilengkapi dengan fitur opini di mana BaBe sebagai platform dapat menghubungkan dan menjembatani pengguna dengan para tokoh penting, agar tidak terjadi kesenjangan sehingga terjadinya diskusi atau berbagi pendapat antara pengguna dan para tokoh menjadi lebih mudah.

Dengan banyaknya alternatif media yang memudahkan Anda untuk mencari berita seputar Pemilu 2019, jadi bukan alasan lagi untuk tidak berpartisipasi dalam Pemilu 2019. Pastikan Anda datang dan berada di tempat pemungutan suara (TPS) terdekat pada tanggal 17 April 2019. Selamat memilih!



Sumber: BeritaSatu.com