Logo BeritaSatu

Aplikasi LoGan Solusi Atas Masalah Logistik

Minggu, 28 Juli 2019 | 19:03 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Logan Ahwaya Nusantara (LAN) menghadirkan aplikasi LoGan, sebagai solusi atas masalah peredaran logistik dan pergudangan di tanah air.

"Nama LoGan sendiri berasal dari kata logistik dan pergudangan. Sedangkan Ahwaya bermakna hubungan. Jadi, perusahaan kami sebagai perusahaan logistik dan pergudangan yang menghubungkan wilayah nusantara,” kata Boedi Utomo, CEO dan co-founder PT Logan Ahwaya Nusantara, di acara peluncuran aplikasi LoGan kepada pelaku transportasi logistik dan pemilik kargo di Jakarta, Minggu (28/7/2019).

Boedi mengatakan, sebagai aplikasi digital logistik, LoGan membidik pasar B2B (Business-to-Business). Aplikasi ini menjadi platform yang menghubungkan cargo owner (pengirim barang) dengan transportir (pemilik armada pengangkutan barang) secara online dan real time. Dalam hal ini, LoGan menghadirkan teknologi otomatisasi mulai dari order planning hingga pengelolaan transportir secara efisien.

"LoGan menjadi meet-up point antara pemilik kargo dan transportir, khususnya untuk fluktuasi kebutuhan pengiriman barang dan ketersediaan transportir," jelas Boedi.

Dengan LoGan, kata Boedi, proses pengiriman barang menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih efisien. GPS tracking system yang terhubung dengan GPS equipment di setiap truk dan ponsel pengemudi mempermudah pengirim barang untuk melacak proses pengiriman. Dengan demikian, pengirim barang bisa tahu kapan proses loading, kapan proses delivery, dan kapan proses unloading.

Selain GPS tracking system, LoGan masih punya banyak keunggulan. Salah satunya adalah Emergency Button yang merupakan fitur keamanan. Fitur ini bisa digunakan pengemudi jika terjadi kecelakaan atau masalah dalam proses pengiriman barang. Dengan fitur itu, para pengemudi bisa terkoneksi dengan instansi terkait.

"Selain itu, kami juga sudah dalam tahap finalisasi dengan pihak institusi keuangan dalam memberikan dukungan pembiayaan untuk pemilik kargo dan transportir. Sesuai observasi internal kami, fitur ini memiliki respons yang positif,” ungkap Boedi.

Dengan fokus pada pasar B2B, tambah Boedi, LoGan menghadirkan sebuah ekosistem untuk mendukung kebutuhan operasional, pengelolaan, dan pemeliharaan armada tranportir. Ekosistem itu meliputi bengkel, SPBU, penyedia spare part, dan lain-lain. Semua perusahaan yang terdaftar dalam ekosistem ini, telah melewati proses verifikasi.

"Kami akan memperluas ekosistem dengan mengembangkan jaringan di bidang otomotif mulai dari workshops, parts shops, ban, accu dan oli untuk menjawab kebutuhan transportir dalam kegiatan operasional, perawatan, dan perbaikan armada. Diharapkan pada akhir 2019 akan terdapat ratusan titik outlet rekanan LoGan di seluruh pulau Jawa,” ungkap Boedi.

Boedi menambahkan, saat ini LoGan sedang menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan FMCG (Fast-Moving Consumer Goods) di Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Perusahaan-perusahaan itu, pada akhir tahun nanti, diharapkan dapat menjangkau seluruh area Jawa.

"Adapun perkiraan armada truk yang bergabung dengan aplikasi kami di tahun pertama sekitar 5.000 unit," pungkas Boedi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Badai Ian Bergerak ke Carolina, 21 Dilaporkan Tewas di Florida

Badai Ian kini bergerak menuju wilayah Carolina Selatan pada Jumat, sehari setelah membawa kehancuran di semenanjung Florida, dengan menewaskan 21 orang

NEWS | 1 Oktober 2022

Putusan MK Thailand Buka Jalan untuk PM Prayut Kembali Menjabat

Mahkamah Konstitusi (MK) Thailand pada hari Jumat (30/9/2022) memutuskan, PM Prayut Chan-o-cha tidak melebihi maksimum delapan tahun.

NEWS | 1 Oktober 2022

Prakiraan Cuaca BMKG: Akhir Pekan, Seluruh Jakarta Hujan Siang hingga Malam

Prakiraan cuaca BMKG, Jakarta pada akhir pekan ini akan diwarnai hujan yang turun ringan hingga lebat.

NEWS | 1 Oktober 2022

Peristiwa Cilegon, MUI: Tak Boleh Halangi Pendirian Rumah Ibadah

MUI menegaskan bahwa, agama Islam tak mengajarkan penganutnya untuk mempersulit pendirian rumah ibadah agama lain.

NEWS | 1 Oktober 2022

TGUPP: Anies Baswedan Atasi Persoalan Banjir di Jakarta

“Banyak program kerja yang sudah dilakukan Pemerintahan Anies Baswedan dalam mengatasi masalah banjir,” ujar Anggota TGUPP, Muslim Muin.

NEWS | 1 Oktober 2022

Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik Keempat dalam Sepekan

Korut kembali menembakkan rudal balistik ke arah pantai timur wilayahnya pada Sabtu (1/10/2022) yang menandai peluncuran keempat dalam sepekan.

NEWS | 1 Oktober 2022

Kecelakaan Mobil Jatuh ke Jurang, Pasutri di NTB Meninggal Terbakar

Satu unit mobil pick up bermuatan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Gas LPG terjun ke dalam jurang sejauh 100 M dan terbakar.

NEWS | 1 Oktober 2022

Dandang Betawi, Buku Resep Kuliner Langka Khas Betawi

Warisan budaya Betawi dilestarikan dalam bentuk buku resep tradisional dan resep kuliner langka khas Betawi atau buku Dandang Betawi.

NEWS | 1 Oktober 2022

Rizky Billar Makan Omongannya Sendiri tentang Selingkuh

"Seorang pernah berkata, Selingkuh itu murah, maka hanya dilakukan oleh orang murahan," ucap Rizky Billar.

NEWS | 1 Oktober 2022

Anggota DPR Intan Fauzi Ajak Kaum Milenial dan Gen Z Gabung Parpol

Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi mengatakan dengan bergabung parpol, kaum muda bisa berperan sebagai pengambil kebijakan.

NEWS | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Badai Ian Bergerak ke Carolina, 21 Dilaporkan Tewas di Florida

Badai Ian Bergerak ke Carolina, 21 Dilaporkan Tewas di Florida

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings