Grab dan UI Bina Startup Pemula

Grab dan UI Bina Startup Pemula
Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis M. Met (ketiga dari kiri) bersama President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata (kedua kanan) menandatangani Nota Kesepakatan Bersama Universitas Indonesia dengan Grab, didampingi Executive Director Grab Indonesia Ongki Kurniawan (kiri), Direktur PPU UI Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati Noerhadi, MDSc., Sp.Ort(K), (kedua kiri), dan Wakil Rektor UI Bidang SDM dan Kerja Sama Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA, (kanan), di Ruang Apung UI Kampus Depok, Kamis (16/5/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Herman / FER Kamis, 16 Mei 2019 | 19:26 WIB

Depok, Beritasatu.com - Grab bekerja sama dengan Universitas Indonesia untuk membentuk wirausahawan bidang teknologi (technopreneur) dalam Program Akselerator "UI Works". Melalui program ini, sejumlah startup potensial hasil inkubasi sivitas akademika UI akan dibina dengan menggandeng Code Margonda sebagai partner penyelenggara.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menjelaskan, Program Akselerator “UI Works” ini terbagi menjadi tiga tahapan yaitu Pra-Akselerator, Akselerator, dan Demo Day. Startup yang bisa mengikuti program ini adalah yang masih dalam tahap pemula, setidaknya telah memiliki prototype dan Beta version dari produknya.

Pada tahap Pra-Akselerator, calon peserta akan mengikuti serangkaian seleksi hingga pada akhirnya akan terpilih startup unggulan. Selanjutnya, pada tahap Akselerator, peserta akan mengikuti program intensif selama kurang lebih empat bulan untuk mengembangkan startup masing-masing dengan fokus siap komersialisasi. Pelaku usaha yang telah berhasil dalam usaha rintisan dan bisnis wirausaha akan diundang untuk melatih peserta.

Puncak dari Program Akselerator ialah Demo Day, di mana para peserta binaan akan dipertemukan dengan para investor yang siap membina dan mengembangkan bisnisnya. Sebagai mitra strategis Program Akselerator “UI Works”, Grab Ventures Velocity (GVV) akan berpartisipasi dalam Tahap 2 sebagai mentor atau pembicara tamu, dan juga akan mengevaluasi startup unggulan yang lolos tahap Demo Day untuk mendapatkan kesempatan dibina lebih lanjut dalam GVV program.

"Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat berkontribusi dalam membentuk wirausahawan bidang teknologi, sehingga mereka dapat mengembangkan solusi teknologi dan menciptakan peluang ekonomi baru di Tanah Air," kata Ridzki Kramadibrata, di acara penandatanganan kerja sama antara Grab dan Universitas Indonesia untuk Program Akselerator UI Works, di Depok, Kamis (16/5/2019).

Ditambahkan Ridzki, kebutuhan yang selalu ada di Grab dan juga industri teknologi pada umumnya adalah temuan atau inovasi teknologi yang tepat guna dan dibutuhan masyarakat, serta kebutuhan akan talenta-talenta yang bisa membantu Indonesia bersaing di kancah global. Dua hal inilah yang diharapkan bisa muncul melalui kerja sama Grab dengan Universitas Indonesia.

Ditambahkan oleh Rektor Universitas Indonesia, Muhammad Anis, sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, UI memiliki komitmen untuk memajukan bangsa melalui semangat riset dan inovasi. Saat ini, UI juga gencar mendukung mahasiswa untuk menciptakan startup, sehingga kelak para lulusannya dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

"Kolaborasi yang sarat dengan teknologi ini diharapkan dapat menstimulasi semangat berinovasi dan berwirausaha bagi sivitas akademika UI untuk menghasilkan startup company berkelas, demi kemajuan perekonomian bangsa Indonesia ke tingkat berikutnya," ujar Muhammad Anis.

Selain pembinaan startup, kerja sama Grab dan UI ini juga mencakup program Engineering Talent Future Leader, di mana mahasiswa UI jurusan teknik tingkat akhir dapat mengikuti seleksi dan berkesempatan magang di kantor Grab Indonesia atau Singapura. Pendaftaran program dibuka mulai tanggal 16 Mei 2019.



Sumber: BeritaSatu.com