LG Pindahkan Basis Produksi Smartphone ke Vietnam

LG Pindahkan Basis Produksi Smartphone ke Vietnam
Smartphone LG G8 ThinQ. (Foto: Phone Arena)
Feriawan Hidayat / FER Kamis, 25 April 2019 | 08:44 WIB

Seoul, Beritasatu.com - LG Electronics berencana memindahkan lini produksi smartphone ke Vietnam. Langkah ini merupakan bagian dari upaya untuk memangkas biaya bisnis seluler yang terus mengalami kerugian sejak kuartal kedua 2017.

LG Electronics disebutkan bakal menutup pabrik Pyeongtaek, di sebelah selatan Seoul, pada akhir tahun ini, dan bersiap untuk mengalihkan lini produksi ke Hai Phong, Vietnam.

Negara berkembang di Asia Tenggara yang berdekatan dengan Indonesia ini, belakangan menjadi basis produksi bagi produsen elektronik raksasa yang berniat memperoleh keuntungan dari tenaga kerja berpengalaman, namun dengan bayaran yang murah.

"Karena LG Electronics terus kehilangan uang dari bisnis smartphone, mereka memutuskan untuk memindahkan pabrik di Korea ke Vietnam untuk mengurangi biaya produksi," kata sumber industri yang mengetahui masalah ini, seperti dikutip Beritasatu.com dari kantor berita Yonhap, Kamis (25/4/2019).

LG Electronics saat ini memproduksi perangkat smartphone di sejumlah pabrik yang berlokasi di Korea Selatan, Vietnam, Brasil dan Tiongkok.

Pihak perusahaan selama ini diketahui bertarung sengit untuk mendapatkan tempat di pasar smartphone global, di tengah dominasi Samsung Electronics dan Apple di segmen kelas atas, dan maraknya produk Tiongkok di segmen kelas bawah.

Tahun lalu, penjualan tahunan divisi mobile mencapai 1,7 triliun won (US$ 1,5 miliar) namun mencatat defisit operasi 322,2 miliar won karena tingkat penjualan smartphone yang melemah dan biaya pemasaran yang meningkat.



Sumber: Yonhap