Konsorsium 7 Perusahaan Luncurkan Platform ID Digital Berbasis Blockchain

Konsorsium 7 Perusahaan Luncurkan Platform ID Digital Berbasis Blockchain
Ilustrasi Blockchain. ( Foto: Beritasatu Photo / Feriawan Hidayat )
Feriawan Hidayat / FER Minggu, 14 Juli 2019 | 09:24 WIB

Seoul, Beritasatu.com - Sekelompok perusahaan teknologi dan lembaga keuangan di Korea Selatan (Korsel), berkolaborasi meluncurkan platform identitas (ID) digital berbasis blockchain yang tersedia di perangkat smartphone untuk memberikan solusi yang aman dan terpercaya kepada setiap penggunanya.

Samsung Electronics Co, SK Telecom Co, KT Corp, LG Uplus Corp, KEB Hana Bank, Woori Bank dan Koscom, menandatangani perjanjian kerja sama pengembangan aplikasi seluler untuk platform identitas digital.

Jaringan blockchain yang terdesentralisasi memungkinkan individu untuk melakukan kontrol langsung atas informasi rahasia mereka sendiri, serta mengurangi risiko penipuan dan peretasan.

Pada tahap awal, data yang disimpan dalam aplikasi seluler akan digunakan sebagai bukti kredensial di universitas-universitas besar dan platform perdagangan untuk saham.

Konsorsium juga mendorong agar tiga operator seluler menggunakan identitas digital ketika melakukan perekrutan karyawan baru untuk memperluas cakupan aplikasi.

Pihak konsorsium berencana mendorong lebih banyak perusahaan dari berbagai sektor untuk bergabung dengan proyek ini, guna memperluas penggunaan, termasuk dalam proses perekrutan, sistem kontrol akses, sertifikat untuk layanan keuangan dan bidang lainnya.



Sumber: Yonhap