Samsung Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Teknologi Digital

Samsung Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Teknologi Digital
Berfoto bersama pada media session Samsung OneWeek Program, Kanghyun Lee, Vice President Corporate Business and Corporate Affairs Samsung Electronics Indonesia bersama Mr. Prof. Dr. H. R. Asep Kadarohman, M.Si., Rektor Universitas Pendidikan Indonesia dan didampingi oleh Min Yong Hwan, EVP Team Leader Samsung Electronics Co.Ltd dan Kristine, Citizenship Samsung Electronics Co.Ltd. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Indah Handayani / FER Jumat, 19 Juli 2019 | 17:31 WIB

Bandung, Beritasatu.com - Samsung Electronics Co Ltd meluncurkan Samsung OneWeek Program di Indonesia untuk membina perempuan pemilik usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di area Bandung, agar dapat meningkatkan produktivitasnya dengan bantuan teknologi digital. Program ini memberikan pelatihan kepada 84 perempuan pelaku UMKM di Bandung, pada 15 sampai 19 Juli 2019 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung.

Vice President Samsung Electronics Indonesia, Kanghyun Lee, mengatakan, Samsung ingin membantu perempuan para pelaku UMKM agar dapat mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi serta perangkat yang mereka miliki. Pihaknya menargetkan perempuan sebagai peserta karena mengapresiasi peran dan usaha mereka dalam mendukung perekenomonian keluarganya.

"Pelatihan terkait teknologi digital ini diramu dengan praktis agar setelah mengikuti pelatihan para peserta dapat segera mengimplmentasikan ilmunya pada kegiatan usaha mereka, serta membantu mereka agar menjadi lebih percaya diri mengeksplorasi cara-cara baru untuk mengembangkan usahanya," ujar Lee dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Jumat (19/7/2019).

Lee menjelaskan, Samsung OneWeek Program merupakan bagian dari program tahunan Employee Volunteer Program (EVP) dimana Samsung memberikan kesempatan kepada seluruh karyawannya untuk dapat berperan aktif dalam kegiatan sosial, baik di negaranya maupun di negara lain dengan berbagi pengetahuan dan keahlian untuk membantu masyarakat dengan program yang sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing area.

"Tahun ini Indonesia kembali terpilih menjadi salah satu penerima manfaat dari program Samsung OneWeek Program, diantara negara lain seperti Kamboja Kazakhstan, Thailand, Nepal dan Hungaria dengan fokus kegiatan yang berebeda-beda sesuai kebutuhan tiap negara," tambah Lee.

Selain itu, lanjut Lee, Samsung bekerja sama dengan UPI memilih 84 peserta dari lebih dari 200 pemilik usaha yang mendaftarkan diri. Samsung memfokuskan pelatihan kali ini untuk pemilik usaha yang memiliki keterbatasan ekonomi, yang menggantungkan kesejahteraan mereka pada usaha yang sedang mereka rintis, sehingga pelatihan diharapkan dapat benar-benar memberikan dampak positif terhadap kondisi ekonomi mereka.

"Melalui pelatihan ini, peserta akan mendapatkan materi mengenai dasar-dasar pemasaran, bagaimana memanfaatkan smartphone, internet dan media sosial untuk mendukung pemasaran produk mereka. Pelatihan juga memberikan sesi khusus untuk fotografi menggunakan ponsel, mulai dari teknik pengambilan gambar yang baik dan memanfaatkan pencahayaan di rumah, untuk membuat produk mereka terlihat lebih menarik ketika dipromosikan," tambah Lee.



Sumber: Investor Daily