Monitor LG UltraFine Boyong Resolusi 5K

Monitor LG UltraFine Boyong Resolusi 5K
Monitor LG UltraFine model 27MD5KL memiliki beresolusi 5K untuk memenuhi kebutuhan para profesional bidang desain dan kreatif. ( Foto: LG Electronics Indonesia / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 31 Juli 2019 | 15:52 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- LG Electronics (LG) akhirnya memperkenalkan monitor seri LG UltraFine terbarunya dengan model 27MD5KL. Untuk memenuhi kebutuhan para profesional bidang desain dan kreatif, LG memboyong monitor 27 inci beresolusi 5K.

“Kemudahan penggunaan, keterhubungan halus dengan kualitas layar memukau menjadikan monitor LG UltraFine pilihan tepat bagi pengguna produk Apple terbaru,” ujar Jang Ik-hwan, Kepala Divisi Bisnis Produk IT LG dalam siaran pers, Rabu (31/7).

Lengkap dari segi konektivitas , seri LG UltraFine 5K ini didukung Thunderbolt 3 dan USB tipe C. Alhasil monitor LG 27MD5KL ini juga menjadi pasangan sepadan bagi seri terbaru Mac notebook, desktop serta iPad Pro.

Fasilitas konektivitas ini memungkinkan pengguna produk Mac dapat melakukan perpindahan data, video dan audio melalui satu kabel. Manfaat lainnya, dengan kemampuan daya 94 watt, monitor LG UltraFine 5K terbaru ini dapat melakukan pengisian daya Mac atau iPad melalui USB tipe C.

Menurut Jang Ik-hwan, pengembangan monitor ini terutama diperuntukkan bagi desainer kreatif, fotografer dan videographer. LG UltraFine 5K ini juga memiliki layar lebar yang mampu menampilkan setiap warna dalam detail mengagumkan. Layar LG 27MD5KL ini menyajikan spektrum warna lebar P3 dengan tingkat kecerahan 500 ni untuk tampilan optimal, tanpa memerlukan kalibrasi.

Membawa kepadatan piksel 218 pixels per inch (ppi), membuat layar monitor 5K LG ini memiliki lebih dari 14.7 juta piksel untuk menghasilkan gambar tampak hidup dan memastikan tiap teks dapat tertampil tajam.

Multijendela

Di sisi lain, besar piksel ini pun berguna untuk kebutuhan kerja dengan multijendela (multiple windows). Sementara kelengkapan kamera terintegrasi, mikropon dan speaker stereo memberikan dukungan bagi hadirnya pengalaman multimedia yang menyenangkan.

Sisi kenyamanan ditawarkan lewat pengaturan ketinggian dan kemiringan monitor. Selain itu, kompatibilitasnya dengan macOS Mojave 10.14.6 dan iOS 12.4 memberikan pengguna akses pengaturan kecerahan dan kelantangan audio secara langsung dari Touch Bar atau kibor milik MacBook Pro.

Demi kejaran kenyamanan optimal, monitor ini pun memiliki sensor cahaya yang tertanam di dalamnya. Keberadaannya membuat monitor ini dapat secara otomatis melakukan penyesuaian tingkat kecerahan dengan pertimbangan tingkat pencahayaan lingkungan sekitar.

Berbarengan dengan pelepasan monitor LG UltraFine 5K ini, pabrikan asal Korea Selatan tersebut juga memperkenalkan monitor dengan resolusi 4K dari seri yang sama. Dengan model monitor LG 24MD4KL, monitor ini memiliki bentang layar 23,7 inci yang membuatnya terhitung 10% lebih besar disbanding versi sebelumnya.

Meski memiliki bentang layar dan resolusi lebih kecil, LG 24MD4KL dilengkapi pula dengan jangkauan lebar spektrum warna P3 dengan tingkat kecerahan 500 nit. Bahkan, keterhubungan melalui fasilitas port Thunderbolt 3 memungkinkan monitor ini bekerja tersambung dengan satu monitor 4K lainnya



Sumber: Suara Pembaruan