Rambah Pasar Indonesia, GCR Tawarkan Solusi Kota Cerdas

Rambah Pasar Indonesia, GCR Tawarkan Solusi Kota Cerdas
Global Channel Resources (GCR), perusahaan TI asal Taiwan, menawarkan solusi Internet of Things (IoT) ke pasar Indonesia. ( Foto: Beritasatu Photo / Emanuel Kure )
Emanuel Kure / FER Rabu, 17 Juli 2019 | 21:03 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Perusahaan teknologi informasi (TI) asal Taiwan, Global Channel Resources (GCR), menawarkan solusi Internet of Things (IoT) yang berbasis kota cerdas (smart city) untuk pasar Indonesia. Solusi tersebut melingkupi empat aspek, yaitu konektivitas, venue, layanan publik, dan pendidikan.

CEO GCR, Tony Tsao mengatakan, solusi terbaru dari mitra teknologi GCR dapat dengan sempurna masuk dalam aplikasi di kota cerdas. Solusi yang disediakan ini dinilai sangat relevan untuk diimplementasikan untuk mewujudkan smart city.

"Kami menawarkan solusi-solusi yang bisa diimplemntasikan untuk konektivitas, venue, layanan publik, dan pendidikan. Ini sangat relevan untuk diimplementasikan di Indonesia," kata Tony di Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Terkait solusi pendidikan, menurut Tony, dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk mengatasi tantangan perkotaan dengan cara yang inovatif dan teknologi.

"Sebagai contoh, kit starter GCR IoT memungkinkan pelajar untuk membangun stasiun cuaca sederhana atau kontrol inframerah mereka sendiri untuk rumah pintar, yang merupakan pengalaman yang bermanfaat ketika mereka mulai menangani polusi udara dan masalah keselamatan kota di kemudian hari," ujar Tony.

Terkait solusi konektivitas, kata Tony, berbagai solusi seperti digital signage dari GCR, bersama dengan produk-produk networking GCR, diklaim dapat membantu pemerintah kota untuk memasang berbagai tampilan digital, dari banyak layar dalam dan luar ruangan ke kios swalayan hingga dinding interaktif berukuran besar, didukung oleh jaringan wi-fi publik yang solid.

"Smart city berinteraksi dengan warganya dengan banyak informasi, apakah itu ramalan cuaca, jadwal transportasi, dan panggilan darurat bagi penduduk setempat untuk merencanakan kehidupan sehari-hari mereka, atau mengiklankan objek wisata untuk dinikmati para wisatawan. Nah, solusi-solusi ini dapat membantu," tambah Tony.

Sedangkan, solusi untuk layanan publik, Tony menjelaskan, IoT menguntungkan kota dengan meningkatkan mobilitas sektor publik. Solusi pemantauan ujung ke ujung GCR menggunakan teknologi nirkabel dan perangkat nirkabel portabel dapat secara proaktif melacak aset kota dan mengelola armada kota.

“Misalnya, tag RFID yang dilampirkan pada buku perpustakaan memungkinkan pemeriksaan sendiri dan memfasilitasi pengembalian buku. Sensor yang terhubung ke kendaraan mentransmisikan lokasi waktu nyata dan peringatan mengemudi dengan cepat, kecepatan, pengereman, akselerasi, dan belokan tajam, memastikan respons aktif ke pusat komando," pungkas Tony.



Sumber: Investor Daily