Waspada, Penipuan Aplikasi FaceApp!

Waspada, Penipuan Aplikasi FaceApp!
Gambar ilustrasi ini menunjukkan aplikasi FaceApp yang ditampilkan pada layar ponsel cerdas. ( Foto: AFP / Kirill KUDRYAVTSEV )
Unggul Wirawan / WIR Senin, 22 Juli 2019 | 20:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- Tantangan AgeChallenge yang menggunakan aplikasi FaceApp menjadi viral di seluruh dunia. Euforia aplikasi edit foto ini pun membanjiri media sosial. Tapi waspadalah, sensasi FaceApp yang mendunia mengundang para scammer untuk mengambil keuntungan dalam waktu singkat.

Peneliti ESET membongkar satu skema penipuan yang membonceng popularitas FaceApp menggunakan versi “Pro” sebagai umpan untuk memancing pengguna. Namun sayangnya banyak media lokal menggunakan kata "FaceApp Pro" sebagai rujukan padahal aplikasi tersebut merupakan versi palsunya.

Penjahat siber akan mencoba berbagai cara untuk mengeksploitasi semaksimal mungkin hype FaceApp, salah satunya dengan menyebarkan berita tentang versi fiktif berbahaya ini. Dalam pencarian Google menggunakan kata kunci “FaceApp Pro” hasilnya mencapai lebih dari 69 juta artikel.

Bahkan sebuah situs berita nasional di Indonesia menggunakan nama “FaceApp Pro” sebagai nama perangkat lunak, walau secara contoh menggunakan screenshoot yang benar.

Banyak orang bisa lihat betapa dahsyatnya upaya penyesatan ini. Dari hasil riset ESET diketahui, ada upaya yang digunakan penjahat untuk menghasilkan uang melalui versi palsu "Pro" dari FaceApp.

Terlepas semenarik apa pun setiap segala sesuatu yang terkait dengan hype di dunia maya, ESET selalu menyarankan untuk menghindari mengunduh aplikasi dari sumber selain toko aplikasi resmi

ESET juga menyarankan pengguna memeriksa informasi yang tersedia tentang aplikasi seperti, developer, peringkat, ulasan, dan lain sebagainya.



Sumber: Suara Pembaruan