Samsung Gandeng SK Telecom Kembangkan 6G

Samsung Gandeng SK Telecom Kembangkan 6G
Ilustrasi Teknologi 6G. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Selasa, 18 Juni 2019 | 10:09 WIB

Seoul, Beritasatu.com - Samsung Electronics Co dan SK Telecom Co (SKT), Selasa (18/6/2019), menjalin kesepakatan untuk bekerja sama meningkatkan kinerja jaringan 5G komersial dan mengembangkan teknologi yang terkait dengan 6G.

Samsung, yang menyediakan solusi 5G end-to-end mulai dari modem dan chipset hingga smartphone, telah menyediakan peralatannya untuk operator seluler terkemuka di Korea Selatan (Korsel) itu untuk peluncuran komersial. Sementara, SKTelecom sendiri saat ini sedang membangun BTS tambahan untuk memperluas cakupan nasional.

Kedua perusahaan sepakat membentuk kemitraan untuk meningkatkan teknologi 5G dan memperluas adopsi di bidang lain, termasuk kendaraan swakemudi (self-driving) dan solusi teknologi dalam bangunan.

Samsung dan SKT juga sepakat untuk melakukan penelitian dan pengembangan teknologi inti untuk 6G, dan mengeksplorasi model bisnis baru untuk teknologi seluler generasi mendatang.

Pekan lalu, SKT telah menandatangani perjanjian dengan Nokia (Finlandia) dan Ericsson (Swedia), untuk meningkatkan kolaborasi riset dan pengembangan (R&D) jaringan 6G, saat kunjungan kenegaraan Presiden Moon Jae-in ke negara-negara Skandinavia.

Menurut International Research Journal of Engineering and Technology, meskipun masih dalam tahap embrio awal, teknologi 6G bertujuan untuk mengintegrasikan satelit untuk cakupan global, untuk memberikan kecepatan data yang jauh lebih tinggi dan kecepatan internet lebih cepat dari 5G.



Sumber: Yonhap