Awas! Modus Situs Palsu FaceApp Premium

Awas! Modus Situs Palsu FaceApp Premium
Aplikasi FaceApp buatan Rusia, yang memungkinkan jutaan pengguna untuk melihat bagaimana wajah mereka dalam usia lanjut. ( Foto: Daily Hive / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Senin, 22 Juli 2019 | 21:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- Heboh penggunaan aplikasi FaceApp di media sosial menarik perhatian banyak orang. Tapi fenomena ini juga dimanfaatkan penjahat dunia maya. Salah satu metode penipuan yang menjadi modus mereka adalah situs internet palsu yang menawarkan versi "Premium" FaceApp secara gratis.

Seperti disampaikan lewat rilis, Senin (22/7), Peneliti keamanan ESET membongkar satu skema penipuan yang membonceng popularitas FaceApp tersebut. Bunyi tawaran gratis akan menarik banyak pengguna FaceApp, karena biasanya perangkat lunak Premium selalu berbayar.

Pada kenyataannya, scammer mengelabui para korban untuk mengklik penawaran yang tak terhitung jumlahnya untuk menginstal aplikasi lain dan langganan berbayar, iklan, survei, dan sebagainya.

Menurut ESET, Korban juga menerima permintaan dari berbagai situs yang meminta menampilkan notifikasi. Ketika diaktifkan, pemberitahuan ini menyebabkan penawaran penipuan lebih lanjut.

Selama pengujian ESET, biasanya berakhir pada versi gratis FaceApp seperti yang tersedia di Google Play. Bedanya, pengunduhan tidak dilakukan di Google Play melainkan dari layanan populer file sharing mediafire.com.

Menurut ESET, kondisi itu berarti pengguna bisa dengan mudah berakhir mengunduh berbagai jenis malware jika itu adalah niat para pejahat siber.

"Pengguna harus ingat untuk tetap pada prinsip-prinsip dasar keamanan seperti selalu mengunduh apps di tempat resmi yang telah disediakan,” kata IT Security Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia, Yudhi Kukuh.



Sumber: Suara Pembaruan