Review Smartphone

Samsung Galaxy A70 Usung Layar Ekstra Besar

Samsung Galaxy A70 Usung Layar Ekstra Besar
Samsung Galaxy A70 ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Herman / FER Selasa, 16 Juli 2019 | 11:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Samsung telah memperluas pasar Galaxy Seri A dengan meluncurkan Galaxy A70 untuk pasar Indonesia. Perangkat ini memiliki ukuran layar 6,7 inci super AMOLED, menjadi yang terbesar di antara Galaxy Seri A yang pernah ada. Keunggulan lainnya adalah penggunaan prosesor generasi terbaru dari seri 6, serta kapasitas baterai besar hingga 4.500 mAh dengan super-fast charging 25 watt.

Beritasatu.com sempat melakukan pengetesan Samsung Galaxy A70 selama beberapa pekan. Berikut ini hasil review-nya yang dihasilkan dalam pengetasan tersebut.

Layar Paling Besar

Samsung Galaxy A70 hadir dengan tampilan Infinity-U display dengan notch seperti tetesan air atau embun. Perangkat ini mengusung layar 6,7 inci FHD+ Super AMOLED, terbesar di antara line-up Galaxy Seri A hingga sat ini. Sangat cocok untuk menonton berbagai konten multimedia atau bermain gim karena tampilannya yang lebih luas. Apalagi untuk audionya juga sudah didikung teknologi suara Dolby Atmos. Meski begitu, desainnya tetap ramping dengan rasio tampilan 20:9 dan ukuran bodi 164,3 x 76,7 x 7,9mm.

Hasil Kamera Samsung Galaxy A70.

Gambar yang dihasilkan fitur kamera Samsung Galaxy A70

Bodi Galaxy A70 menggunakan kerangka aluminium, punggungnya dari material polikarbonat yang diberi finishing glossy dengan efek prisma. Saat digenggam, memang terasa agak licin, jadi perlu dilengkapi softcase atau casing untuk melindungi bodi. Ada tiga warna yang tersedia yaitu biru, hitam dan putih.

Seperti perangkat lainnya, tombol power dan volume up/down diletakkan sejajar di sisi kanan. Di sisi kiri terdapat akses ke tray SIM Card/Micro SD (3 slot), sementara di bagian bawahnya terdapat lubang loadspeaker, jack audio 3.5mm, dan port USB Type C.

Beralih ke bagian belakang, triple kamera diletakkan di sudut kiri atas dalam posisi vertikal. Di bawahnya juga sudah disempatkan lampu flash. Tidak ada pemindai sidik jari di bagian belakang karena Galaxy A70 mengusung fitur on-screen fingerprint atau fingerprint yang diletakkan di layar. Namun terkadang fitur on-screen fingerprint ini kurang responsif. Selain itu, kita juga bisa menggunakan fitur face unlock untuk membuka perangkat.

Triple Kamera

Fitur kamera menjadi salah satu yang diunggulkan perangkat ini. Galaxy A70 bahkan memiliki triple camera belakang yang tediri dari lensa depth 5MP dengan bukaan lensa F2.2, lensa kamera utama 32MP dengan bukaan lensa F1.7, dan lensa Ultra-Wide 8MP 123 derajat dan bukaan lensa F2.2.

Hasil Kamera Samsung Galaxy A70.

Gambar yang dihasilkan fitur kamera Samsung Galaxy A70

Keberadaan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang tersemat dalam kamera pintar Samsung Galaxy A70 menghasilkan fitur Scene Optimizer, dapat mengenali hingga 20 kategori foto dan secara otomatis mengoptimalkan hasil foto yang ditangkap.

Galaxy A70 dilengkapi dengan mode Super Slow-mo yang mampu merekam video selama 8 detik pada 480fps pada resolusi HD. Kamera utama Galaxy A70 dapat merekam gambar dengan kualitas UHD 4K. Selain itu, lensa Ultra-Wide 8MP juga dapat digunakan pada mode video.

Beralih ke bagian depan, kamera yang ditempatkan kedalam sebuah desain Infinity-U memiliki resolusi 32MP dengan bukaan F2.0. Meskipun perangkat ini tidak dikhususkan untuk penggemar swafoto seperti kebanyakan model smartphone Tiongkok, hasil gambar dari kamera depan Samsung Galaxy M20 bisa diandalkan.

Melalui fitur beauty, wajah kita akan terlihat lebih bersih. Kamera depan tersebut juga sudah dilengkapi mode Live Focus dan berbagai stiker unik. Selain itu, kita juga bisa membuat Emoji AR menggunakan wajah sendiri yang tampilannya bisa dimodifikasi. Tetapi memang tidak semenarik Emoji AR yang ada di Galaxy seri S.

Hasil Kamera Samsung Galaxy A70.

Gambar yang dihasilkan fitur kamera Samsung Galaxy A70

Dapur Pacu

Samsung Galaxy A70 hadir dengan baterai cukup besar mencapai 4.500 mAh. Saat dilakukan pengetesan, kemampuan baterainya cukup bisa diandalkan. Untuk pemakaian normal sehari-hari seperti browsing, chatting, menonton video streaming, bermain gim, foto, hingga telepon, daya tahan baterainya bisa bertahan seharian penuh. Jadi tidak perlu repot-repot membawa pengisi daya atau powerbank.

Perangkat ini juga sudah dilengkapi teknologi pengisi daya Super-Fast Charging 25W tipe C untuk menghemat waktu pengisian daya. Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya penuh dari 0 persen hingga 100 persen sekitar 85 menit.

Untuk dapur pacunya, Samsung Galaxy A70 telah didukung oleh System on Chip (SoC) atau prosesor canggih Qualcomm Snapdragon 675 Mobile Platform yang merupakan chipset terbaru dari seri 6. Perangkat ini juga menggunakan OS Android 9.0 (Pie) dengan dukungan RAM 6GB dan memori internal 128GB yang dapat ditingkatkan hingga 512GB menggunakan MicroSD. Saat diukur kemampuannya menggunakan aplikasi AnTuTu benchmark, skor yang didapatkan Galaxy A70 mencapai 164367 poin.

Rangkuman spesifikasi produk:

Tampilan Layar: 6,7 inci FHD+ (1080x2400) Super AMOLED

Bodi: 164,3 x 76,7 x 7,9mm

Desain: 3D Glasstic

Kamera: Utama 32MP, F1.7; Ultra Wide: 8MP, F2.2; Depth 5MP, F2.2; Depan 32MP, F2.0

Prosesor & OS: Octa Core (Dual 2.0GHz + Hexa 1.7GHz), Android 9.0 (Pie), Chipset Qualcomm SDM 675 Snapdragon 675 (11 nm).

Memori: RAM 6GB, Internal Storage 128 GB

Baterai: 4,500 mAh dengan 25W Super Fast Charging

Keamanan: On-Screen Fingerprint, Facial Recognition

Pilihan Warna: Hitam, Biru, Putih

Harga: Rp 5.799.000 (saat peluncuran)



Sumber: BeritaSatu.com